Beranda Ilmu Islam Fiqih Terlambat Sahur, Bolehkah Niat Puasa Arafah Pagi Hari?

Terlambat Sahur, Bolehkah Niat Puasa Arafah Pagi Hari?

1
niat puasa arafah pagi hari
ilustrasi (pinterest)

Puasa arafah memiliki fadhilah (keutamaan) luar biasa. Puasa ini bisa menghapus dosa setahun sebelumnya dan setahun sesudahnya. Bagaimana jika terlambat sahur, bolehkah niat puasa arafah pada pagi hari?

Hukum dan Keutamaan Puasa Arafah

Puasa Arafah hukumnya sunnah muakkadah. Hukum ini berlaku untuk kaum muslimin yang tidak sedang berhaji. Sedangkan untuk yang sedang berhaji (sedang wukuf), hukumnya makruh. Demikian fadhilah luar biasa berupa penghapusan dosa dua tahun secara khusus untuk kaum muslimin yang tidak sedang berhaji. Sedangkan bagi kaum muslimin yang sedang berhaji, mereka mendapatkan pahala istimewa dari ibadah haji mereka.

وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَرَفَةَ فَقَالَ يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ وَالْبَاقِيَةَ

Rasulullah ditanya tentang puasa hari Arafah, beliau bersabda: “Menghapuskan dosa satu tahun yang lalu dan satu tahun yang akan datang.” (HR. Muslim)

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ إِنِّى أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِى بَعْدَهُ

“Puasa hari Arafah, sesungguhnya aku berharap kepada Allah, Dia menghapuskan dosa satu tahun sebelumnya dan satu tahun sesudahnya.” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah; shahih)

Baca juga: Jawaban Sholat Istikharah

Waktu Puasa Arafah

Puasa Arafah dilaksanakan pada tanggal 9 Dzulhijjah bertepatan dengan wukufnya jamaah haji di Arafah.

Ada perbedaan pendapat di kalangan ulama jika terjadi perbedaan penanggalan antara Arab Saudi dan negeri muslim lainnya. Menurut sebagian ulama termasuk Lajnah Daimah (Komite Fawa Arab Saudi), waktu puasa Arafah bertepatan dengan wukuf jamaah haji di Arafah.

Sedangkan menurut ulama lainnya termasuk Syekh Utsaimin, waktu puasa Arafah mengikuti 9 Dzulhijjah negeri setempat meskipun berbeda hari dengan waktu wukuf jamaah haji di Arafah.

Niat Puasa Arafah Pagi Hari

Lalu bagaimana jika di hari puasa Arafah, seseorang belum niat puasa Arafah pada malam harinya? Misalnya orang yang terlambat bangun sehingga tidak sahur dan juga belum niat di malam harinya. Atau seseorang baru ingat di pagi hari bahwa hari ini puasa Arafah. Bolehkah niat puasa Arafah pagi hari?

Para ulama menjelaskan, niat puasa sunnah boleh dilakukan di pagi hari. Hal ini berdasarkan hadits bahwa Rasulullah pernah melakukannya.

عَنْ عَائِشَةَ أُمِّ الْمُؤْمِنِينَ قَالَتْ دَخَلَ عَلَىَّ النَّبِىُّ -صلى الله عليه وسلم- ذَاتَ يَوْمٍ فَقَالَ هَلْ عِنْدَكُمْ شَىْءٌ. فَقُلْنَا لاَ. قَالَ فَإِنِّى إِذًا صَائِمٌ. ثُمَّ أَتَانَا يَوْمًا آخَرَ فَقُلْنَا يَا رَسُولَ اللَّهِ أُهْدِىَ لَنَا حَيْسٌ. فَقَالَ أَرِينِيهِ فَلَقَدْ أَصْبَحْتُ صَائِمًا . فَأَكَلَ

Dari Aisyah Ummul Mukminin, ia berkata, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah menemuiku pada suatu hari lantas beliau bertanya, “Apakah kalian memiliki sesuatu untuk dimakan?” Kami pun menjawab, “Tidak ada.” Beliau pun bersabda, “Kalau begitu saya puasa.” Kemudian di hari lain beliau menemui kami, lalu kami katakan pada beliau, “Kami baru saja dihadiahkan hays (jenis makanan berisi campuran kurman, samin dan tepung).” Lantas beliau bersabda, “Berikan makanan tersebut padaku, padahal tadi pagi aku sudah berniat puasa.” Lalu beliau menyantap makanan tersebut. (HR. Muslim)

Jadi, bagi Anda yang telambat niat puasa Arafah, pagi masih boleh. Sayang sekali jikamelewatkan kesempatan penghapusan dosa dua tahun. Wallahu a’lam bish shawab. [Muchlisin BK/Webmuslimah]

1 KOMENTAR

BERIKAN TANGGAPAN

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini