Beranda Al Qur'an Tafsir Isi Kandungan Surat Al Ahzab Ayat 70-71 dan Terjemahan

Isi Kandungan Surat Al Ahzab Ayat 70-71 dan Terjemahan

kandungan surat Al ahzab ayat 70-71

Surat Al Ahzab ayat 70-71 adalah dua ayat tentang taqwa dan kejujuran. Apa saja isi kandungan surat Al Ahzab ayat 70-71? Berikut ini penjelasannya.

Terjemahan Surat Al Ahzab Ayat 70-71

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًا . يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا

(Yaa ayyuhal ladziina aamanut taqullooha waquuluu qoulang syadiidaa. Yushlih lakum a’maalakum wayaghfir lakum dzunuubakum wa may yuthi’il laaha wa rosuulahuu faqod faaza fauzan ‘adhiimaa)

Artinya:
Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Allah dan katakanlah perkataan yang benar. niscaya Allah memperbaiki bagimu amalan-amalanmu dan mengampuni bagimu dosa-dosamu. Dan barangsiapa mentaati Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan yang besar. (QS. Al Ahzab: 70-71)

Baca juga: Isi Kandungan Surat Al Ahzab Ayat 70

Intisari Tafsir Al Ahzab Ayat 71

Surat Al Ahzab ayat 70-71 merupakan ayat yang memerintahkan taqwa dan kejujuran serta menjelaskan buahnya. Allah mengiringi perintah taqwa dengan perintah berkata jujur lalu menyebutkan buah ketaqwaan dan kejujuran.

Ayat ini didahului dengan yaa ayyuhal ladziina aamanuu. Allah memanggil hamba-Nya dengan panggilan yang mulia; hai orang-orang yang beriman. Dan jika sebuah ayat dimulai dengan seruan yaa ayyuhal ladziina aamanuu pasti setelahnya akan ada salah satu dari tiga hal. Pertama, perintah yang wajib dikerjakan. Kedua, larangan yang wajib dijauhi. Ketiga, berita penting yang harus diperhatikan.

Ayat ini masuk golongan pertama. Setelah seruan kepada orang beriman ada perintah yang wajib dikerjakan. Yaitu perintah taqwa. Lalu Allah mengiringinya dengan perintah berkata benar. Qaulan sadiidaa. Yakni perkataan yang benar, jujur dan tepat.

“Allah memerintahkan kepada hamba-hamba-Nya yang beriman tetap bertaqwa kepada-Nya, menyembah Allah seakan-akan melihat-Nya dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar, yang jujur, tidak bengkok, tidak pula menyimpang,” terang Ibnu Katsir dalam tafsirnya.

“Di antara sikap hidup karena iman dan taqwa adalah jika berkata-kata pilihlah kata-kata yang tepat. Dalam kata yang tepat itu terkandunglah perkataan yang benar. Jangan berbelit-belit. Jangan yang dimaksud lain, tetapi yang dipakai lain pula,” tulis Buya Hamka dalam Tafsir Al Azhar.

Jika orang yang beriman berlaku taqwa dan berkata jujur, Allah menjanjikan dua hal; perbaikan amal dan ampunan atas dosa. Allah memperbaiki amal artinya Dia akan memberikan taufiq untuk beramal shalih atau memperbaiki amal-amal dengan menerimanya, memberikan pahala dan apresiasi atas amal-amal tersebut.

Orang-orang yang taat kepada Allah –bertaqwa dan jujur- akan mendapatkan kemenangan yang besar. Yakni dihindarkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga yang penuh kenikmatan.

Tak hanya kemenangan besar di akhirat dengan masuk surga, orang-orang yang taat kepada Allah juga akan mendapatkan kemenangan di dunia. Bahkan ketaatan itu sendiri sebenarnya adalah kemenangan tersendiri.

Baca juga: Ayat Kursi

Isi Kandungan Surat Al Ahzab Ayat 70-71

Berikut ini isi kandungan Surat Al Ahzab ayat 70-71 yang kami sarikan dari sejumlah tafsir. Yakni Tafsir Al Qur’anil ‘Adhim karya Ibnu Katsir, Tafsir Al Munir karya Syaikh Wahbah Az Zuhaili, Tafsir Fi Zilalil Quran karya Sayyid Qutb dan Tafsir Al Azhar karya Buya Hamka.

1. Allah memerintahkan kepada orang-orang yang beriman agar bertaqwa kepada-Nya. Yakni menjalankan perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya.

2. Allah memerintahkan kepada orang-orang yang beriman agar berkata jujur dan benar. Tidak berdusta, tidak menipu dan tidak menyimpang dari kebenaran.

3. Iman tidak hanya keyakinan dalam hati tetapi juga mewujud dalam perbuatan. Iman melahirkan taqwa dan kejujuran.

4. Surat Al Ahzab ayat 70 ini menunjukkan pentingnya kejujuran hingga Allah menyebutkannya secara khusus, meskipun berkata jujur adalah bagian dari ketaqwaan.

5. Orang yang bertaqwa dan berkata jujur akan Allah perbaiki amalnya dan Allah ampuni dosa-dosanya.

6. Orang yang taat kepada Allah –bertaqwa dan menjaga kejujuran- akan mendapat kemenangan yang besar. Yakni selamat dari neraka dan masuk ke dalam surga.

Demikian isi kandungan Surat Al Ahzab ayat 70-71. Semoga membuat kita semakin termotivasi untuk meningkatkan taqwa dan memegang kejujuran. Wallahu a’lam bish shawab. [Muchlisin BK/WebMuslimah]

*Untuk tafsir lengkap, bisa dibaca di artikel Surat Al Ahzab Ayat 70-71

BERIKAN TANGGAPAN

Please enter your comment!
Please enter your name here