Beranda Al Qur'an Tafsir Isi Kandungan Surat Al Ahzab Ayat 59 dan Terjemahan

Isi Kandungan Surat Al Ahzab Ayat 59 dan Terjemahan

isi kandungan surat al ahzab ayat 59

Surat Al Ahzab ayat 59 adalah salah satu ayat tentang jilbab dan menutup aurat. Apa saja isi kandungan surat Al Ahzab ayat 59? Berikut ini penjelasannya.

Terjemahan Surat Al Ahzab Ayat 59

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيبِهِنَّ ذَلِكَ أَدْنَى أَنْ يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا

(Yaa ayyuhan nabiyyu qul li azwaajika wa banaatika wa nisaa-il mu’miniina yudniina ‘alaihinna minn jalaabiibihinna dzaalika adnaa ay yu’rofna falaa yu’dzaina wakaanalloohu ghofuuror rohiimaa)

Artinya:
Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.(QS. Al Ahzab: 59)

Baca juga: Isi Kandungan Surat Al Ahzab Ayat 70

Intisari Tafsir Al Ahzab Ayat 59

Surat Al Ahzab ayat 59 merupakan ayat yang mewajibkan wanita mukminah untuk menutup aurat. Allah memerintahkan kepada Rasulullah agar memerintahkan istri serta putri beliau untuk menutup seluruh tubuh dengan jilbab. Demikian pula wanita yang beriman.

Surat Al Ahzab ayat 59 ini turun berkenaan dengan para istri Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam yang pergi pada malam hari untuk suatu keperluan. Mereka diganggu sejumlah orang munafik sehingga mereka merasa tersakiti.

Ketika hal itu diadukan kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, orang-orang munafik itu mengaku bahwa mereka hanya bermaksud mengganggu para budak perempuan. Maka Allah menurunkan Surat Al Ahzab ayat 59 ini. Agar wanita mukminah ketika keluar rumah mengenakan jilbab yang menutup seluruh tubuh sehingga berbeda dengan para budak dan dengan demikian mereka tidak diganggu.

Ibnu Katsir menjelaskan, jilbab (جلباب) adalah kain yang dipakai di atas kerudung. Sedangkah Syaikh Wahbah Az Zuhaili dalam Tafsir Al Munir menjelaskan, jilbab adalah baju terluar yang digunakan seorang perempuan untuk menutupi tubuhnya di atas baju kurung atau pakaian yang menutupi seluruh tubuh.

Ibnu Abbas menjelaskan, Allah Subhanahu wa Ta’ala memerintahkan perempuan beriman ketika mereka pergi keluar rumah untuk suatu keperluan, agar menutupi wajah dari atas kepala dengan jilbab dan hanya satu mata saja yang ditampakkan. Mufassir lain memberi kelonggaran dengan boleh membuka sebagian wajahnya.

Ayat ini menjadi dalil bagi sebagian ulama yang mewajibkan cadar bagi muslimah ketika keluar rumah. Namun mayoritas ulama berpendapat bahwa memakai cadar tidak wajib. Yang wajib adalah menutup aurat dan aurat wanita adalah seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan.

Setelah turunnya Surat Al Ahzab ayat 59, para shahabiyah ketika pergi keluar rumah menjadi lebih tenang. Tak ada lagi yang berani mengganggu mereka.

Ayat ini ditutup dengan penegasan bahwa Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Khususnya atas dosa di masa lalu di mana mereka belum memahami adab berpakaian ini.

Baca juga: Ayat Kursi

Isi Kandungan Surat Al Ahzab Ayat 59

Berikut ini isi kandungan Surat Al Ahzab ayat 59 yang kami sarikan dari sejumlah tafsir. Yakni Tafsir Al Qur’anil ‘Adhim karya Ibnu Katsir, Tafsir Al Munir karya Syaikh Wahbah Az Zuhaili, Tafsir Fi Zilalil Quran karya Sayyid Qutb dan Tafsir Al Azhar karya Buya Hamka.

1. Ayat ini menunjukkan kewajiban menutup aurat. Tidak boleh bagi perempuan membuka auratnya di depan laki-laki asing (bukan mahram).

2. Ayat ini memerintahkan wanita mukminah ketika keluar rumah agar menutup seluruh tubuhnya dengan jilbab. Tidak menampakkan aurat, tidak pula menampakkan sesuatu yang mengundang fitnah.

3. Di antara hikmah jilbab dan menutup aurat adalah menjaga kemuliaan perempuan, mereka lebih mudah dikenal sebagai wanita terhormat dan orang-orang fasik sekalipun akan segan mengganggu.

4. Ayat ini menunjukkan keutamaan memakai cadar atau niqab bagi wanita mukminah yang keluar rumah.

5. Allah Maha Pengampun dan Maha Penyayang kepada hamba-Nya. Terutama dosa di masa lalu karena belum memahami ilmunya.

6. Islam hendak membentuk masyarakat Islam yang mulia, yang sama sekali berbeda dengan masyarakat jahiliyah.

Demikian isi kandungan Surat Al Ahzab ayat 59. Semoga memotivasi wanita mukminah untuk lebih menjaga kehormatan dengan selalu menutup aurat dengan sempurna saat keluar dari rumahnya. Wallahu a’lam bish shawab. [Muchlisin BK/WebMuslimah]

*Untuk tafsir lengkap, bisa dibaca di artikel Surat Al Ahzab Ayat 59

BERIKAN TANGGAPAN

Please enter your comment!
Please enter your name here