Home Tazkiyah Renungan Lima Manusia Bejat yang Dilihat Nabi Muhammad Saat Isra Miraj

Lima Manusia Bejat yang Dilihat Nabi Muhammad Saat Isra Miraj

2440
0
SHARE
manusia bejat
ilustrasi (Youtube)

Tak hanya melihat keindahan sidratul muntaha dan mendapat perintah sholat lima waktu, dalam peristiwa isra miraj Rasulullah juga diperlihatkan surga dan neraka.

Saat diperlihatkan neraka, beliau melihat lima manusia bejat dengan siksa pedih sesuai amal-amal buruknya. Siapa saja mereka dan bagaimana bentuk hukumannya? Ini rangkuman dari Sirah Nabawiyah Ar Rahiqul Makhtum karya Syaikh Shafiyyurrahman Al Mubarakfuri dan Sirah Rasulullah karya Syaikh Ali Muhammad Ash Shalabi.

Suka Ghibah

Rasulullah melihat orang-orang yang memakan bangkai busuk. Lebih ngeri lagi, Malaikat Jibril menjelaskan bahwa bangkai busuk yang dimakan orang-orang itu adalah bangkai manusia.

Aduhai siapakah mereka yang siksanya begitu menjijikkan itu? Rasulullah diberitahu, mereka adalah orang-orang yang suka ghibah.

Pemakan harta anak yatim

Rasulullah melihat orang-orang yang memiliki bibir-bibir yang besar. Di tangan mereka ada batu-batu api yang menyala-nyala. Lalu batu-batu api dilemparkan ke dalam mulut mereka hingga keluar dari duburmereka.

Malaikat Jibril menjelaskan, mereka adalah orang yang memakan harta anak yatim secara zalim. Tak bisa kita bayangkan betapa pedih siksanya. Na’udzubillah.

Pemakan riba

Rasulullah juga melihat orang-orang yang perutnya membuncit. Di dalam perut itu terdapat banyak sekali ular yang kelihatan karena perutnya transparan.

“Mereka adalah orang-orang yang memakan harta riba,” kata Malaikat Jibril menjelaskan.

Pezina

Rasulullah diperlihatkan orang-orang yang di tangan mereka ada daging gemuk dan segar. Di sampingnya ada daging busuk dan bernanah. Anehnya, mereka memilih memakan daging yang busuk dan bernanah tersebut.

Duhai siapakah mereka yang mendapat siksa pedih lagi menjijikkan ini? Malaikat Jibril menjelaskan, mereka adalah para pezina.

Wanita yang tak menjaga kehormatan

Rasulullah juga melihat wanita-wanita yang bergelantungan pada buah dada mereka. Siapa mereka yang dihukum dengan siksaan demikian? Rupanya mereka adalah para wanita yang suka membawa masuk para lelaki asing.

Pembahasan lengkap mulai kronologi hingga hikmah isra’ mi’raj bisa dibaca di Isra Miraj

Jika pemandangan neraka demikian menakutkan, gambaran pahala kebaikan yang dilihat Rasulullah saat isra miraj sangatlah indah.

Di antaranya beliau diperlihatkan suatu kaum yang mereka menanam tumbuhan dalam satu hari dan langsung memanen hasilnya pada hari itu juga. Setiap kali mereka memanen tumbuhan tersebut, tumbuh tumbuhan baru yang siap untuk dipanen.

“Mereka adalah orang-orang yang berjihad di jalan Allah. Dilipatgandakan bagi mereka kebaikan sebanyak 700 kali lipat. Setiap yang mereka nafkahkan, Allah menggantinya,” Jibril menerangkan. [Muchlisin BK/WebMuslimah]

SHARE
Artikel sebelumnyaSholat Tapi Celaka, Ini Empat Penyebabnya
Artikel berikutnyaJam Berapa Waktu Sholat Dhuha? Ini Penjelasan Gamblang Ustadz Abdul Somad
CEO BedaMedia Grup, Inspirator di Trustco Gresik, Sekretaris Yayasan (Pendidikan) Al Ummah

BERIKAN TANGGAPAN

Please enter your comment!
Please enter your name here