Beranda Lifestyle Jilbab Tips Memilih Hijab bagi Pemula

Tips Memilih Hijab bagi Pemula

1
Tips memilih hijab
Tips memilih hijab
Tips memilih hijab

Ramadhan merupakan momentum yang tepat untuk memulai kebaikan-kebaikan baru yang sebelumnya belum bisa dikerjakan. Misalnya berhijab.

Shireen Sungkar adalah salah satu dari sekian banyak contoh muslimah yang memulai berhijab di bulan Ramadhan. Ia sebenarnya telah menyadari bahwa berhijab adalah kewajiban bagi muslimah. Sejak sebelum menikah, ia berkeinginan berhijab, tetapi masih merasa berat. Dan pada awal Ramadhan tahun ini, istri Teuku Wisnu itu bulat memutuskan untuk mulai berhijab.

Jika Anda masih belum berhijab, jangan ragu-ragu mengikuti jejak Shireen Sungkar memanfaatkan momentum Ramadhan ini. Karena endala memulai berhijab yang biasanya dikomentari teman-teman jika dimulai di bulan lainnya, pada bulan Ramadhan ini relatif tidak ada komentar dan godaan itu. Semua relatif mendukung kebaikan termasuk berhijab.

Sementara jika kendala berhijab adalah pada pilihan hijab, di masa kini kendala itu nyaris tak ada lagi. Dulu, mungkin ada wanita yang ingin berhijab ia tidak siap dengan hijab lebar dan syar’i. Di masa kini, banyak sekali pilihan hijab dengan berbagai model yang bisa disesuaikan dengan kesiapan hati. Idealnya memang hijab itu lebar hingga menutup dada, namun bagi yang belum siap, masih lebih baik ia memakai hijab pilihannya daripada membiarkan rambutnya terbuka.

Untuk mendapatkan berbagai model hijab pun, sekarang sangat mudah. Bahkan, bagi para muslimah yang tidak ingin konsentrasi ibadahnya terganggu dengan antri di toko konvensional, kini para muslimah bisa membeli hijab dengan hanya di rumah. Ya, melalui belanja online. Misalnya di Lazada.

Lalu bagaimana memilih hijab untuk pemula? Berikut tips-nya:

1. Menutup aurat dan tidak transparan

Pertimbangan pertama memilih hijab adalah berdasarkan fungsinya, yakni untuk menutup aurat, khususnya rambut dan leher. Meskipun Anda belum mantap dengan jilbab lebar, jilbab apapun yang Anda pilih, pastikan ia menutup aurat dan tidak transparan.

2. Sesuaikan dengan bentuk wajah

Jika wajah Anda oval, hampir seluruh model hijab cocok buat Anda. Tetapi jika wajah Anda panjang/lonjong, jilbab dengan undercaps (ciput didalaman) hingga dahi lebih cocok karena akan membuat wajah Anda terlihat lebih padat.

Untuk wajah persegi atau kotak, jilbab dengan rounded shape/bulat lebih cocok bagi Anda. Sebab wajah Anda bisa terbingkai dan membentuk kesan oval. Sedangkan wajah dengan dahi lebar, hijab memakai inner yang menutupi bagian luar sisi kanan dan kiri jidat paling cocok buat Anda.

3. Sesuaikan dengan warna kulit

Jika kulit Anda putih, mayoritas warna jilbab cocok buat Anda. Meskipun demikian, lebih baik menghindari warna putih agar tidak terkesan pucat. Untuk warna kulit kuning langsat, juga banyak warna yang cocok. Namun, perlu dihindari warna-warna bernuansa keemasan seperti orange, cokat dan karamel.

Jika wajah Anda sawo matang, warna yang lebih cocok adalah warana gelap terutama biru tua, maroon, ungu serta hitam. Sedangkan untuk wajah berwarna gelap, hijab dengan warna lembut dan netral akan membuat wajah kelihatan lebih cerah.

4. Pilih bahan yang tepat

Untuk acara-acara santai, Anda bisa memilih hijab dari katun atau model kaos. Jenis kain ini mudah menyerap keringat dan relatif terasa dingin. Demikian pula dengan Jersey.

Hijab dari bahan bahan sifon bersifat ringan, tipis dan mengembang. Cocok bagi Anda yang suka menata kain. Namun karena tipis, Anda perlu mempertimbangkan memakai dalaman kerudung untuk memastikan hijab Anda dapat menutup kepala dan rambut dengan baik.

Hijab dari bahan viscose cocok untuk jilbab besar dan tebal, karena jenis kain ini tidak mudah pengap. Sedangkan Anda yang ingin hijab ‘mewah’, hijab dari satin adalah pilihan yang cocok. Sedangkan untuk cuaca dingin, kain rajut bisa menjadi alternatif pilihan.

Dengan 4 pertimbangan itu, mungkin ribet juga bagi Anda ya? Ternyata tidak. Seperti dikemukakan di awal, Anda tidak perlu menghabiskan waktu lama menempuh perjalanan dan antre di toko konvensional. Anda bisa browsing di toko online untuk memilih hijab yang paling cocok buat Anda. Salah satunya, Anda bisa melihat berbagai jenis hijab tersebut di Lazada Indonesia.

Demikian tips memilih hijab bagi pemula, semoga bermanfaat. [Aqsa/webmuslimah.com]

Artikel sebelumnyaDicium Suami Saat Puasa, Bolehkah?
Artikel berikutnyaBerpuasa Tapi Tak Berjilbab, Bagaimana Hukumnya?
Jurnalis dan penulis kabar muslimah untuk Webmuslimah.com

1 KOMENTAR

BERIKAN TANGGAPAN

Please enter your comment!
Please enter your name here