Beranda Suplemen Ramadhan 6 Agenda Keluarga Muslim Menyambut Ramadhan

6 Agenda Keluarga Muslim Menyambut Ramadhan

0
keluarga muslim menyambut ramadhan

Apa yang sebaiknya keluarga muslim lakukan di akhir Sya’ban dalam rangka menyambut Ramadhan? Syekh Qasim Abdullah dalam bukunya Wa Syauqah Ya Ramadhan menjelaskan enam agenda yang sebaiknya dilakukan di akhir Sya’ban.

Keenam agenda ini merupakan bentuk persiapan menyambut Ramadhan. Menjadi bukti bahwa keluarga muslim menyambut datangnya bulan suci Ramadhan dengan persiapan yang matang sehingga dengan persiapan itu, Ramadhan bisa lebih optimal.

1. Menyiapkan hati dan jiwa dengan semakin dekatnya bulan Ramadhan. Keluarga muslim bisa melakukannya dengan taubat nashuha kepada Allah, menyesal atas apa yang  ia lakukan dalam melanggar hak-hak Allah. Kemudian, bertekad untuk istiqamah, taat kepada Allah, dan berupaya memaksimalkan bulan Ramadhan untuk beribadah kepada Allah. (Baca juga: Sholat Taubat)

2. Mengadakan perdamaian dan berbuat baik kepada orang-orang yang kita kenal, kepada orang-orang yang berada di sekitar kita terutama yang terdekat seperti suami-istri, anak-anak, kedua orangtua, saudara, tetangga, teman sejawat, kerabat. Janganlah kita memasuki bulan Ramadhan dengan membawa permusuhan, karena hal itu dapat menjadikan penerimaan pahala puasa ditunda.

3. Menyiapkan anak-anak kita yang masih kecil untuk menyambut bulan Ramadhan dan mengenalkan kepada mereka keagungan bulan ini. Berusaha serius agar mereka ikut berpuasa dan memberikan janji kepada mereka suatu hadiah bagi yang baru latihan berpuasa.

4. Berbagi kebahagiaan dan kesenangan kepada orang-orang di sekeliling kita, mengundang orang lain untuk sungguh-sungguh menyambut Ramadhan, menyebarkan jadwal waktu shalat dan waktu berbuka, dan memberikan hadiah kepada orang-orang di sekitar kita. Sebab, hal itu dapat berpengaruh besar terhadap mereka. Nabi Shallallahu Alaihi wa sallam telah bersabda, “Saling memberikanlah kalian hadiah, maka kalian akan saling mencintai.”

5. Mengajak anak-anak untuk bersama-sama membersihkan dan menghias rumah. Bahkan menghias jalan dan kampung dengan hiasan-hiasan yang indah tapi terjangkau, sehingga semua orang merasakan kebahagiaan.

6. Membaca dan menelaah kembali hukum tentang berpuasa dan hal-hal khusus pada bulan Ramadhan, dan bertanya kepada orang yang lebih tahu, jika tidak mengetahui atau tidak paham.

Nah, demikian agenda keluarga muslim menyambut Ramadhan. Lalu, bagaimana mengisi Ramadhan? Kumpulan Ceramah Ramadhan 2024 bisa menjadi panduannya. Ada 29 tema ceramah yang bisa kita baca harian untuk mengetahui amaliyah dan hal-hal penting terkait Ramadhan. [WebMuslimah]

BERIKAN TANGGAPAN

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini