Home Ilmu Islam Fiqih Amal yang Boleh Dilakukan Wanita Haid dan Nifas

Amal yang Boleh Dilakukan Wanita Haid dan Nifas

5
Siluet muslimah berdoa © Reuters

Haid dan nifas merupakan dua hal khusus yang hanya dialami kaum wanita. Haid datang rutin setiap bulan, sedangkan nifas dialami wanita setelah melahirkan. Pada dua kondisi itu, sejumlah amal haram dilakukan. Misalnya shalat dan puasa.

Lalu bagaimana mengisi hari-hari haid dan nifas, yang umumnya kondisi ruhiyah sedang turun saat itu? Wanita muslimah bisa mengoptimalkan amal-amal yang mubah dilakukan saat haid dan nifas, antara lain:

Berdzikir kepada Allah

Berdzikir tetap dapat dilakukan meskipun wanita sedang mengalami haid atau nifas. Dengan berdzikir, seorang mukmin bisa mendapatkan ketenangan yang hakiki. Sebagaimana firman Allah:

الَّذِينَ آَمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ

“Orang-orang yang beriman, hati mereka menjadi tenang dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah, hati menjadi tenang” (QS. Ar Ra’du : 28)

Berdoa kepada Allah

Dalam kondisi haid atau nifas, seorang muslimah tetap dapat berdoa. Berdoa apapun, baik yang berdasarkan keadaan karena mau keluar rumah dan naik kendaraan, maupun berdoa secara umum. Doa merupakan senjata mukmin. Jika dalam kondisi haid atau nifas ruhiyah turun, berdoalah kepada Allah.

Membaca hadits

Berbeda dengan membaca Al Qur’an yang diharamkan oleh jumhur ulama jika dibaca wanita haid atau nifas, membaca hadits tidak dilarang. Membaca hadits memang tidak berpahala seperti membaca Al Qur’an, tetapi seorang muslimah dapat memperoleh pahala dari membaca hadits sebagaimana pahala belajar atau mencari ilmu.

Mendengarkan bacaan Al Qur’an

Seorang muslimah yang sedang haid atau nifas dilarang membaca dan menyentuh mushaf. Tentu jauh dari Al Qur’an rasanya tidak enak bagi muslimah yang telah terbiasa dekat dengannya. Untungnya, diperbolehkan bagi mereka untuk mendengarkan bacaan atau murattal Al Qur’an, baik melalui kaset maupun dibaca oleh orang lain secara langsung.

Membaca buku

Wanita yang haid atau nifas boleh membaca buku atau kitab yang ditulis oleh para ulama, misalnya tauhid, tazkiyatun nafs, fiqih dan lain-lain. Meskipun di dalamnya dikutip ayat Al Qur’an.

Mendengarkan ceramah agama

Wanita yang haid atau nifas juga boleh mendengarkan ceramah agama, baik yang didengarkan melalui kaset maupun pengajian langsung.

Mengikuti majelis taklim

Wanita yang haid atau nifas boleh mengikuti majelis taklim, selama tidak berada di dalam masjid

Semua amal haji dan umrah kecuali thawaf

Muslimah yang sedang haid atau nifas boleh melakukan ihram, wukuf di Arafah, dan semua amalan haji dan umrah kecuali thawaf di sekeliling ka’bah. Sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam kepada Aisyah:

فَافْعَلِى مَا يَفْعَلُ الْحَاجُّ ، غَيْرَ أَنْ لاَ تَطُوفِى بِالْبَيْتِ حَتَّى تَطْهُرِى

“Kerjakanlah seperti orang yang menjalankan ibadah haji kecuali melakukan thawaf di Ka’bah hingga kamu bersuci” (Muttafaq ‘alaih)

Demikian amal-amal yang mubah dilakukan muslimah saat haid dan nifas. Wallahu a’lam bish shawab. Semoga bermanfaat. [Webmuslimah.com]

Artikel sebelumnyaHukum Memanjangkan Kuku
Artikel berikutnyaMemuliakan Tamu, Buah dari Keimanan

5 KOMENTAR

  1. Di sekitar saya masih ada segolongan orang yang mengumpulkan rontokan rambut ataupun potongan kuku saat haid atau nifas, sebenarnya bolehkah kita memotong kuku dan melakukan hal fitrah lainnya ketika sedang haid atau nifas?

  2. Saya mau nanyak.. saya denger dari orang orang kalau wanita haid itu boleh membaca al quran tapi tidak boleh menyentuhnya karena di khawatirkan akan mengotorinya..
    Sedangkan menurut persepsi anda semua haram baik membacaatau menyentuhnya.. boleh kan saya meminta dasar dari persepsi anda baik dari al quran itu sendiri atau dari hadist..

  3. Assalamualaikum admin WM. Di lingkungan saya masih beranggapan boleh menyentuh Al Qur’an namun yang mengandung terjemah, bagaimana hukumnya ? Sedangkan yang admin paparkan wanita tidak boleh sama sekali menyentuh Al Qur’an.. Terimakasih.. Wassalamualaikum wr wb

BERIKAN TANGGAPAN

Please enter your comment!
Please enter your name here