Beranda Ilmu Islam Fiqih Doa Iftitah Paling Pendek, Tapi Malaikat Berebut Mencatat

Doa Iftitah Paling Pendek, Tapi Malaikat Berebut Mencatat

0
doa iftitah pendek

Ada doa iftitah yang sangat pendek dan mudah dihafal. Bahkan ini adalah doa iftitah paling pendek. Namun keutamaannya sangat dahsyat hingga mengundang 12 malaikat untuk berebut mencatat.

Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu meriwayatkan kisah keajaiban doa iftitah paling pendek tersebut.

Malaikat Berebut Mencatat

عَنْ أَنَسٍ أَنَّ رَجُلاً جَاءَ فَدَخَلَ الصَّفَّ وَقَدْ حَفَزَهُ النَّفَسُ فَقَالَ الْحَمْدُ لِلَّهِ حَمْدًا كَثِيرًا طَيِّبًا مُبَارَكًا فِيهِ. فَلَمَّا قَضَى رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- صَلاَتَهُ قَالَ أَيُّكُمُ الْمُتَكَلِّمُ بِالْكَلِمَاتِ. فَأَرَمَّ الْقَوْمُ فَقَالَ أَيُّكُمُ الْمُتَكَلِّمُ بِهَا فَإِنَّهُ لَمْ يَقُلْ بَأْسًا. فَقَالَ رَجُلٌ جِئْتُ وَقَدْ حَفَزَنِى النَّفَسُ فَقُلْتُهَا. فَقَالَ لَقَدْ رَأَيْتُ اثْنَىْ عَشَرَ مَلَكًا يَبْتَدِرُونَهَا أَيُّهُمْ يَرْفَعُهَا

Dari Anas bahwa seorang laki-laki datang dan masuk shaff (barisan) sementara nafasnya masih terengah-engah. Lalu laki-laki itu mengucapkan; “Alhamdulillaahi hamdan katsiiron thoyyiban mubaarokan fiih.”

Seusai shalat, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bertanya: “Siapakah diantara kalian yang mengucapkan kalimat tadi?”

Para sahabat terdiam. Beliau mengulangi pertanyaannya; “Siapakah yang mengucapkan kalimat tadi, karena hal itu tidak masalah baginya.”

Lantas laki-laki itu menjawab; “Saya tadi datang, sementara nafasku masih ternegah-engah, maka kuucapkan kalimat itu.”

Beliau bersabda: “Tadi aku melihat dua belas malaikat berebut mengangkat ucapan itu.” (HR. Muslim)

Bersegeranya para malaikat untuk mencatat doa ini, bahkan berebut dan beradu cepat, menunjukkan betapa mulianya doa iftitah tersebut. Betapa agung kandungan maknanya dan betapa istimewa kedudukannya di hadapan Allah Subhanahu wa Ta’ala. Meskipun bacaannya sangat singkat.

Maka bagi yang kesulitan menghafal doa iftitah yang panjang, bisa membaca doa iftitah pendek ini dalam sholatnya. Semula doa iftitah ini dibaca oleh sahabat tersebut, bukan diajarkan Rasulullah. Namun Rasulullah kemudian melegitimasi doa ini dan memujinya.

Baca juga: Doa Sholat Dhuha

Bacaan Doa Iftitah Paling Pendek

Jadi doa iftitah paling pendek tersebut adalah:

الْحَمْدُ لِلَّهِ حَمْدًا كَثِيرًا طَيِّبًا مُبَارَكًا فِيهِ

(Alhamdulillaahi hamdan katsiiron thoyyiban mubaarokan fiih)

doa iftitah paling pendek

Artinya: Segala puji bagi Allah dengan pujian yang banyak, baik dan penuh berkah.

Yang perlu diketahui, banyak doa iftitah yang diajarkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Dalam kitab-kitab hadits bisa didapati beragam doa iftitah.

Delapan doa iftitah berikut sebagian keutamaannya bisa dibaca di artikel Doa Iftitah

BERIKAN TANGGAPAN

Please enter your comment!
Please enter your name here