Beranda Ilmu Islam Fiqih Perbedaan Qiyamul Lail dan Tahajud, Harus Tidur Dulu?

Perbedaan Qiyamul Lail dan Tahajud, Harus Tidur Dulu?

0
perbedaan qiyamul lail dan tahajud

Ada dua istilah yang mirip dan sering ditanyakan yakni qiyamul lail dan sholat tahajud. Apa perbedaan qiyamul lail dan tahajud, serta haruskah sholat tahajud didahului tidur dulu?

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman mengenai sholat tahajud:

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

“Dan pada sebagian malam hari bertahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al Israa’: 79)

Awalnya, sholat tahajud wajib bagi kaum muslimin. Setelah turun perintah sholat lima waktu, sholat ini menjadi sunnah muakkadah (sunnah yang sangat dianjurkan) bagi kaum muslimin. Sedangkan khusus bagi Rasulullah, sholat tahajud hukumnya tetap wajib sehingga senantiasa mengerjakannya.

Istilah qiyamul lail ada dalam sejumlah hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Di antaranya adalah sabda beliau:

أَفْضَلُ الصَّلَاةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ قِيَامُ اللَّيْلِ

“Sholat yang paling afdhol setelah sholat fardhu adalah qiyamul lail” (HR. An Nasa’i)

Juga sabda beliau:

وَاعْلَمْ أَنَّ شَرَفَ الْـمُؤْمِنِ قِيَامُهُ بِاللَّيْلِ

“Dan ketahuilah, bahwa kemuliaan dan kewibawaan seorang mukmin itu ada pada shalat malamnya” (HR. Hakim; hasan)

Jadi, apa perbedaan qiyamul lail dan tahajud?

Perbedaan Qiyamul Lail dan Tahajud dalam Buku Terapi Tahajud

Abu Muhammad Al Isfari dalam buku Terapi Tahajjud 90 Hari Tanpa Henti menjelaskan perbedaan qiyamul lail dan tahajud, sebagai berikut:

Qiyamul lail adalah sholat malam yang dilakukan setelah sholat isya’ sebelum tidur. Jadi, bisa dilakukan pada awal malam atau sepertiga malam pertama bahkan sampai waktu sahur. Dengan ketentuan tidak tidur terlebih dahulu.

Tahajud adalah sholat malam yang dilakukan selepas isya’ setelah bangun tidur. Walau hanya beberapa saat saja setelah tidur, maka sholat malam ini dinamakan sholat tahajud. Ath Thabari berkata, “yang disebut tahajjud adalah terjaga setelah tidur.”

Baca juga: Waktu Sholat Dhuha

Perbedaan Qiyamul Lail dan Tahajud menurut Ustadz Adi Hidayat

Ustadz Adi Hidayat menjelasakan, sholat malam yang terbentang dari ba’da isya’ hingga tengah malam bahkan akhir malam tanpa didahului tidur dulu disebut qiyamul lail.

“Jika Anda khawatir tidak bisa bangun, mungkin karena lelah setelah bekerja seharian, Anda bisa mengambil alternatif pertama ini. Setelah ba’diyah Isya’ sholat malam. Ini termasuk qiyamul lail. Dua rakaat, empat rakaat, semampu Anda,” terang Ustadz Adi Hidayat dalam sebuah kajian yang videonya telah beredar di Youtube.

Demikian pula ketika sedang begadang karena shift malam atau lembur lalu ingin sholat sunnah di tengah malam atau akhir malam itu, ini juga termasuk qiyamul lail.

Tidur berbaring dalam bahasa Arab disebut hajada. Jika Anda ingin bangun setelah berbaring, tambahkan ta’ di depannya, menjadi tahajada. Jika Anda serius bangkit setelah berbaring itu, tambahkan tasydid menjadi tahajjada. Jika menjadi kebiasaan, maka berubah kalimatnya menjadi tahajjud. Bentuk perintahnya menjadi tahajjad, sebagaimana Surat Al Isra’ ayat 79.

Dari situlah muncul istilah sholat tahajud, yakni sholat yang ditunaikan setelah tidur berbaring. Umumnya dikerjakan mulai tengah malam sampai akhirnya.

Jadi, perbedaan qiyamul lail dan tahajud adalah, qiyamul lail tanpa didahului tidur dulu, sedangkan sholat tahajud didahului dengan tidur dulu. Qiyamul lail bisa dilakukan di awal malam, tengah malam maupun akhir malam. Sholat tahajud umumnya dikerjakan pada tengah malam hingga akhir malam.

Sebagaimana hadits di atas, sholat tahajud bisa termasuk qiyamul lail, namun tidak semua qiyamul lail merupakan sholat tahajud. Wallahu a’lam bish shawab. [Muchlisin BK/WebMuslimah]

Pembahasan detil sholat tahajud mulai dari tata cara, niat dan keutamaan bisa dibaca di artikel Tata Cara Sholat Tahajud

Artikel sebelumnyaIsi Kandungan Surat Al Falaq dan Terjemahan
CEO BedaMedia Grup, Inspirator di Trustco Gresik, Sekretaris Yayasan (Pendidikan) Al Ummah

BERIKAN TANGGAPAN

Please enter your comment!
Please enter your name here