Beranda Tips Cara Mengatasi Bau Mulut

Cara Mengatasi Bau Mulut

0
ilustrasi bau mulut (infogadogado.com)

Menjadi muslimah yang baik perlu peduli pada teman, sahabat, dan orang-orang di sekitar kita. Jangan sampai mereka terganggu dan menjauh dari kita gara-gara bau mulut. Nah, biar semuanya nyaman, Webmuslimah kini berbagi cara mengatasi bau mulut.

Rajin gosok gigi

Rajin-rajinlah gosok gigi. Minimal setelah sarapan dan sebelum tidur. Lebih baik lagi jika setiap selesai makan. Rasulullah mencontohkan, beliau bersiwak setelah bangun tidur dan setiap sebelum shalat. Nah.

Yang perlu diperhatikan dalam gosok gigi, pilihlah pasta gigi yang tepat. Jika mau bersiwak seperti contoh Rasulullah, itu menjadi pilihan yang sangat baik karena sifatnya yang alami. Selain pasta gigi, perhatikan juga sikat giginya. Pilih yang baik dan tidak kasar.

Sering minum air putih

Selain diperlukan untuk keseimbangan tubuh, air putih juga berfungsi mengurangi bau tak sedap yang keluar dari mulut kita. Sering kali bau mulut disebabkan oleh mulut yang kering. Air putih membantu menghilangkan bau mulut ringan seperti itu.

Berkumur, pakai obat kumur

Berkumur-kumur membuat mulut lebih bersih. Ini juga salah satu faedah wudhu. Jika setiap sebelum shalat ia berwudhu, berarti minimal ia berkumur sehari lima waktu. Jika senantiasa menjaga wudhu, mungkin berkumur akan lebih sering lagi. Jika perlu, terutama bagi yang baunya cukup terasa, berkumurlah di luar wudhu menggunakan obat kumur.

Mengunyah permen mint

Mengunyah permen mint sebelum bertemu dengan teman, dosen, guru, apalagi calon mertua, sangat membantu mengurangi bau mulut dan menggantinya dengan aroma yang lebih segar.

Kurangi makanan penyebab bau

Ketika di kampus atau di kantor yang sulit gosok gigi, sebaiknya ketika makan hindari makanan yang berbau tajam. Misalnya jengkol, pete dan sejenisnya. Meskipun bisa dikurangi dengan permen mint, akan lebih baik jika memilih jenis makanan lain. Kalau di rumah sih terserah karena setelah makan bisa langsung gosok gigi.

Ke dokter gigi

Agendakan minimal enam bulan sekali ke dokter gigi untuk memeriksa kesehatan gigi. Dokter memiliki solusi untuk gigi berlubang dan karang gigi yang tidak bisa diatasi dengan sekedar gosok gigi atau cara lainnya. [Webmuslimah.com]

BERIKAN TANGGAPAN

Please enter your comment!
Please enter your name here