Beranda Tazkiyah Fadhilah Lakukan Puasa Ramadhan dan Amal Ini, Muslimah Bisa Masuk Surga dari Pintu...

Lakukan Puasa Ramadhan dan Amal Ini, Muslimah Bisa Masuk Surga dari Pintu Mana Pun

0
ilustrasi muslimah menjaga shalat (Kaskus.co.id)

Surga memiliki beberapa pintu. Masing-masing pintu memiliki kekhususan untuk dimasuki orang-orang yang dominan dengan amal tertentu. Misalnya ada pintu ar Rayyan bagi ahli puasa.

Yang luar biasa, jika seorang muslimah berpuasa Ramadhan dan mengerjakan tiga amal ini, ia bisa masuk surga dari pintu mana pun. Ia diberikan keistimewaan memilih mau masuk surga dari pintu yang ia suka.

Apa saja amal itu? Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا صَلَّتِ الْمَرْأَةُ خَمْسَهَا وَصَامَتْ شَهْرَهَا وَحَفِظَتْ فَرْجَهَا وَأَطَاعَتْ زَوْجَهَا قِيلَ لَهَا ادْخُلِى الْجَنَّةَ مِنْ أَىِّ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ شِئْتِ

“Jika seorang wanita selalu menjaga shalat lima waktu, juga berpuasa sebulan (di bulan Ramadhan), menjaga kemaluannya (dari perbuatan zina) dan taat pada suaminya, maka dikatakan pada wanita tersebut, “Masuklah ke surga melalui pintu manapun yang engkau suka.” (HR. Ahmad; shahih)

Menjaga shalat lima waktu

Yakni seorang muslimah yang selalu mengerjakan shalat Dzuhur, Ashar, Maghrib, Isya’ dan Subuh. Tidak pernah meninggalkannya kecuali saat diharamkan (haidh dan nifas). Ia tidak malas mengerjakannya, juga tidak menunda-nunda.

Shalat merupakan amal yang akan dihisab pertama kali dan menjadi barometer bagi amal lainnya.

إن أول ما يحاسب به العبد صلاته فإن صلحت صلح سائر عمله وإن فسدت فسد سائر عمله

“Amal yang akan dihisab pertama kali dari seorang hamba pada hari kiamat adalah shalat. Jika baik shalatnya, baik pula seluruh amalnya. Jika buruk shalatnya, buruk pula seluruh amalnya.” (HR. Tirmidzi)

Puasa Ramadhan

Amal kedua adalah puasa Ramadhan sebulan penuh, kecuali jika berhalangan. Jika ia terhalang karena haid, ia meng-qadha di hari lain. Demikian pula jika sakit atau safar. Sedangkan jika ia telah tua dan tidak mampu berpuasa, ia pun membayar fidyah sebagai gantinya.

Puasa tujuannya menjadikan pelakunya menjadi bertaqwa. Dan surga disediakan Allah untuk orang-orang yang bertaqwa.

إِنَّ لِلْمُتَّقِينَ عِنْدَ رَبِّهِمْ جَنَّاتِ النَّعِيمِ

“Sesungguhnya bagi orang-orang yang bertaqwa (disediakan) surga-surga yang penuh kenikmatan di sisi Rabbnya.” (QS. Al Qalam : 34)

Menjauhi zina

Amal ketiga yang harus dilakukan muslimah agar bisa masuk surga dari pintu mana pun adalah menjaga kemaluannya dari zina. Bukah hanya ia tidak berzina, tetapi juga menjauhinya sebagaimana yang diperintahkan oleh Allah.

وَلَا تَقْرَبُوا الزِّنَا إِنَّهُ كَانَ فَاحِشَةً وَسَاءَ سَبِيلًا

“Dan janganlah kalian mendekati zina, sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan keji dan jalan yang buruk” (QS.Al Isra’ : 32)

Taat kepada suami

Jika dalam hadits lain diterangkan banyak wanita masuk neraka karena kufur kepada suami, maka sebaliknya, taat kepada suami merupakan salah satu amal kunci masuk surga.

Mau masuk surga dari pintu mana pun? Ayo, penuhi empat amal ini. [Tim Redaksi Webmuslimah.com]

BERIKAN TANGGAPAN

Please enter your comment!
Please enter your name here