Beranda Lifestyle Buku 25 Sebab Perusak Keluarga

25 Sebab Perusak Keluarga

0
25 sebab perusak keluarga
ilustrasi

25 sebab perusak keluarga ini dibahas dalam buku berjudul Saat Rumah Tangga di Ambang Kehancuran yang diterjemahkan oleh Ustadz Abdul Somad. Buku karya Syaikh Yasir Ja’far Syalabi ini aslinya berjudul Al Ma’asi Nuaddi ila al-Faqri wa Kharabi al-Buyuti.

Keluarga yang kita bangun melalui pernikahan, haruslah kita jaga agar menjadi keluarga yang sakinah mawaddah wa rahmah. Keluarga yang menghadirkan ketenangan bagi seluruh anggotanya baik suami, istri maupun anak-anak. Keluarga yang dipenuhi dengan cinta, terutama cinta suami kepada istrinya dan cinta istri kepada suaminya.

Keluarga yang baik merupakan pilar terbentuknya masyarakat yang baik dan negara yang baik. Maka di saat orang-orang yang beriman berusaha untuk menjaga keluarganya, setan dari kalangan jin dan manusia berupaya untuk menghancurkan tatanan keluarga.

Lihatlah betapa banyaknya persoalan akut di masyarakat yang bersumber dari kerusakan keluarga. Pemuda yang lari ke minuman keras dan narkoba, orang-orang yang depresi hingga bunuh diri, serta berbagai kejahatan yang terjadi, pangkalnya dari kerusakan keluarga. Karena tidak adanya keluarga yang baik, orang dewasa mencari kepuasan di jalan haram dan anak-anak terjerumus ke pergaulan terlarang.

Baca juga: Waktu Sholat Dhuha

Maka sudah semestinya kita menjaga keluarga dari sebab-sebab perusaknya. Jangan sampai keluarga rusak, timbul pertengkaran, konflik, hingga perceraian.

Setidaknya ada 25 sebab perusak keluarga yang dibahas di buku terbitan Pustaka Al-Kautsar ini. Semuanya perlu kita hindari.

  1. Jauh dari hidayah dan dzikir kepada Allah
  2. Melakukan zina
  3. Mengikuti setan
  4. Keangkuhan dan kesombongan
  5. Kesaksian palsu
  6. Tipu daya
  7. Riya’ dan munafik
  8. Durhaka kepada kedua orang tua
  9. Berinteraksi dengan riba
  10. Dengki
  11. Membatasi keturunan
  12. Kikir dan pelit
  13. Menuduh wanita yang baik berbuat zina
  14. Menggunjing dan mengadu domba
  15. Khianat
  16. Menyakiti tetangga
  17. Melampaui batas
  18. Tersebarnya fitnah
  19. Sumpah palsu
  20. Meninggalkan sholat berjamaah
  21. Menghina umat Islam
  22. Ingkar janji
  23. Memberi sambil menyakiti
  24. Berbuat zalim
  25. Meninggalkan dasar-dasar Islam

Baca juga: Asmaul Husna

Semoga Allah menghindarkan keluarga kita dari 25 sebab perusak keluarga di atas. Dan semoga Allah menjadikan keluarga kita sakinah, mawaddah wa rahmah. Penuh cinta di dunia, bahagia abadi di surgaNya. [Webmuslimah]

BERIKAN TANGGAPAN

Please enter your comment!
Please enter your name here