Home Best view 5 Dosa Suami yang Paling Meresahkan Istri

5 Dosa Suami yang Paling Meresahkan Istri

127428
13
SHARE
Dosa suami (selebritionline.com)

Pernikahan adalah sebuah ikatan suci. Mengikat laki-laki dan wanita menjadi suami istri lengkap dengan hak dan kewajibannya; peluang pahala dan surga.

Namun terkadang, suami atau istri terperosok dalam dosa dan kesalahan terhadap pasangannya hingga melukai dan meresahkan. Sebab dosa-dosa terhadap pasangan, selain merupakan kedurhakaan kepada Allah juga merupakan pengganggu dalam mewujudkan tujuan keluarga sakinah mawaddah wa rahmah.

Setiap manusia, baik suami atau pun istri, ia pasti pernah melakukan dosa dan kesalahan. Namun ada dosa dan kesalahan yang lebih meresahkan jiwa pasangan dibandingkan kesalahan lainnya.

1. Berburuk sangka kepada istri

Berburuk sangka (su’udhan) merupakan hal yang diharamkan Islam. Meskipun buruk sangka adalah amalan hati, namun ia bisa mempengaruhi ucapan dan perbuatan sehingga istri resah karena ia selalu dicurigai dan dianggap bersalah.

إِيَّاكُمْ وَالظَّنَّ فَإِنَّ الظَّنَّ أَكْذَبُ الْحَدِيثِ

“Waspadalah dengan buruk sangka karena buruk sangka adalah sejelek-jeleknya perkataan dusta.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Ada suami yang berburuk sangka kepada istrinya soal amanah keuangan. Ketika ada uang berkurang, suami langsung berburuk sangka dan menuduh istrinya. Padahal uang tersebut telah habis digunakannya sendiri. Atau ketika ada uang hilang, ia segera berburuk sangka dan menuduh istrinya telah mengambil uang tersebut. Setelah dicari ternyata ketemu di tempat lain, misalnya di celana sebelumnya.

Ada suami yang berburuk sangka kepada istrinya soal cinta dan kesetiaan. Ia selalu curiga ketika ada telpon untuk istrinya, ada SMS masuk, atau ada tanda WA masuk. Saat istrinya tidur, ia membuka semua SMS, WA dan BBM yang masuk. Setiap ada telepon, ia menguping suara siapa di sana; laki-laki atau perempuan.

Yang lebih parah, ketika suami berburuk sangka kepada istrinya soal kehormatan. Ia takut istrinya selingkuh, padahal ia tahu istrinya seorang yang shalihah. Ada sebuah anekdot, untuk memastikan istrinya tidak selingkuh, seorang suami setiap hari menggambar cicak di perut istrinya, dengan kepala menghadap ke bawah. Setiap sore ia periksa apakah gambar itu masih terbaca. Hari itu, kebetulan sang istri membeli lulur baru. Ia membersihkan seluruh bagian tubuhnya dan tanpa disadari gambar cicak itu hilang. Ia khawatir nanti suaminya curiga yang tidak-tidak. Maka ia pun menggambar kembali cicak itu di perutnya. Sayangnya, ia tidak sadar bahwa ia keliru menggambar terbalik, cicaknya menghadap ke atas. Sang suami pun marah, “Apa yang kau lakukan, mengapa gambar cicaknya telah berubah?” Sang istri yang dituduh bukan-bukan tak mau kehilangan akal. “Mungkin cicak ini nggak tahan baunya, jadi ia berbalik menghadap ke atas.”

Berikutnya: Malas mencari nafkah

13 KOMENTAR

  1. terus gimana klau istri yg souzon trus ma suami n tdk mau memnuhi sahwat suamix?
    dan jg tdk prnh mrsa puas dgn hsl nafkah suami?

  2. “Mereka melakukan hubungan di malam hari, namun sang suami cepat keluar dan meninggalkan istrinya begitu saja tanpa memberikan kepuasan kepadanya.”

    Loh lah ini bagaimana kalau secara medis memang cepat keluar?

  3. Alhamdulillah suami orang yg sangat positif, tidak pernah penasaran mengecek hp, tapi memang saya aktif menceritakan siapa saja yg menghubungi,, komunikasi dan saling percaya sangat penting dalam kehidupan berumah tangga

  4. Komentar saya mau tanya ustadz..suamiku orangnya pemarah..setiap ada problem q tak berbagi karna bukan solusi didpt tapi kepala tambah pusing.kadang jadi takut mau gimana.klw ku yg berbuat kesalahan sedikit aja marahnya na’udzubilah tapi klw suamiq yg buat kesalalahn dianggapny biasa aja..selama ini ku diam tak pernah cerita baik keluarga ataupun teman hanya menangis mengadu kpd Alloh.mohon solusi dan doa apa yg hrs diba2 agar tetap sabar.terima kasih

  5. Terkadang memang spt itu tidak bisa dihindari, karena prilaku dari masing masing
    “Waspadalah dengan buruk sangka karena buruk sangka adalah sejelek-jeleknya perkataan dusta.” (HR. Bukhari dan Muslim)

  6. Allah SWT adalah tempat mengadu, tempat memohon, tempat penyelesaian semua persoalan hidup, jadi lakukanlah apa diajarkan Rasulallah, yaitu Qiyamullail (sholat malam) adukan semua kpd pemilik dan pengatur jagad raya ini, Ya Robb kami adalah hambaMu yg lemah tdk berdaya, maka berilah kekuatan dn jalan keluar atas persoalan ini. Insya Alloh ada jln keluarnya.

  7. Ustad saya mau tanya Bagaimana kl usia pernikahan sdh 32 th tp dari awal perkawinan 1983 sampai skrng sdh tdk baik karena suami sering menghianati istri berkali kali selingkuh tp sampai skrng msh bisa bertahan pd akhirnya saat inipun selingkuh ttg keuangan bahkan mau mengambil harta simpanan istri , pdhl buat keperluan yg tdk disangka2 tp diamvil dan tdk mau mengakui apa yg hrs istri perbuat ??? Hrskah ttp bersabar…sampai stres sendiri karena sll ingat2 keburukan2 yg pernah dilakukan suami…

  8. Memang berdosa. Cuba analisis apa sebab timbul buruk sangka itu…sudah tau sebab jgn buat lagi…mudah nak jawab… serah pd Allah… tanpa usaha hanya menyerah bukan kaedah yg berkesan

BERIKAN TANGGAPAN

Please enter your comment!
Please enter your name here