Beranda Suplemen Kesehatan 8 Langkah Mencegah Katarak, Lakukan Sedini Mungkin

8 Langkah Mencegah Katarak, Lakukan Sedini Mungkin

0
mencegah katarak

Katarak merupakan penyebab kebutaan nomor wahid di Indonesia. Berdasarkan Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan Indonesia (2018), 34,47 persen penduduk yang menderita katarak mengalami kebutaan.

Sekilas tentang Katarak

Katarak adalah kekeruhan pada lensa mata sehingga penglihatan menjadi buram. Jika tidak diatasi, katarak yang parah bisa mengakibatkan kebutaan.

Berbeda dengan kelainan refraksi -seperti mata minus, plus, dan silinder-  yang bisa dikoreksi dengan kacamata, katarak hanya bisa disembuhkan dengan operasi. Tentu kelainan refraksi juga bisa dikoreksi permanen dengan operasi Lasik sehingga terbebas dari kacamata.

Jadi, jika mengalami penglihatan kabur karena menderita katarak, Anda memakai kacamata paling canggih sekalipun tidak bisa membuat penglihatan menjadi jelas. Sebab masalahnya adalah lensa mata yang keruh. Tidak bisa dikoreksi dengan kacamata. Solusinya adalah ganti lensa mata dengan yang jernih. Dan ini hanya bisa melalui operasi katarak.

Bagaimana dengan obat baik medis maupun ramuan herbal? Hingga saat ini belum ada bukti ilmiah katarak bisa sembuh dengan obat atau ramuan herbal. Namun pencegahan bisa dilakukan agar tidak terserang penyakit penyebab kebutaan nomor wahid ini.

Pencegahan Katarak

Pencegahan katarak sebenarnya bisa dilakukan sedini mungkin. Yakni dengan menjaga pola dan gaya hidup masing-masing. Berikut 8 langkah mencegah katarak.

  1. Melakukan pemeriksaan mata rutin ke dokter mata, khususnya bagi yang memiliki faktor risiko katarak.
  2. Melindungi mata dari benturan atau termasuki benda asing.
  3. Menghindari dan melindungi mata dari paparan cahaya matahari yang terlalu lama. Sebaiknya gunakan kacamata yang melindungi dari sinar ultraviolet baik UVA dan UVB jika beraktifitas dengan paparan sinar matahari dalam kurun waktu lama.
  4. Menjaga kadar gula darah agar tetap normal, khususnya pada pengidap diabetes melitus.
  5. Membatasi aktivitas menyetir di malam hari.
  6. Memastikan pencahayaan di rumah dalam kondisi yang baik, tidak terlalu gelap dan tidak terlalu terang.
  7. Menggunakan kacamata saat membaca, khususnya bagi yang mengalami miopia tau hipermetropi.
  8. Olahraga teratur. Selain membuat tubuh lebih bugar, juga agar bisa membantu mengontrol gula darah.

Baca juga: Doa Iftitah Pendek

Demikian 8 langkah mencegah katarak. Semoga Allah senantiasa menjaga dan melindungi kita, sehat wal afiat. [WebMuslimah]

Artikel sebelumnyaIsi Kandungan Surat Al Maidah Ayat 3 dan Terjemahan
Artikel berikutnyaShalat Istikharah Bisa untuk Menerima atau Menolak Pacar?

BERIKAN TANGGAPAN

Please enter your comment!
Please enter your name here