Beranda Tazkiyah Fadhilah Keajaiban Sholat Dhuha, Rezeki Diantar Allah Hari Itu Juga

Keajaiban Sholat Dhuha, Rezeki Diantar Allah Hari Itu Juga

3
keajaiban sholat dhuha

Keajaiban sholat dhuha telah dirasakan oleh jutaan orang beriman. Mereka yang rajin sholat dhuha mendapati rezekinya dimudahkan Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Memang seluruh ibadah dalam rangka mendekat kepada Allah, mencari ridha dan cintaNya. Sebagaimana firman Allah dalam hadits qudsi:

وَمَا تَقَرَّبَ إِلَىَّ عَبْدِى بِشَىْءٍ أَحَبَّ إِلَىَّ مِمَّا افْتَرَضْتُ عَلَيْهِ ، وَمَا يَزَالُ عَبْدِى يَتَقَرَّبُ إِلَىَّ بِالنَّوَافِلِ حَتَّى أُحِبَّهُ

“Tidaklah hamba-Ku mendekat kepadaKu dengan suatu amalan yang lebih Kucintai daripada amalan wajib. Dan tidaklah hamba-Ku senantiasa mendekatkan diri pada-Ku dengan amalan-amalan sunnah hingga Aku mencintainya.” (HR. Bukhari)

Namun Allah juga menganugerahkan keutamaan pada setiap ibadah.

Salah satu keutamaan sholat dhuha terkait dengan rezeki. Hal itu tersirat dari hadit-hadits Nabi yang menjelaskan sholat sunnah ini.

Baca juga: Waktu Sholat Dhuha

Dua rakaat sholat dhuha setara 360 sedekah

Rasulullah mensabdakan, dua rakaat sholat dhuha bisa mengganti 360 sedekah yang menjadi hak setiap ruas sendi tubuh manusia.

فِى الإِنْسَانِ ثَلاَثُمِائَةٍ وَسِتُّونَ مَفْصِلاً فَعَلَيْهِ أَنْ يَتَصَدَّقَ عَنْ كُلِّ مَفْصِلٍ مِنْهُ بِصَدَقَةٍ. قَالُوا وَمَنْ يُطِيقُ ذَلِكَ يَا نَبِىَّ اللَّهِ قَالَ النُّخَاعَةُ فِى الْمَسْجِدِ تَدْفِنُهَا وَالشَّىْءُ تُنَحِّيهِ عَنِ الطَّرِيقِ فَإِنْ لَمْ تَجِدْ فَرَكْعَتَا الضُّحَى تُجْزِئُكَ

“Di dalam tubuh manusia terdapat tiga ratus enam puluh sendi, yang seluruhnya harus dikeluarkan sedekahnya.” Mereka (para sahabat) bertanya, “Siapakah yang mampu melakukan itu wahai Nabiyullah?” Beliau menjawab, “Engkau membersihkan dahak yang ada di dalam masjid adalah sedekah, engkau menyingkirkan sesuatu yang mengganggu dari jalan adalah sedekah. Maka jika engkau tidak menemukannya (sedekah sebanyak itu), maka dua raka’at Dhuha sudah mencukupimu.” (HR. Abu Dawud)

Jika satu sedekah saja dibalas Allah dengan banyak kebaikan, bagaimana kiranya dengan 360 sedekah? Jika satu sedekah saja dilipatgandakan oleh Allah, bagaimana kiranya dengan 360 sedekah? Tidak heran jika orang yang rajin sholat dhuha rezekinya dimudahkan dan dilancarkan oleh Allah Azza wa Jalla. Ini keajaiban sholat dhuha.

Baca juga: Doa Sholat Dhuha

Empat rakaat sholat dhuha, dijamin rezekinya

Keajaiban sholat dhuha ini terisyaratkan dalam hadits qudsi, siapa yang menjalankan empat rakaat sholat dhuha, Allah akan menjamin rezekinya.

يَقُولُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ يَا ابْنَ آدَمَ لاَ تُعْجِزْنِى مِنْ أَرْبَعِ رَكَعَاتٍ فِى أَوَّلِ نَهَارِكَ أَكْفِكَ آخِرَهُ

Allah ‘Azza wa Jalla berfirman, “Wahai anak Adam, janganlah engkau luput dari empat rakaat di awal harimu, niscaya Aku cukupkan untukmu di sepanjang hari itu.” (HR. Ahmad)

Ustadz Yusuf Mansur meyakini hadits qudsi ini, siapa yang menjalankan sholat dhuha empat rakaat, rezekinya akan diantar. Peristiwa itu terjadi pada tahun 1999, awal ia mulai mendawamkan sholat dhuha. Waktu itu ia berpikir, selesai sholat dhuha empat rakaat akan langsung mendapat uang.

Ketika rakaat kedua, terdengar salam dan ketukan pintu. “Assalamu’alaikum.”

Dalam hati, Ustadz Yusuf Mansur semakin mantap. “Bener nih. Baru dua rakaat sudah ada yang ngucap salam.”

Maka rakaat kedua itu ia percepat sholatnya. Setelah salam, Ustadz Yusuf Mansur menemui orang tersebut.

“Apakah ini rumahnya Herman Salim?” ternyata orang tersebut bukan mencari Herman Salim. Ia ingin membeli rumah yang ada di samping rumah Ustadz Yusuf Mansur. Karena kunci rumah dititipkan ke Herman Salim, ia pikir rumah Herman Salim bersebelahan dengan rumah yang akan dibelinya itu.

“Ya Allah, sekalinya percaya, ternyata nyasar,” kata Ustadz Yusuf Mansur dalam hati.

Ustadz Yusuf Mansur kemudian mengantar orang tersebut ke rumah Herman Salim yang berada di gang depannya, terpisah oleh sungai.

Setelah bertemu Herman Salim, orang itu akhirnya membeli rumah tersebut seharga Rp 35 juta. Herman Salim mendapat komisi 5 persen dari penjual dan 5 persen dari pembeli, sehingga jumlahnya Rp 3,5 juta.

“Man,” kata Herman Salim kepada Yusuf Mansur, “orang tadi jadi membeli rumah melalui kamu. Jadi komisinya kita bagi dua. 1.750 buat aku dan 1.750 buat kamu.”

Masya Allah… Allah tidak pernah mengingkari janjinya. Selain kisah ini, ada begitu banyak kisah nyata keajaiban sholat dhuha. Anda pernah merasakannya juga? Berbagilah pada kolom komentar di bawah ini agar semakin banyak orang yang mengetahui dan lebih termotivasi. [Muchlisin BK/WebMuslimah]

*Tata cara, keutamaan dan penjelasan lengkap bisa dibaca di Sholat Dhuha

Artikel sebelumnyaPerbedaan Qiyamul Lail dan Tahajud, Harus Tidur Dulu?
Artikel berikutnya25 Sebab Perusak Keluarga
CEO BedaMedia Grup, Inspirator di Trustco Gresik, Sekretaris Yayasan (Pendidikan) Al Ummah

3 KOMENTAR

  1. Subhannallah memang benar adanya kejadian diatas…sy jg pernah mengalaminya..pertama kali hidup berkeluarga begitu sulit keuangan km. Sampai lahir anak pertama km, msh mengalami kesulitan keuangan, akhirnya kudawamkan utk sholat duha. Pada pertamanya sy hanya kerjakan 2 rakaat. Waktu pun berjalan, dan sy pun mendapat tugas untuk pindah tugas ke daerah lain. Duha msh tetap sy lakukan dengan ikhlas. Alhamdulillah rezeki pun mengalir dr yg tdk disangka. ditambah pula isteri sy bisnis kecil2an di rmh, kalau ada kegiatan di kantor ngisi catering. Dan km pun ingat bahwa anak pertama kami blm di aqiqahkan. Km pun pulang ke tempat mertua dan sekalian sedekah sukuran & aqiqah anak km. Duha msh kontinyu, rezeki pun mengalir bagai air, tapi tidak hilng bgitu saja. km pun berencana membeli tanah alhamdulillah ada saja kemdhan, dari harga pun tdk terlalu mahal & dapat dicicil 2x… karena hdp km mash ngontrak km pun bertahap mau menggarap tanah tersebut untuk dijadikan tempat tinggal. Alhamdulillah dalam wkt 1 thn rmh pun slesai, km pun tdk mengontrak lg..Sy berfikir dan merenung alangkah hebatnya fadillah sholat duha tersebut. suatu saat sy pun merasa malu karena msh kerjakan 2 rakaat duha, akhirnya sy menambah 2 rakaat lg menjadi 4 rakaat sholat duha..singkat cerita dan seiring wkt km pun berkeinginan memiliki mobil karena km sdh memiliki 2 orang anak. selama ini km dianugerahi mtr.Sy pun mendawamkan Sholat Jum’at di 40 di masjid yg berbeda-beda, singkat cerita pula Allah SWT memberikan kepercayaan kpd km untuk memiliki kendaraan roda empat. Alhamdulillah sampai dengan sekarang msh sy dawamkan Sholat duha 6 rakaat. Cerita ini bukan untuk pamer, ujub dll hanya ikut memotivasi saudara-saudaraku yg muslim untuk mengerjakan Sholat Duha. Wassalam.

  2. Alhamdulillah…. saya tidak bisa sampaikan secara rinci begitu banyak nikmat nyata yg saya terima setelah saya senantiasa aholat duha… subhanallah luar biasa..

  3. aalhamdulillah selalu bersyukur, saya masih bisa mengerjakan sholat dhuha. Semoga hari ini dan seterusnya bisa melaksanakannya dengan lancar dan tidak terputus.

BERIKAN TANGGAPAN

Please enter your comment!
Please enter your name here