Beranda Al Qur'an Tafsir Isi Kandungan Surat Al Kahfi Ayat 1-10 dan Terjemahan

Isi Kandungan Surat Al Kahfi Ayat 1-10 dan Terjemahan

isi kandungan surat al kahfi ayat 1-10

Surat Al Kahfi (الكهف) adalah surat ke-18 dalam Al-Qur’an. Ia merupakan surat Makkiyah. Demikian pula ayat 1-10 ini. Apa saja isi kandungan Surat Al Kahfi ayat 1-10, berikut ini penjelasannya.

Terjemahan Surat Al Kahfi Ayat 1-10

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَنْزَلَ عَلَى عَبْدِهِ الْكِتَابَ وَلَمْ يَجْعَلْ لَهُ عِوَجًا (1) قَيِّمًا لِيُنْذِرَ بَأْسًا شَدِيدًا مِنْ لَدُنْهُ وَيُبَشِّرَ الْمُؤْمِنِينَ الَّذِينَ يَعْمَلُونَ الصَّالِحَاتِ أَنَّ لَهُمْ أَجْرًا حَسَنًا (2) مَاكِثِينَ فِيهِ أَبَدًا (3) وَيُنْذِرَ الَّذِينَ قَالُوا اتَّخَذَ اللَّهُ وَلَدًا (4) مَا لَهُمْ بِهِ مِنْ عِلْمٍ وَلَا لِآَبَائِهِمْ كَبُرَتْ كَلِمَةً تَخْرُجُ مِنْ أَفْوَاهِهِمْ إِنْ يَقُولُونَ إِلَّا كَذِبًا (5) فَلَعَلَّكَ بَاخِعٌ نَفْسَكَ عَلَى آَثَارِهِمْ إِنْ لَمْ يُؤْمِنُوا بِهَذَا الْحَدِيثِ أَسَفًا (6) إِنَّا جَعَلْنَا مَا عَلَى الْأَرْضِ زِينَةً لَهَا لِنَبْلُوَهُمْ أَيُّهُمْ أَحْسَنُ عَمَلًا (7) وَإِنَّا لَجَاعِلُونَ مَا عَلَيْهَا صَعِيدًا جُرُزًا (8) أَمْ حَسِبْتَ أَنَّ أَصْحَابَ الْكَهْفِ وَالرَّقِيمِ كَانُوا مِنْ آَيَاتِنَا عَجَبًا (9) إِذْ أَوَى الْفِتْيَةُ إِلَى الْكَهْفِ فَقَالُوا رَبَّنَا آَتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا (10)

(Alhamdulillaahil ladzii anzala ‘ala ‘abdihil kitaaba walam yaj’al lahuu ‘iwajaa. Qoyyimal liyundziro ba’san syadiidam mil ladunhu wayubasysyirol mu’miniinal ladziina ya’maluunash shoolihaati anna lahum ajron hasanaa. Maa kitsiina fiihi abadaa. Wayundzirol ladziina qoolut takhodzalloohu waladaa. Maalahum bihii min ‘ilmiw walaa li’aabaa’ihim kaburot kalimatan takhruju min afwaahihim iyyaquulu illaa kadzibaa. Fala’allaka baakhi’un nafsaka ‘alaa aatsaarihim il lam yu’minuu bihaadzal hadiitsi asafaa. Innaa ja’alnaa maa ‘alal ardli ziinatal lahaa linabluwahum ayyuhum ahsanu ‘amalaa. Wa innaa lajaa’iluuna maa ‘alaihaa shoiidan juruzaa. Am hasibta anna ashhaabal kahfi war roqiimi kaanuu min aayaatinaa ‘ajabaa. Idz awal fityatu ilal kahfi faqooluu robbanaa aatinaa mil ladunka rohmataw wahayyi’lanaa min amrinaa rosyadaa.)

Artinya:
Segala puji bagi Allah yang telah menurunkan kepada hamba-Nya Al Kitab (Al-Quran) dan Dia tidak mengadakan kebengkokan di dalamnya. Sebagai bimbingan yang lurus, untuk memperingatkan siksaan yang sangat pedih dari sisi Allah dan memberi berita gembira kepada orang-orang yang beriman, yang mengerjakan amal saleh, bahwa mereka akan mendapat pembalasan yang baik. Mereka kekal di dalamnya untuk selama-lamanya. Dan untuk memperingatkan kepada orang-orang yang berkata: “Allah mengambil seorang anak”. Mereka sekali-kali tidak mempunyai pengetahuan tentang hal itu, begitu pula nenek moyang mereka. Alangkah buruknya kata-kata yang keluar dari mulut mereka; mereka tidak mengatakan (sesuatu) kecuali dusta. Maka (apakah) barangkali kamu akan membunuh dirimu karena bersedih hati setelah mereka berpaling, sekiranya mereka tidak beriman kepada keterangan ini (Al-Quran). Sesungguhnya Kami telah menjadikan apa yang di bumi sebagai perhiasan baginya, agar Kami menguji mereka siapakah di antara mereka yang terbaik perbuatannya. Dan sesungguhnya Kami benar-benar akan menjadikan (pula) apa yang di atasnya menjadi tanah rata lagi tandus. Atau kamu mengira bahwa orang-orang yang mendiami gua dan (yang mempunyai) raqim itu, mereka termasuk tanda-tanda kekuasaan Kami yang mengherankan? (Ingatlah) tatkala para pemuda itu mencari tempat berlindung ke dalam gua, lalu mereka berdoa: “Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini)”. (QS. Al Kahfi: 1-10)

Baca juga: Ayat Kursi

Keutamaan Surat Al Kahfi Ayat 1-10

Sepuluh ayat pertama Surat Al Kahfi ini memiliki keutamaan yang luar biasa. Yakni Allah akan melindungi orang yang menghafal sepuluh ayat ini dari fitnah Dajjal.

مَنْ حَفِظَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنْ أَوَّلِ سُورَةِ الْكَهْفِ عُصِمَ مِنَ الدَّجَّالِ

Barangsiapa hafal sepuluh ayat dari permulaan surat al-Kahfi, maka ia dilindungi dari Dajjal. (HR. Muslim)

مَنْ قَرَأَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنَ الْكَهْفِ لَمْ يَخَفِ الدَّجَّالَ

Barangsiapa membaca sepuluh ayat dari permulaan surat al-Kahfi, maka ia dilindungi dari Dajjal. (HR. Darimi)

Baca juga: Isi Kandungan Surat Al Qadr

Isi Kandungan Surat Al Kahfi Ayat 1-10

Berikut ini isi kandungan surat Al Kahfi ayat 1-10 yang kami sarikan dari sejumlah tafsir. Yakni Tafsir Al Qur’anil ‘Adhim karya Ibnu Katsir, Tafsir Al Munir karya Syaikh Wahbah Az Zuhaili, Tafsir Fi Zilalil Quran karya Sayyid Qutb dan Tafsir Al Azhar karya Buya Hamka. Juga Awwal Marrah at-Tadabbar al-Qur’an karya Syaikh Adil Muhammad Khalil dan Khawatir Qur’aniyah karya Syaikh Amru Khalid.

1. Ayat pertama dari Surat Al Kahfi mengajarkan bagaimana bersyukur kepada Allah atas nikmat iman dan Al-Qur’an. Bahkan keduanya adalah nikmat terbesar.

2. Dalam Al-Qur’an tidak ada kebengkokan, penyimpangan, dan kesesatan. Al-Qur’an adalah bimbingan yang lurus.

3. Al-Qur’an memperingatkan orang-orang menentang dan mendustakan-Nya, mereka akan mendapat siksa yang pedih di akhirat kelak.

4. Al-Qur’an memberikan kabar gembira bagi orang-orang yang beriman dan beramal shalih bahwa mereka akan mendapatkan pahala yang baik dan surga-Nya.

5. Orang-orang yang beriman akan masuk surga dan kekal di dalamnya.

6. Al-Qur’an mengoreksi metode berpikir orang-orang musyrik. Mereka mengatakan sesuatu tentang Allah tanpa ilmu.

7. Keyakinan bahwa Allah memiliki anak merupakan keyakinan yang batil, perkataan yang dibuat-buat tanpa pengetahuan.

8. Allah menghibur Rasul-Nya dalam kesedihannya menghadapi sikap kaum musyrikin yang tidak mau beriman dan malah mendustakan.

9. Dunia dan perhiasannya hanyalah ujian bagi manusia untuk membuktikan siapa yang terbaik amalnya.

10. Dunia ini sifatnya fana, pasti akan rusak dan binasa.

11. Ashabul kahfi merupakan tanda-tanda kekuasaan Allah yang menakjubkan. Namun, Al-Qur’an jauh lebih menakjubkan.

12. Ayat 10 mengajarkan doa ashabul kahfi dalam meminta rahmat kepada Allah dan petunjuk-Nya.

Demikian isi kandungan Surat Al Kahfi ayat 1-10. Semoga menjadi pengingat bagi kita untuk senantiasa bersyukur kepada Allah atas nikmat iman dan Al-Qur’an. Juga menguatkan aqidah kita dan mengingatkan bahwa dunia ini sementara. Serta, kita bisa menghafal sepuluh ayat ini sehingga mendapatkan fadhilah berupa perlindungan dari fitnah Dajjal. Wallahu a’lam bish shawab. [Muchlisin BK ~ WebMuslimah]

*Untuk tafsir lengkap, silakan baca artikel Surat Al Kahfi ayat 1-10

Artikel sebelumnya10 Manfaat Operasi Lasik yang Perlu Muslimah Tahu

BERIKAN TANGGAPAN

Please enter your comment!
Please enter your name here