Beranda Al Qur'an Tafsir Isi Kandungan Surat Ali Imran Ayat 134 dan Terjemahan

Isi Kandungan Surat Ali Imran Ayat 134 dan Terjemahan

isi kandungan surat ali imran ayat 134

Surat Ali Imran ayat 134 menerangkan empat karakter orang yang bertaqwa. Apa saja isi kandungan surat Ali Imran ayat 134, berikut ini penjelasannya.

Terjemahan Surat Ali Imran Ayat 134

الَّذِينَ يُنْفِقُونَ فِي السَّرَّاءِ وَالضَّرَّاءِ وَالْكَاظِمِينَ الْغَيْظَ وَالْعَافِينَ عَنِ النَّاسِ وَاللَّهُ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ

(yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan. (QS. Ali Imran: 134)

Baca juga: Ayat Kursi

Intisari Tafsir Surat Ali Imran Ayat 134

Surat Ali Imran ayat 134 menjelaskan empat karakter orang bertaqwa yakni gemar berinfaq, menahan marah, memaafkan dan suka berbuat baik. Ayat ini merupakan satu rangkaian dengan ayat 133 dan 135. Dimulai dari perintah bersegera menuju ampunan Allah dan surga-Nya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang yang bertaqwa.

Siapa orang yang bertaqwa? Ayat 134 ini menyebutkan empat karakternya. Lalu ayat 135 menyebutkan satu karakter berikutnya.

Karakter orang bertaqwa yang pertama adalah gemar berinfaq baik dalam kondisi lapang maupun sempit. Berinfaq baik dalam keadaan kaya atau miskin. Saat banyak uang maupun di tengah keterbatasan.

Infaq merupakan kunci pertolongan Allah. Terkadang orang merasa berat berinfaq karena merasa hartanya jadi berkurang. Padahal, infaq pada hakikatnya tidak mengurangi harta. Justru dengan infaq, harta menjadi bertambah dan lebih berkah.

مَا نَقَصَتْ صَدَقَةٌ مِنْ مَالٍ

Tidaklah sedekah mengurangi harta. (HR. Muslim)

Karakter orang bertaqwa yang kedua adalah menahan marah, mampu mengelola emosi. Ibnu Katsir menjelaskan dalam tafsirnya, “apabila mereka mengalami emosi, maka mereka menahannya. Yakni tidak memendam, tidak pula mengeluarkannya.”

Tak hanya mampu menahan marah, orang bertaqwa juga suka memaafkan. Ini karakter orang bertaqwa yang ketiga. Sayyid Qutb menjelaskan dalam Tafsir Fi Zhilalil Qur’an bahwa menahan marah adalah tahapan pertama. Boleh jadi seseorang sudha berhasil menahan amarahnya, tetapi ia menyimpannya sebagai dendam. Ini justru lebih buruk. Karenanya harus dilanjutkan dengan tahap berikutnya yakni memaafkan.

Karakter keempat dari orang bertaqwa adalah suka berbuat baik; muhsinin. Syaikh Wahbah Az Zuhaili menjelaskan dalam Tafsir Al Munir bahwa muhsinin adalah orang yang membalas kejelekan dengan kebaikan.

Baca juga: Isi Kandungan Surat Ali Imran Ayat 77

Isi Kandungan Surat Ali Imran Ayat 134

Berikut ini isi kandungan Surat Ali Imran ayat 134 yang kami sarikan dari sejumlah tafsir. Yakni Tafsir Al Qur’anil ‘Adhim karya Ibnu Katsir, Tafsir Al Munir karya Syaikh Wahbah Az Zuhaili, Tafsir Fi Zilalil Quran karya Sayyid Qutb dan Tafsir Al Azhar karya Buya Hamka.

  1. Surat Ali Imran ayat 134 ini menunjukkan sebagian karakter orang bertaqwa.
  2. Empat di antara karakter orang bertaqwa adalah gemar berinfaq baik di kala lapang maupun sempit, mampu mengelola emosi dan menahan marah, suka memaafkan, dan suka berbuat kebajikan.
  3. Islam mengajarkan umatnya untuk gemar berinfaq. Infaq tidak akan mengurangi harta, justru mendatangkan keberkahan.
  4. Islam mengajarkan umatnya untuk mengelola emosi dan menahan amarah. Karakter ini merupakan salah satu kunci surga.
  5. Islam mengajarkan umatnya untuk memaafkan dan tidak menyimpan dendam.
  6. Islam mengajarkan umatnya untuk suka berbuat kebajikan. Bahkan membalas keburukan dengan kebaikan.

Demikian isi kandungan Surat Ali Imran ayat 134. Semoga bermanfaat dan menjadikan kita termotivasi untuk memenuhi karakter orang bertaqwa. Wallahu a’lam bish shawab. [Muchlisin BK/WebMuslimah]

*Untuk tafsir lengkap, bisa dibaca di artikel Surat Ali Imran Ayat 134

Artikel sebelumnyaIsi Kandungan Surat Ali Imran Ayat 77 dan Terjemahan
Artikel berikutnyaIsi Kandungan Surat Al Maidah Ayat 2 dan Terjemahan

BERIKAN TANGGAPAN

Please enter your comment!
Please enter your name here