Beranda Tazkiyah Tazkiyatun Nafs 8 Kiat Agar Sholat Khusyu’

8 Kiat Agar Sholat Khusyu’

0
sholat khusyu
ilustrasi (Pinterest)

Sholat khusyu adalah kenikmatan luar biasa. Sehingga Rasulullah dan para sahabat merindukan waku-waktu sholat. Beliau bersabda: Ya Bilal, qum, arihnaa bish sholat. Wahai Bilal, bangkitlah, istirahatkan kami dengan sholat.

Bagaimana kiat mencapai sholat khusyu’ yang dicintai Allah? Berikut ini 8 kiatnya:

1. Ikhlas

Yang pertama adalah ikhlas. Kita sholat hanya untuk Allah Subhanahu wa Ta’ala. Ini merupakan syarat diterimanya sholat kita sekaligus syarat agar sholat kita bisa khusyu’.

Jika tidak ikhlas, mustahil bisa khusyu’ karena khusyu’ itu tempatnya di hati. Jika hatinya menuju selain Allah, mustahil ia bisa mencapai sholat khusyu’.

2. Merasa sedang menghadap Allah

Ketika sholat, hadirkan rasa bahwa kita sedang menghadap Allah. Allah melihat kita, Allah mendengar bacaan dan doa-doa kita.

Merasa sedang menghadap Allah ini merupakan manifestasi ihsan dalam sholat. Ketika ditanya Jibril “apa itu ihsan?” Rasulullah menjawab, “ihsan adalah engkau beribadah kepada Allah seakan-akan engkau melihatNya. Jika engkau tak bisa melihat Allah, sesungguhnya Dia melihatmu.”  

3. Memahami bacaan sholat

Agar bisa sholat khusyu’ maka kita perlu memahami bacaan-bacaan sholat. Kita mengetahui makna setiap bacaan yang kita baca mulai dari takbiratul ihram hingga salam.

Ketika kita tahu makna bacaan sholat, maka hati kita akan merasakan keagungan Allah, kebesaranNya, ampunanNya dan lain-lain sesuai bacaan sholat tersebut.

Lebih detil tentang bacaan-bacaan dan maknanya, bisa dibaca di artikel Bacaan Sholat

4. Tuma’ninah

Rasulullah melarang sholat yang cepat hingga sujudnya seperti ayam mematuk makanan. Karenanya setiap gerakan sholat harus tuma’ninah. Tenang, diam sejenak sekira bacaan sholat.

Sholat yang cepat dan terburu-buru sulit untuk khusyu’. Sholat yang khusyu’ umumnya justru tenang karena hatinya sedang bahagia berkomunikasi dengan Allah.

5. Memperindah bacaan Al Quran

Kiat berikutnya agar sholat khusyu’ adalah memperindah bacaan Al Quran serta memahami maknanya. Kalaupun tidak memahami maknanya, bacaan Al Quran yang indah dan dibaca tartil pun sudah menyentuh hati dan membawa kekhusyu’an.

Misalnya saat kita menjadi makmum dan imamnya sangat indah tartilnya. Kadang banyak makmum menangis terbawa ayat Al Quran yang dibaca imam meskipun makmum tersebut tidak mengetahui arti ayat-ayat yang dibaca.

6. Mengetahui keutamaan sholat khusyu

Untuk menghadirkan kekhusyukan dalam sholat, kita perlu mengetahui keutamaan khusyu’ dalam sholat. Di antara keutamaan khusyu’ dalam sholat adalah sebagai berikut:

  1. Allah menghapus dosa-dosanya
  2. Mendapatkan kemenangan, keselamatan dan kebahagiaan di dunia dan akhirat
  3. Mendapatkan pahala yang besar
  4. Mendatangkan hidayah Allah dan keteguhan iman
  5. Mendapat predikat manusia terbaik
  6. Dipuji Allah dan digolongkan sebagai orang berilmu dan sempurna imannya
  7. Dipuji Allah dan digolongkan sebagai orang yang takut kepada Allah
  8. Diselamatkan Allah dari neraka dan dimasukkanNya ke dalam surga

7. Mengetahui ancaman sholat yang lalai

Untuk menghadirkan kekhusyukan dalam sholat, seseorang harus terhindar dari kelalaian. Maka ia perlu mengetahui ancaman sholat yang lalai.

“Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang sholat, (yaitu) orang-orang yang lalai dari sholatnya, orang-orang yang berbuat riya’ dan enggan (menolong dengan) barang berguna.” (QS. Al Maa’uun: 5-7)

Orang yang lalai tidak sholat, mereka celaka. Namun orang yang sholat namun lalai sehingga sepanjang sholatnya tidak pernah ingat kepada Allah, ia juga bisa celaka. Apalagi jika sholatnya itu riya’, tidak ikhlas.

Baca juga: Waktu Sholat Dhuha

8. Memohon sholat khusyu’ kepada Allah

Syaikh Dr Said bin Ali bin Wahf al Qathani dalam bukunya Khusyuk dalam Shalat menurut Al Qur’an dan As Sunnah mengatakan: “Salah satu faktor utama penunjang kekhusyukan dalam sholat adalah seorang hamba meminta dan memohon kepada Rabbnya agar diberi taufik berupa kekhusyukan dalam sholat yang dicintai Allah.”

Perbanyaklah berdoa meminta dikaruniai khusyu’ dalam sholat. Dan Allah pasti akan mengabulkan doa itu sesuai firman-Nya: “Berdoalah kepadaKu niscaya Aku kabulkan” (QS. Ghafir: 60).

Demikian 8 kiat agar sholat khusyu’ yang semoga kita semua dimudahkan Allah untuk mengamalkan dan meraihNya. [Muchlisin BK/WebMuslimah]

Artikel sebelumnyaBolehkah Akhwat Menerima Dua CV Ta’aruf dalam Satu Waktu?
Artikel berikutnyaIsi Kandungan Surat Al Ikhlas dan Terjemahan
CEO BedaMedia Grup, Inspirator di Trustco Gresik, Sekretaris Yayasan (Pendidikan) Al Ummah

BERIKAN TANGGAPAN

Please enter your comment!
Please enter your name here