Beranda Tazkiyah Fadhilah Amalkan Doa Setelah Wudhu Ini, Delapan Pintu Surga Akan Terbuka

Amalkan Doa Setelah Wudhu Ini, Delapan Pintu Surga Akan Terbuka

0
doa setelah wudhu

Surga memiliki delapan pintu dan masing-masingnya akan dimasuki penghuni surga sesuai amal utama mereka. Misalnya pintu Ar Rayyan, ia akan dimasuki oleh ahli puasa.

Namun ada amalan yang dinantikan oleh seluruh pintu surga. Yakni sebuah doa yang jika diamalkan, ia bebas memilih mau masuk surga dari pintu mana saja.

Wudhu dengan sempurna lalu berdoa

Amalan itu adalah wudhu dengan sempurna. Dan doa itu adalah doa setelah wudhu. Sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Muslim rahimahullah dalam shahih-nya:

مَا مِنْكُمْ مِنْ أَحَدٍ يَتَوَضَّأُ فَيُبْلِغُ – أَوْ فَيُسْبِغُ – الْوُضُوءَ ثُمَّ يَقُولُ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُ اللَّهِ وَرَسُولُهُ إِلاَّ فُتِحَتْ لَهُ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ الثَّمَانِيَةُ يَدْخُلُ مِنْ أَيِّهَا شَاءَ

Tidak seorang pun di antara kamu yang berwudhu lalu menyempurnakan wudhunya kemudian ia membaca doa (yang artinya) ‘Aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan melainkan Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba Allah dan utusanNya’ melainkan akan terbuka pintu-pintu surga yang berjumlah delapan yang dapat ia masuki dari mana saja ia mau. (HR. Muslim dari Umar secara marfu’)

Jadi doa itu adalah:

أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُ اللَّهِ وَرَسُولُهُ

(Asyhadu an laa ilaaha illalloh. Wa anna muhammadan ‘abdullohi warosuuluh)

Artinya: Aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan melainkan Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba Allah dan utusanNya.

Doa setelah wudhu ini merupakan kalimat tauhid yang memang merupakan kunci surga. Siapa yang mengucapkannya, menetapinya serta tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu pun, niscaya Allah masukkan ke dalam surga.

Baca juga: Doa Sholat Dhuha

Keutamaan wudhu lainnya

Selain ini, wudhu memiliki sejumlah keutamaan lain yang luar biasa. Di antara keutamaan wudhu adalah:

1. Membersihkan dosa

Dari Abdullah Ash Shunabahi radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Apabila seorang hamba berwudhu lalu berkumur-kumur, maka keluarlah dosa-dosa dari mulutnya. Ketika ia membersihkan hidung maka dosa-dosanya akan keluar dari hidungnya. Ketika ia membasuh muka maka dosa-dosanya akan keluar dari wajahnya hingga di bawah kelopak matanya.

Ketika ia membasuh kedua tangan maka dosanya akan keluar hingga dari bawah kukunya. Ketika ia ia menyapu kepalanya maka dosanya akan keluar dari kepala bahkan dari kedua telinganya. Ketika ia membasuh kedua kakinya maka dosanya akan keluar hingga dari bawah kuku jari-jari kakinya. Kemudian perjalanannya menuju masjid dan shalatnya menjadi pahala yang bersih baginya.” (HR. An Nasa’i dan Ibnu Majah)

Baca juga: Waktu Sholat Dhuha

2. Mengangkat derajat

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Maukah aku tunjukkan padamu hal-hal yang Allah akan menghapuskan dosamu serta mengangkat derajatmu?” Para sahabat menjawab, “Mau ya Rasulullah.”

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Menyempurnakan wudhu ketika menghadapi kesusahan, memperbanyak langkah menuju masjid, serta menunggu shalat demi shalat. Inilah yang dinamakan ribath. Inilah yang dinamakan ribath. Inilah yang dinamakan ribath.” (HR. Muslim)

3. Wajah dan anggota wudhunya bercahaya

“Sesungguhnya umatku akan datang pada hari kiamat nanti dengan wajah dan anggota badan bersinar karena bekas air wudhu. Maka barangsiapa yang bisa memanjangkan cahayanya, hendaklah ia melakukanya.” (HR. Muslim)

Demikian doa setelah wudhu yang keutamaannya dibukakan delapan pintu surga. Untuk pembahasan lengkap tata cara wudhu hingga niatnya, bisa dibaca di artikel Niat Wudhu

BERIKAN TANGGAPAN

Please enter your comment!
Please enter your name here