Beranda Suplemen Kesehatan 10 Manfaat Operasi Lasik yang Perlu Muslimah Tahu

10 Manfaat Operasi Lasik yang Perlu Muslimah Tahu

0
manfaat operasi lasik

Sahabat WebMuslimah, dewasa ini istilah Lasik semakin mengemuka. Apa itu Lasik dan apa saja manfaat operasi tersebut?

Menderita mata minus (miopia) tentu menjadi kendala tersendiri. Harus pakai kacamata agar penglihatan jarak jauh menjadi jelas. Namun, memakai kacamata juga menjadi momok tersendiri. Berat, ribet, dan sebagainya. Apalagi kalau kacamata tertinggal atau frame-nya patah di saat yang penting.

Mau mengambil kacamata yang tertinggal, terkadang jaraknya jauh. Ketika frame patah dan mau ganti, sering kali harus menunggu hitungan jam. Apalagi kalau lensanya yang pecah. Duh, ribet. Dengan Lasik, kita bebas dari kacamata. Sebab mata kembali normal tanpa minus dengan operasi Lasik.

Apa itu Operasi LASIK

Lasik adalah singkatan dari laser-assisted in situ keratomileusis. Yaitu prosedur bedah refraktif atau operasi laser untuk memperbaiki kelainan refraksi sehingga terbebas dari kacamata atau lensa kontak.

Operasi Lasik mengoreksi mata minus secara permanen dengan membentuk kembali kornea sehingga bias cahaya jatuh tepat pada retina. Mata kembali normal tanpa minus dan pandangan pun menjadi jelas. Terbebas dari kacamata.

Sebenarnya, Lasik adalah salah satu metode Laser Vision Correction (LVC) atau koreksi penglihatan dengan operasi laser. Ada PRK (Photorefractive Keratectomy) yang merupakan generasi pertama LVC. Ada Femto Lasik yang merupakan generasi kedua LVC dan inilah sejatinya Lasik. Juga ada Relex SMILE (Refractive Lenticule Extraction – Small Incision Lenticule Extraction) yang lebih mutakhir dan merupakan generasi ketiga. Namun, sebagian besar masyarakat menyebut semua metode LVC tersebut dengan istilah Lasik.

Baca juga: 8 Langkah Mencegah Katarak

10 Manfaat LASIK

Sahabat WebMuslimah, Lasik tidak hanya menyembuhkan mata minus (miopia). Operasi laser ini juga bisa menyembuhkan hipermetropi (rabun dekat) dan astigmatisme (silinder). Jadi, manfaatnya sangat banyak.

Dikutip dari Sehat Online, operasi Lasik merupakan prosedur untuk mengoreksi kelainan refraksi sehingga terbebas dari kacamata atau lensa kontak.  Sehingga, operasi Lasik memiliki banyak manfaat. Antara lain sebagai berikut:

  1. Menyembuhkan miopia (rabun jauh) alias mata minus secara permanen. Berbeda dengan kacamata dan lensa kontak yang hanya mengoreksi sementara sewaktu pemakaian saja.
  2. Menyembuhkan hipermetropi (rabun dekat). Ini juga koreksi secara permanen. Namun, bukan menyembuhkan presbiopi (mata tua).
  3. Menyembuhkan astigmatisme (silinder). Sama seperti sebelumnya, sifat koreksi permanen.
  4. Dengan teratasinya kelainan refraksi (rabun jauh, rabun dekat, silinder), terbebas pula dari kacamata dan lensa kontak.
  5. Meningkatkan kepercayaan diri dengan penampilan tanpa kacamata.
  6. Memudahkan masuk profesi tertentu seperti polisi, TNI, pilot, dan lain-lain.
  7. Lebih menghemat waktu dan terbebas dari ribetnya kacamata atau lensa kontak.
  8. Mengurangi alergi akibat penggunakan lensa kontak.
  9. Memudahkan olah raga dan hobi yang memerlukan ketajaman penglihatan.
  10. Menghemat biaya dalam jangka panjang, hingga mencapai Rp 702 juta sepanjang usia produktif.

Baca juga: Cara Awet Muda

Nah, demikian 10 manfaat operasi Lasik. Semoga bermanfaat bagi sahabat WebMuslimah. []

Artikel sebelumnyaIsi Kandungan Surat Al Qadr dan Terjemahan
Artikel berikutnyaIsi Kandungan Surat Al Kahfi Ayat 1-10 dan Terjemahan

BERIKAN TANGGAPAN

Please enter your comment!
Please enter your name here