Beranda Tazkiyah Fadhilah Sedekah Tidak Mengurangi Harta, Bahkan Bertambah dan Bertambah

Sedekah Tidak Mengurangi Harta, Bahkan Bertambah dan Bertambah

sedekah tidak mengurangi harta
ilustrasi (photobucket)

Logika matematika manusia mengatakan, sedekah mengurangi harta. Punya uang Rp 1.000.000 lalu disedekahkan Rp 100.000, pasti uangnya berkurang. Tinggal Rp 900.000,-

Namun tidak demikian dalam pandangan Allah Subhanahu wa Ta’ala dan Rasul-Nya. Ada logika lain yang bisa diistilahkan sebagai matematika sedekah.

مَثَلُ الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنْبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِي كُلِّ سُنْبُلَةٍ مِئَةُ حَبَّةٍ وَاللَّهُ يُضَاعِفُ لِمَنْ يَشَاءُ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al Baqarah: 261)

Ayat ini menujukkan matematika sedekah membuat perhitungan di sisi Allah menjadi sama sekali berbeda. Punya uang Rp 1.000.000 lalu disedekahkan Rp 100.000, justru nilainya menjadi Rp 70.900.000,-

Mengapa bisa sebanyak itu? Karena Allah melipatgandakan sedekah Rp 100.000 tadi sebanyak 700 kali lipat. Mejadi Rp 70.000.000,- (Baca juga: Keajaiban Sholat Dhuha dan Sedekah)

Ah, itu kan bukan uang sebenarnya tetapi pahala? Mungkin begitu sergah sebagian kita. Masih saja ada kekhawatiran menjadi miskin karena sedekah. Harta berkurang karena sedekah.

Padahal keberkahan yang kita terima setelah sedekah, pintu rezeki yang terbuka saat sedekah, nilainya bisa lebih banyak dari itu. Termasuk zakat juga ya. Sebab zakat adalah sedekah wajib. (Baca: Pengertian Zakat)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menjawab kekhawatiran itu dalam sabda beliau:

مَا نَقَصَتْ صَدَقَةٌ مِنْ مَالٍ

“Sedekah tidaklah mengurangi harta.” (HR. Muslim)

Bahkan dalam hadits lain ada tambahan: bal yazdad, bal yazdad, bal yazdad. Sedekah tidak mengurangi harta. Bahkan bertambah, bahkan bertambah, bahkan bertambah.

Cobalah lihat di sekeliling kita, adakah yang jatuh miskin karena sedekah? Nggak ada. Sejak zaman dulu begitu. Utsman sering membiayai sebuah perang fi sabilillah, justru hartanya bertambah. Pada Perang Tabuk, Umar menyedekahkan separuh hartanya, Abu Bakar menyedekahkan seluruh hartanya. Apakah kemudian keduanya jatuh miskin? Tidak. Justru hartanya bertambah dan bertambah.

Banyak pula kisah sedekah di sekitar kita yang penuh keajaiban. Ada yang saat pailit ia bertaubat lalu memperbanyak sedekah, utangnya milyaran lunas. Ada yang belasan tahun menikah belum punya akan, setelah rajin sedekah lahir buah hati. Ada yang menunda bayar ONH karena dipakai sedekah, justru Allah mengundangnya lebih cepat menjadi tamu-Nya. Naik haji tanpa biaya. [Muchlisin BK/Webmuslimah]

Artikel sebelumnyaIsi Kandungan Surat Al Ahzab Ayat 70-71 dan Terjemahan
Artikel berikutnyaIsi Kandungan Surat Al Ahzab Ayat 59 dan Terjemahan

BERIKAN TANGGAPAN

Please enter your comment!
Please enter your name here