Beranda Al Qur'an Tafsir Isi Kandungan Surat Al Qariah dan Terjemahan

Isi Kandungan Surat Al Qariah dan Terjemahan

Surat Al Qariah

Surat Al Qariah (القارعة) adalah surat ke-101 dalam Al Quran. Ia merupakan surat Makkiyah. Apa saja isi kandungan surat Al Qariah, berikut ini penjelasannya.

Terjemahan Surat Al Qariah

الْقَارِعَةُ . مَا الْقَارِعَةُ . وَمَا أَدْرَاكَ مَا الْقَارِعَةُ . يَوْمَ يَكُونُ النَّاسُ كَالْفَرَاشِ الْمَبْثُوثِ . وَتَكُونُ الْجِبَالُ كَالْعِهْنِ الْمَنْفُوشِ . فَأَمَّا مَنْ ثَقُلَتْ مَوَازِينُهُ . فَهُوَ فِي عِيشَةٍ رَاضِيَةٍ . وَأَمَّا مَنْ خَفَّتْ مَوَازِينُهُ . فَأُمُّهُ هَاوِيَةٌ . وَمَا أَدْرَاكَ مَا هِيَهْ . نَارٌ حَامِيَةٌ

(Al qoori’ah. Mal qoori’ah. Wa maa adrooka mal qoori’ah. Yauma yakuunun naasu kal faroosyil mabtsuuts. Wa takuunul jibaalu kal ‘ihnil manfuusy. Fa ammaa man tsaqulat mawaaziinuh. Fahuwa fii ‘iisyatir roodliyah. Wa ammaa man khoffat mawaaziinuhu. Fa ummuhuu haawiyah. Wa maa adrooka maahiyah. Naarun haamiyah)

Artinya:
Hari Kiamat, apakah hari Kiamat itu? Tahukah kamu apakah hari Kiamat itu? Pada hari itu manusia adalah seperti anai-anai yang bertebaran, dan gunung-gunung adalah seperti bulu yang dihambur-hamburkan. Dan adapun orang-orang yang berat timbangan (kebaikan)nya, maka dia berada dalam kehidupan yang memuaskan. Dan adapun orang-orang yang ringan timbangan (kebaikan)nya, maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah. Tahukah kamu apakah neraka Hawiyah itu? (Yaitu) api yang sangat panas. (QS. Al Qariah: 1-11)

Baca juga: Isi Kandungan Surat At Takatsur

Sekilas Keterangan Surat Al Qariah

Surat Al Qariah terdiri dari 11 ayat. Dinamakan surat Al Qari’ah yang berarti hari kiamat. Nama surat ini diambil dari ayat pertama. Al Qari’ah merupakan satu-satunya nama surat ini. Tidak ada nama lainnya.

Dari urutan turunnya kepada Rasulullah, Surat Al Qariah merupakan surat ke-30. Yakni turun setelah Surat Quraisy, sebelum Surat Al Qiyamah.

Sedangkan secara urutan mushaf, Al Qariah merupakan surat ke-101. Yakni setelah Surat Al Adiyat. Jika surat Al Adiyat diakhiri dengan uraian tentang hari kiamat, surat ini juga berbicara tentang hari kiamat sejak awalnya. Jika surat Al Adiyat diakhiri dengan isyarat pertanyaan kapan terjadinya itu, surat ini menjelaskan bahwa ia akan terjadi pada hari kiamat yang disebut Al Qari’ah, yakni suara keras yang memekakkan telinga.

Isi Kandungan Surat Al Qariah

Berikut ini isi kandungan surat Al Qariah yang kami sarikan dari sejumlah tafsir. Yakni Tafsir Al Qur’anil ‘Adhim karya Ibnu Katsir, Tafsir Al Munir karya Syaikh Wahbah Az Zuhaili, Tafsir Fi Zilalil Quran karya Sayyid Qutb dan Tafsir Al Azhar karya Buya Hamka. Juga Awwal Marrah at-Tadabbar al-Qur’an karya Syaikh Adil Muhammad Khalil dan Khawatir Qur’aniyah karya Syaikh Amru Khalid.

1. Surat Al Qariah menjelaskan dahsyatnya hari kiamat. Demikian dahsyatnya hingga kata Al Qariah -yang merupakan salah satu nama lain kiamat- diulang tiga kali, untuk mengingatkan manusia agar ingat bahwa nanti akan terjadi hari kiamat.

2. Pada hari kiamat, manusia laksana anai-anai yang bertebaran; lemah, bingung, hancur, tak tentu arah.

3. Pada hari kiamat, gunung-gunung meletus dan berhamburan laksana bulu yang dihambur-hamburkan.

4. Setelah hari kiamat, ada yaumul mizan. Hari ditimbangnya amal manusia.

5. Orang-orang yang berat timbangan amal kebaikannya, tempat kembalinya adalah surga. Mereka mendapatkan kehidupan yang memuaskan dan penuh kenikmatan di dalamnya.

6. Sebaliknya, orang-orang yang ringan timbangan amal kebaikannya, tempat kembalinya adalah neraka. Mereka mendapatkan kehidupan yang menyusahkan di dalamnya, dengan siksa api yang menyala-nyala.

Demikian isi kandungan Surat Al Qariah. Semoga bermanfaat mengingatkan dahsyatnya hari kiamat sehingga kita mempersiapkan bekal menghadapinya hingga berat timbangan amal kebaikan dan surga menjadi tempat kembali kita. Wallahu a’lam bish shawab. [Muchlisin BK ~ WebMuslimah]

*Untuk tafsir lengkap dan asbabun nuzul, bisa dibaca di artikel Surat Al Qariah

BERIKAN TANGGAPAN

Please enter your comment!
Please enter your name here