Beranda Ilmu Islam Fiqih Bolehkah Masturbasi Saat Suami Lama Pergi?

Bolehkah Masturbasi Saat Suami Lama Pergi?

37
Bolehkah Masturbasi Saat Suami Lama Pergi?
ilustrasi suami bepergian - courtesy Film Merantau 2009

Assalamu’alaikum, wahai Syaikh. Saya seorang muslimah dan telah memiliki anak. Saya menghadapi masalah serius. Suami saya meninggalkan kami di rumah dalam waktu yang lama karena bepergian. Tentu saja saya tidak bisa mendapatkan nafkah batin dalam waktu tersebut. Bolehkah saya masturbasi? Bagaimana pandangan Islam mengenai masalah ini? (Nisra)

JAWABAN

Wa’alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh.
Bismillahirrahmaanirrahiim. Alhamdulillah wash shalaatu was salaamu ‘alaa rasulillah.

Saudarika dalam Islam, terima kasih banyak atas pertanyaan Anda yang mencerminkan kepedulian Anda untuk mendapatkan pandangan yang jelas dari ajaran Islam. Allah memerintahkan umat Islam untuk merujuk kepada ulama jika menghadapi pertanyaan dan permasalahan serta dalam rangka mendapatkan pemahaman agama yang benar.

فَاسْأَلُوا أَهْلَ الذِّكْرِ إِنْ كُنْتُمْ لَا تَعْلَمُونَ

“..maka tanyakanlah olehmu kepada orang-orang yang berilmu, jika kamu tiada mengetahui.” (QS. Al Anbiya’: 7)

Pernikahan dalam Islam adalah perjanjian teguh yang dilandasi saling pengertian, cinta, kasih sayang, dan saling memuliakan antara suami dan istri. Keduanya memiliki hak dan kewajiban tertentu yang menjamin stabilitas kehidupan pernikahan. Diantara hak-hak tersebut adalah hubungan intim. Seorang suami harus memberikan hak ini kepada istrinya. Demikian pula sebaliknya, sang istri harus memberikan hak ini kepada suaminya. Karenanya dalam Fiqih, seorang istri bisa meminta cerai suaminya jika suami tersebut sama sekali tidak bisa berhubungan.

Sayangnya Anda tidak menyebutkan dengan jelas seberapa lama suami Anda pergi dan untuk apa. Secara umum, katakanlah ia bekerja. Seberapa lama? Dalam fatwa Umar bin Khattab, seorang suami maksimal meninggalkan istrinya karena pergi berjihad itu selama enam bulan. Jika lebih dari itu ia dianggap berdosa.

Maka ini menjadi nasehat bagi semua suami agar jika ia pergi bekerja, hendaknya tidak lebih dari enam bulan meninggalkan istri. Harus diupayakan agar minimal enam bulan sekali ia pulang. Atau jika memang tidak bisa, misalnya suami pergi ke luar negeri, lebih baik jika istrinya dibawa.

Adapun bagi istri, jika suami terpaksa bepergian selama enam bulan, maka hendaklah ia menahan diri. Penuhi hari-hari dengan aktifitas positif. Hindari sedapat mungkin berpikir tetang hubungan suami istri agar tidak tergoda untuk melakukan masturbasi. Masturbasi, telah jelas bahwa secara umum dilarang dalam Islam karena dinilai masuk dalam kategori kepuasan seksual di luar kerangka pernikahan.

وَالَّذِينَ هُمْ لِفُرُوجِهِمْ حَافِظُونَ
إِلَّا عَلَى أَزْوَاجِهِمْ أَوْ مَا مَلَكَتْ أَيْمَانُهُمْ فَإِنَّهُمْ غَيْرُ مَلُومِينَ
فَمَنِ ابْتَغَى وَرَاءَ ذَلِكَ فَأُولَئِكَ هُمُ الْعَادُونَ

“dan orang-orang yang menjaga kemaluannya, kecuali terhadap isteri-isteri mereka atau budak yang mereka miliki; maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada tercela. Barangsiapa mencari yang di balik itu maka mereka itulah orang-orang yang melampaui batas.” (QS. Al Mukminun: 5-7)

Saran saya, bicarakanlah baik-baik dengan suami Anda. Musyawarahkanlah. Jangan malu-malu kepada suami untuk mengatakan masalah ini. Sebab masalah ini butuh diselesaikan berdua secara bijaksana, terlebih Anda sudah memiliki anak.

Wallahu a’lam bish shawab. [Disarikan dari tanya jawab Syaikh Muhammad Nur Abdullah, Presiden ISNA (Islamic Society of North America) dan Anggota Dewan Fiqih Amerika Utara, yang dimuat di onislam.net]

37 KOMENTAR

  1. Saya seorang janda belum dikasih jodo.dan sya juga manubiasa yg kadang sewaktu waku merasa kesepian dan solusinya saya melakukan masturbasi ga sering sih paling sebulan sekali gimana iniالسلام عليكم

  2. Suami saya sudah 10 bulan tidak memberikan nafkah batin ke saya. Setelah saya selidiki ternyata banyak percakapan mesra di Wechatnya dan gambar2 tentang hubungan sejenis. Apa yang harus saya lakukan sebagai istri.

    • tanya secara baik2 kepada suuami anda apa yang dia inginkan? apa sebab dan masalahnya sehingga dia seperti itu??

  3. jauhi hal-hal yang bisa membuat anda semakin ingin “itu”
    berwudhu lah…insya Allah hal itu akan meredam dengan sendirinya.

  4. Ini Masukan Yang Sangat penting untuk Di perhatikan dan untuk pembelajaran .. agar kita semua ttap di jalan yang lurus dan selalu ingat akan apa yang di perbolehkan dan yang di larang oleh Allah Subhana Huwata’ala ..
    Semoga bermanfaat ..

    • sama aja Bro, onani jelas dilarang dlm Islam, anda onani, ya ada dosa didalamnya. tentang ketakutan anda jatuh kedalam zina, dan anda memilih onani, anda hanya memilih dosa yg “lebih kecil”.

      yg harus diperhatikan, tidak ada dosa kecil kalo dilakukan terus menerus…. wallahu a’lam bro…

      • Weeeehhh kata siapa Onani itu d perboleh kan untuk laki laki karena jaman rasulallah saja yg pergi ber jihad itu lama ttpi jga ada batas waktu yg d tentukan sbtpa lamanya mreka tdk bertemu istri mereka wkwkwkwk

    • ini pertanyaan atau jawaban . disana ada jawaban nya . Bicarakan lah dahulu kan disana di tulis nya

  5. Onani atau masturbasi termasuk dalam zina menurut jumhur para ulama.

    Dengan ini tidak bisa menghindari zina dengan melakukan zina

    Wallahualam, hnya pda Nya kita berlindung

  6. assallamualikum…wbt ustaz kalau hamil 2.bulan bagai mana ya.sebap sekarang ini sa langsun saja tidak dapat memberikan layanan batin atas suami sa..di sebap kan sa hamil dan kurang ada perasaan macam ini…sedang kan sa tahu hukum membiarakn batin suami ada lah berdosa ada kah sa perluh..memaksa diri ini..sedang kan sa hamil sa.sudah 2.bulan tidak layan suami….namun sa tidak pernah menolak keinginan suami…mungkin suami pun faham..dia tak juga mengajak sa…..terimakasih atas jawapan ustaz…assallammualikum wbt…?tolong di balas ya….

    • Wa’alaikumsalam Wr. Wb.

      makcik elsa, sy cuba tolong explain kat makcik ya,

      Dibolehkan bagi seorang suami untuk melakukan hubungan intim dengan istrinya yang sedang hamil kapanpun, sesuai keinginannya. Kecuali jika hal itu bisa membahayakan dirinya atau janinnya maka haram bagi suami untuk melakukan sesuatu yang membahayakan istrinya. Kemudian, jika dalam kondisi tidak membahayakan, hanya saja sangat memberatkan istrinya maka yang lebih baik adalah tidak melakukan hubungan intim. Karena tidak melakukan sesuatu yang memberatkan sang istri, merupakan bentuk pergaulan yang baik kepada istri. Allah berfirman:
      وَعَاشِرُوْهُنَّ بِالمَعْرُوْفِ
      “Pergaulilah istrimu dengan baik.” (QS. An-Nisa’ : 19)

      Adapun hadits yang melarang wanita yang tengah hamil untuk berhubungan badan:
      لَا توطأ حامل حتى تضع
      “Wanita hamil tidak boleh diajak berhubungan intim sampai dia melahirkan.”
      Hadis ini shahih, diriwayatkan Abu Daud, Ad-Darimi, dan disahihkan Al-Albani.
      Tapi yang dimaksud wanita hamil pada hadits ini bukan istri, tapi wanita tawanan perang atau budak yang hamil dari suami pertama. Ar-Rabi’ bin Habib dalam Musnadnya mengatakan:
      مَعْنَى الْحَدِيثِ فِي الإِمَاءِ ، أَيْ لا يَطَؤُهُنَّ أَحَدٌ مِنْ سَادَاتِهِنَّ حَتَّى يُسْتَبْرَيْنَ ، وَأَمَّا الزَّوْجُ فَحَلالٌ لَهُ الْوَطْءُ لامْرَأَتِهِ الْحَامِلِ
      “Kandungan hadis ini terkait budak, artinya tuan si budak tidak boleh menyetubuhi budak yang hamil sampai rahimnya bersih. Adapun suami, dia dihalalkan untuk menyetubuhi istrinya ketika sedang hamil.” (Musnad Ar-Rabi’ bin Habib, keterangan hadis no. 528).

      Wallahu a’lam bishawab.

  7. Artikel ini merujuk kpd hukum melakukan onani atau masturbasi. Adapun komen yang diajukan tentang melakukan perbuatan itu dengan mempunyai alasan sendiri.

    Konklusi yang saya boleh share disini ialah, Islam menyuruh kepada kebaikkan dan melarang tegah perkara yang jelek dan mudhorat.

    Walau apa alasan sekalipun maka ianya masih merujuk perlakuan yang sama tanpa sedikit pun bedanya selain hanya mempunyai sedikit alasan iaitu kerana terlalu terpaksa melakukannya.

    Saya cuba ingin bahaskan isu yang para komentar bertanya, apa anda sangup memaksa diri untuk memenuhi keinginan/kebutuhan sendiri atau anda redho untuk mengikut syarat dari tuhan?

    Yang manakah dari kedua soalan saya tadi lebih memberikan kebaikkan kepada diri kita.

    Sebenarnya, onani atau masturbasi ini akan hadir diingatan kita hanya apabila kita berfikir mengenainya. Atau kita sering menonnton movie porno yang jelas dengan perbuatan ini akan meningkatkan nafsu kita sendiri.

    Walau apa alasan yang kita berikan, ianya pasti berpunca dari diri kita sendiri.

    Jauhkan amalan buruk dengan amalan yang baik.

    Sekadar perkongsian, jika ada salah dan silap sila perbetulkan saya.

    Terima kasih.

  8. Kalau suami untuk menghindari zina di perbolehkan menikah lagi dan punya istri lebih dri satu tpi klau istri tidak diperbolehkan poliandri.. gmna klau suami nya pergi kerja nya lama..?? Kebutuhan seksual manusia khan sama..? Ap masih tidak boleh Masturbasi untuk menghindari perselingkuhan dengan laki2 lain..? Wallahu a’laam bissowaab

  9. Ass…

    Saya pngen minta pendapat dari x an smua..saya kan lagi tugas keluar negeri,dari prusahaan saya..dengan waktu yg cukup lama bisa di katakan skejule 1 tahun..baru bisa pulang,sdangkn kita,tdk boleh meningglkn istri kita kurang lbihnya 6 bulan,menurut pndpt x an smua gmn….Tims..

  10. Saya kerja di luar negri jauh dari istri.gejolak selalu muncul ketika teringat istri…apa solusi nya…ampuni aku ya Alloh…

  11. Saya janda muda sdh hmpir 3th suami mnggal dunia. Apabila blm ada keinginan mnikah bgmna? Slma ini sya fikir lbh baik masturbasi sndri drpda sm laki2.. Sngt2 blm siap mnikah. pilihan yg sulit masa hrs trpksa mnikah

  12. bagai mana kalau suami kerja di luar negri lebih dari satu tahun. Bagai mana pendapat nya kalau seorang istri hipersex, dan hanya ingin menghindari perselingkuhan
    wallahu’alam Ampuni aku ya Allah

  13. Bagaimana klo suami nya tentara … pergi tugas paling lama 10 bulan .. kadang bisa sampe setahun … 😢

  14. Assalamualaikum,
    Suami saya karena kerjaan dan satu lain hal bukan kriminal atau nikah lagi y 😅 jadi hanya karena masalah administrasi /visa n kerjaan yg berpindah pindah hampir setiap tahunnya tidak pulang selama 3 tahun setiap bulan masih menafkahi harta tapi otomatis nafkah batin tidak terpenuhi masalahnya usia saya masih muda n suami jg so salah satu solusi mengatasi gejolak y masturbasi or phone sex sama suami jadi bagaimana menurut islam? Usia pernikahan kami menginjak 4 tahun dan memiliki anak usia 3 tahun

BERIKAN TANGGAPAN

Please enter your comment!
Please enter your name here