Beranda Suplemen Ramadhan Banyak yang Keliru, Ini Arti Minal Aidin Wal Faizin

Banyak yang Keliru, Ini Arti Minal Aidin Wal Faizin

0
arti minal aidin wal faizin

Salah satu ucapan idul fitri adalah minal aidin wal faizin. Bahkan ia merupakan ucapan paling populer di Indonesia. Sayangnya, banyak yang keliru mengenai artinya.

Banyak orang yang mengira bahwa arti minal aidin wal faizin adalah “mohon maaf lahir dan batin.” Secara rima memang cocok sih. Namun, bukan itu arti ucapan ini.

Tulisan Arab Minal Aidin Wal Faizin

Kita mulai dari yang paling mendasar. Yakni, tulisan Arab minal aidin wal faizin. Sebab, salah tulisan Arab, salah pula artinya. Sedangkan tulisan latinnya, kadang berbeda. Ada yang menulis minal ‘aidin walfaizin, ada pula yang menulis minal aidzin walfaidzin. Yang paling penting, tulisan Arabnya benar, yakni sebagai berikut:

مِنَ الْعَائِدِيْنَ وَالْفَائِزِيْنَ

(Minal aidin wal faizin)

Arti Minal Aidin Wal Faizin

Arti minal aidin wal faizin adalah “Semoga kita tergolong orang yang kembali fitrah dan mendapat kemenangan.”

Ucapan ini sebenarnya merupakan kependekan dari “ja’alanallahu minal aidin wal faizin” yang tulisan Arabnya sebagai berikut:

جَعَلَنَا اللَّهُ مِنَ الْعَائِدِيْنَ وَالْفَائِزِيْنَ

(ja’alanallahu minal aidin wal faizin)

Artinya:
Semoga Allah menjadikan kita termasuk orang yang kembali (fitrah) dan orang yang mendapat kemenangan.

Menurut Ustadz Adi Hidayat, pencetus ucapan ini adalah ulama muta’akhirin (belakangan/modern). Sebagai ucapan hari raya idul fitri, khususnya di Indonesia. Sehingga ia menjadi ucapan yang sangat populer di seluruh nusantara.

Bolehkah Menjadikannya sebagai Ucapan Idul Fitri?

Jika ada yang bertanya, bolehkah mengucapkan minal aidin wal faizin sebagai ucapan idul fitri? Tentu saja boleh. Sebab, ucapan ini adalah doa yang baik.

Boleh berdoa dengan bahasa apa pun asalkan makna dan tujuannya baik. Apalagi ucapan ini mendoakan sesama muslim agar kembali fitrah dan mendapatkan kemenangan setelah satu bulan penuh berpuasa di bulan Ramadhan.

Namun, ada pula ucapan lain yang hendaknya tidak kita tinggalkan karena ia lebih utama. Yakni ucapan taqabbalallahu minna wa minkum. Sebab ucapan ini diucapkan oleh sahabat Nabi ketika mereka bertemu sesama muslim pada hari raya, termasuk idul fitri. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam juga tidak melarang sehingga ia menjadi sunnah taqriri. Mengenai penjelasan lengkapnya, silakan baca Taqabbalallahu Minna wa Minkum.

Jawaban Minal Aidin Wal Faizin

Apabila kita mendapat ucapan minal aidin wal faizin, apa jawabannya? Sebagaimana penjelasan di atas, ucapan ini adalah doa. Karena ia adalah ucapan doa, kita boleh menjawabnya aamiin, aamiin ya Rabb, atau aamiin ya Rabbal ‘aalamiin.

Ada pula jawaban minal aidin wal faizin berbentuk doa juga. Yaitu ucapan kullu ‘aamin wa antum bi khair.

كُلُّ عَامٍ وَأَنْتُمْ بِخَيْرٍ

Artinya:
Semoga Anda berada dalam kebaikan sepanjang tahun.

Demikian penjelasan minal aidin wal faizin beserta arti dan jawabannya. Semoga bermanfaat dan Allah senantiasa menjaga kita dan melimpahkan rahmat. Wallahu a’lam bish shawab. [Muchlisin BK/WebMuslimah]

BERIKAN TANGGAPAN

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini