Beranda Tazkiyah Renungan 4 Golongan Wanita Ahli Neraka yang Dilihat Nabi Saat Isra’ Mi’raj

4 Golongan Wanita Ahli Neraka yang Dilihat Nabi Saat Isra’ Mi’raj

42
4 golongan wanita ahli neraka
api neraka - ilustrasi © scenicreflections.com

Isra’ mi’raj adalah peristiwa luar biasa yang dialami oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Selain keajaiban perjalanan super cepat Makkah-Palestina-Sidratul Muntaha dan mendapatkan perintah langsung shalat lima waktu, Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam juga diperlihatkan surga dan neraka. Dan inilah, 4 golongan wanita ahli neraka yang dilihat Nabi saat isra’ mi’raj.

Wanita yang kufur terhadap kebaikan suami

Dalam sebuah kesempatan, Rasulullah menceritakan neraka yang telah dilihatnya kepada para sahabatnya. Rasulullah memberitahukan bahwa mayoritas penduduknya adalah wanita, karena mereka kufur terhadap kebaikan suami.

وَرَأَيْتُ النَّارَ فَلَمْ أَرَ كَالْيَوْمِ مَنْظَرًا قَطُّ وَرَأَيْتُ أَكْثَرَ أَهْلِهَا النِّسَاءَ. قَالُوا: لِمَ يَا رَسُوْلَ اللهِ؟ قَالَ: بِكُفْرِهِنَّ. قِيْلَ: يَكْفُرْنَ بِاللهِ؟ قَالَ: يَكْفُرْنَ الْعَشِيْرَ وَيَكْفُرْنَ اْلإِحْسَانَ، لَوْ أَحْسَنْتَ إِلىَ إِحْدَاهُنَّ الدَّهْرَ، ثُمَّ رَأَتْ مِنْكَ شَيْئًا قَالَتْ: مَا رَأَيْتُ مِنْكَ خَيْرًا قَطُّ

“Dan aku melihat neraka. Aku belum pernah sama sekali melihat pemandangan seperti hari itu. Aku lihat ternyata mayoritas penghuninya adalah para wanita.” Mereka bertanya, “Mengapa para wanita menjadi mayoritas penghuni neraka, ya Rasulullah?” Beliau menjawab, “Disebabkan kekufuran mereka.” Ada yang bertanya kepada beliau, “Apakah para wanita itu kufur kepada Allah?” Beliau menjawab, “(Tidak, melainkan) mereka kufur kepada suami dan mengkufuri kebaikan (suami). Seandainya engkau berbuat baik kepada salah seorang istri kalian pada suatu waktu, kemudian suatu saat ia melihat darimu ada sesuatu (yang tidak berkenan di hatinya) niscaya ia akan berkata, ‘Aku sama sekali belum pernah melihat kebaikan darimu’.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Wanita pezina

Syaikh Shafiyyurrahman Al Mubarakfury menjelaskan di dalam sirah nabawiyah-nya, Ar Rakhiqul Makhtum, bahwa ketika Rasulullah dimi’rajkan oleh Allah dan diperlihatkan neraka, beliau melihat pezina disika di neraka tersebut. Di dekat mereka ada daging yang baik dan ada daging yang busuk. Mereka mengambil daging yang busuk itu dan meninggalkan daging yang baik.

Wanita peng-ghibah

Ghibah, dalam bahasa sederhana adalah gosip, yakni menceritakan sesuatu tentang orang lain yang membuatnya tidak suka seandainya orang tersebut mengetahui/mendengarnya. Dalam Sirah Nabawiyah karya Syaikh Muhammad Ali Ash Shalabi diterangkan, Rasulullah saat isra’ mi’raj diperlihatkan para peng-ghibah disiksa di neraka dengan memakan bangkai-bangkai busuk manusia.

Wanita yang suka ikhtilat

Dalam Ar Rakhiqul Makhtum pula, Syaikh Shafiyurrahman Al Mubarakfury menyebutkan bahwa diantara penduduk neraka yang dilihat Rasulullah saat isra’ mi’raj adalah wanita-wanita yang suka memasuki tempat tinggal (lingkungan) laki-laki. Mereka disiksa di neraka dengan digantung di bagian payudaranya.

Tentu, banyak golongan lain penghuni neraka yang diperlihatkan kepada Rasulullah saat isra’ mi’raj beliau. Namun tidak semuanya dijelaskan dalam hadits dan sirah nabawiyah. Sebagaimana banyak pula golongan wanita ahli surga yang diperlihatkan kepada Rasulullah saat beliau isra’ mi’raj.

Semoga sahabat webmuslimah dirahmati Allah sehingga tidak termasuk 4 golongan wanita ahli neraka yang dilihat Nabi saat isra’ mi’raj ini, dan dipeliharaNya dari siksa neraka. [Tim Redaksi Webmuslimah.com]

42 KOMENTAR

  1. terima kasih postingannya, namun saya masih bingung, apa yang dimaksud dengan golongan yang terakhir ya?
    saya mempunyai beberapa teman dan kami sering bertamu ke kosan anak-anak yang laki2 hanya untuk mengobrol dan silaturahmi, apa salah ya?

    • Ikhtilat adalah bercampur baurnya pergaulan antara laki-laki & wanita, sedangkan perbuatan itu termasuk salah satu dosa mendekati perbuatan zina disebabkan ketidak mahraman antara lelaki atau wanita tersebut, semoga mengerti ^_^

    • Maka jauhilah pergaulan antara lawan jenis,tundukkan pandangan pd t4 umum,jgn bepergian jauh tanpa Muhrim,hindari kerumunan kaum Adam..maka itu lebih baik,wallahu a’lam.

  2. bagaimana kalau wanita pernah menjadi gol kedua, namun dia sudah toubat…apakah termasuk ahli neraka ini…?

    • Siapapun dan dosa apapun termasuk gol kedua, kecuali dosa sirik atau musrik atau meyakini kepercayaan/kekuatan selain Allah SWT, insyaAllah Allah SWT akan mengampuni sepanjang tobatan nasuha tidak mengulang dosa yang sama atau bebrbuat dosa lainnya (kembali beriman, bertaqwa, beramal saleh).

  3. assalamu’alaikum ,.,.
    makasih yaa info nya,.,.,
    hmmmm,.,.
    mohon mintak persetujuan nya utk share k grou2 yang lain boleh 🙂

  4. Terlalu banyak wanita jaman sekarang yg melakukan ke 4 hal tersebut di atas. Suami susah payah mencari sesuap sementara istrinya sama sekali tidak menghargai jerih payah suaminya dengan membeli barang2 yg tidak terlalu perlu dan bahkan ada yg mempercantik dirinya dengan uang suaminya untuk supaya dapat menarik perhatian lelaki lain. Setelah ada lelaki yg tertarik, perlahan tapi pasti terjadilah zinah. demi menutup-nutipi perzinahannya, ia di depan suaminya mulai mulai menjelek-jeekkan perempuan atau ibu2 lain agar di depa suaminya ia terkesan baik. Kemudian istrinya pura2 pingin membantu suaminya dengan bekerja yg tidak lain adalah agar ia bisa bebas dan bisa bergaul dengan laki2 di tempat kerjanya. kesimpuan akhir, semuanya ia lakukan dan suaminya sama sekali mengira semua baik-baik saja. Wanita……………………….

  5. kalo saya baca artikel diatas, saya jd bingung, mengapa Rasulullah melihat banyak wanita yg masuk neraka, padahal kiamat aja belum terjadi, hari perhitungan jg blm terjadi, tp bagaimana bisa ada yg sudah masuk neraka ???

    • Kalo menurut saya yg awam ini (maaf kalau salah)
      Itu adalah salah satu kebesaran Allah kepada nabi besar kita Muhammad S.A.W
      Yg diberikan keistimewaan dan kepercayaan untuk mengabarkan pada umatnya
      Bahwa itulah yg akan terjadi apabila hambanya melanggar ketentuan Allah

      Bisa dibilang itu sebuah penglihatan dimasa depan mas yudo,karna Allah juga telah meramalkan apa yang terjadi pada umatnya 🙂 dan Nabi Muhammad lah yg dipercaya karena ia tidak ingkar 🙂

    • Yudo : yg komen non muslim ya?? Atau muslim tpi gak percaya hal ghaib… Isra’ Mi’raj itu Mu’jizat dri Allah utk RasulNya.. yg aneh kalo manusia biasa bisa lihat neraka.. Kalo Rasul wajar aja kaleee.. Dalemin lagi sana ilmi Islam nya..

    • Yudo,Rasullullah ud masuk k masa depan. Masa’ Dora Emon n film Back to the future az yg ad kyk gt. Ingat Muhammad itu rasullullah,utusan Allah,tentu beliau diberi kelebihan.Sy az yg mnusia biasa sering mngalami Dejavu. Sy mlihat peristiwa n t4 yg ktika trjd,sy berkata “loh,ini Kan ud prnh mngalaminya dlm mimpi,bbrp minggu sblum ny. Atw misalny sy blng k tmn2 sy wkt msi SMP,”kt smw naik kls,tp ruangan kls kt ttp dsni,formasi ruangan kls berubah.” Lalu itu bnr2 trjd,jg msi bnyk peristiwa2 lain yg sy alami.Ingat,sy ini mnusia mnusia,tp sy jg d beritahu oleh Allah ttng masa depan,aplg Rasullullah.

  6. Untuk Yudo ….surga dan neraka itu saat ini sudah ada namun belum ada penghuni….tapi nabi Muhammad itu dksih kelebihan Allah tidak ada hijab jadi beliau bisa melihat peristiwa yang akan datang

  7. Astagfirullahhal adzim……ampuni atas segala khilaf hamba selama ini Ya Allah Ya Rabb…, semoga hamba terhindar dari 4 golongan di atas…,Aamiin…
    terimakasih tuk informasinya

  8. Comment:astaqfirullah, لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّبِاللّهِ , maha benar اللّهُ dgn sgl firmanNYA..

  9. Allah SWT gave him pbuh a prophecy through the Isra Mi’raj for the ummah as a reminder, a reflection, and a message to keep us out of the flame of the inferno. May Allah shows us His blessing and forgiveness.

  10. Kenapa doktrinnya berisi iming2 surga dan ancaman neraka belaka? Tidak bisakah kita beramal ikhlas tanpa melihat janji2 dan ancaman2 itu? Kita terlalu arogan jika beramal hanya karena berharap dapet surga dan dijauhkan dari neraka.

    • berharap belum tentu dapat… apalagi tidak. lebih arogan kalo ga berharap. Ikhlas hanya Allah yg menentukan kadarnya, kita hanya bisa berharap apa yg kita kerjakan digolongkan amalan yg ikhlas. Semoga saudari-saudari kita semua dijauhkan dari golongan tersebut. amin

    • afwan, yg saya tahu.. yg namanya ikhlas itu memang tdk mengharapkan imbalan. tapi dari manusia. Ikhlas itu mengharap imbalan hanya dari Alloh bukan dr makhluk. Bukankah dalam setiap amal ibadah itu Alloh terkadang memberitahu kadar pahala yg akan didapatkan manusia ketika mengerjakan amal tersebut? contoh, pahala shaum syawal yaitu bagaikan puasa setahun penuh. Hal ini untuk memotivasi manusia agar trus berbuat kebaikan dan mengharap pahala dr Alloh. Wajar saja jika manusia memgharapkan surga dr Alloh dan di jauhkan dr neraka. Entah apa jadinya jika seorang manusia saat beribadah tdk mengharapkan surga Alloh sedangkan di akhirat nanti surgalah yang menjadi tujuan setiap manusia.

  11. Comment:ya allah smga hamba di jauhkn dr 4 hal tersebut dan jdiklh hamba slalu istri yg sholeh. amin…
    trimksh bwt infony… nie bnr2 ilmu yg sngt bermanfaat…

  12. Comment:ya allah smga hamba di jauhkn dr 4 hal tersebut dan jdiklh hamba slalu istri yg sholeha. amin…
    trimksh bwt infony… nie bnr2 ilmu yg sngt bermanfaat…

  13. wanita…, kebanyakan hanya menurutkan hawa nafsunya dan sedikit yg menggunakan otaknya.
    wanita…, kebanyakan engejar dunia daripada akhirat.
    wanita…, bertobatlah dan enjadi wanita soleha agar kamu tidak tergolong ke dalam 4 golongan wanita penghuni neraka.

  14. Nice info.. tuk kasus ke 4, ihtilat tidak masalah selama tidak menimbulkan fitnah (renungkan bagaimana orang beribadah di masjidil harom), karenanya ia perlu didampingi muhrom.. lebih2 jika bertujuan silaturrahim.

  15. Untuk hukuman ikhtilat wanita digantung di bagian payudaranya. Bagaimana jika ada wanita ikhtilat yang payudaranya rata alias kecil ?

BERIKAN TANGGAPAN

Please enter your comment!
Please enter your name here