Beranda Ilmu Islam Al Qur'an Isi Kandungan Surat Al Isra Ayat 32 dan Terjemahan

Isi Kandungan Surat Al Isra Ayat 32 dan Terjemahan

0
isi kandungan surat al isra ayat 32

Surat Al Isra (الإسراء) adalah surat ke-17 dalam Al Quran. Apa saja isi kandungan surat Al Isra ayat 32, berikut ini penjelasannya.

Terjemahan Surat Al Isra Ayat 32

وَلَا تَقْرَبُوا الزِّنَا ۖ إِنَّهُ كَانَ فَاحِشَةً وَسَاءَ سَبِيلًا

Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk. (QS. Al Isra: 32)

Baca juga: Isi Kandungan Surat An Nisa Ayat 59

Intisari Tafsir Surat Al Isra Ayat 32

Surat Al Isra ayat 32 melarang zina dengan larangan yang sangat keras. Jika banyak hal haram dilarang, zina bukan hanya dilarang namun juga dilarang mendekatinya.

Ibnu Katsir menjelaskan, “Allah melarang hamba-hambaNya berbuat zina, begitu pula mendekatinya dan melakukan hal-hal yang mendorong dan menyebabkan terjadinya perzinaan.”

“Jangan dekati zina! Artinya, segala sikap dan tingkah laku yang dapat membawa kepada zina janganlah dilakukan. Hendaklah dijauhi!” tulis Buya Hamka dalam Tafsir Al Azhar.

Zina adalah perbuatan keji dan sangat buruk. Syaikh Wahbah Az Zuhaili menjelaskan, faahisyah (فاحشة) adalah perbuatan yang sangat keji. Sedangkan saa’a sabiilaa (ساء سبيلا) adalah jalan yang sangat buruk karena ia merupakan pelanggaran terhadap kehormatan yang mengakibatkan tercampur dan terputusnya nasab serta mengakibatkan kekacauan di masyarakat.

Baca juga: Ayat Kursi

Isi Kandungan Surat Al Isra Ayat 32

Berikut ini isi kandungan Surat Al Isra ayat 32 yang kami sarikan dari sejumlah tafsir. Yakni Tafsir Al Qur’anil ‘Adhim karya Ibnu Katsir, Tafsir Al Munir karya Syaikh Wahbah Az Zuhaili, Tafsir Fi Zilalil Quran karya Sayyid Qutb dan Tafsir Al Azhar karya Buya Hamka.

  1. Surat Al Isra ayat 32 melarang mendekati zina. Bukan hanya melarang zina, seluruh perbuatan yang bisa menjadi sarana dan mendekatkan zina juga tegas dilarang.
  • Islam adalah agama yang sangat memahami manusia sehingga ia mengutamakan tindakan preventif untuk menutup kerusakan. Larangan mendekati zina adalah tindakan preventif agar manusia tidak terjerumus ke perzinaan.
  • Zina adalah perbuatan yang sangat keji dan sangat buruk. Di antara keburukannya, ia merupakan pelanggaran terhadap kehormatan yang mengakibatkan tercampur dan terputusnya nasab serta mengakibatkan kekacauan di masyarakat.

Demikian isi kandungan Surat Al Isra ayat 32. Semoga bermanfaat dan mengokohkan komitmen kita menjaga syariat-Nya. Wallahu a’lam bish shawab. [Muchlisin BK/WebMuslimah]

*Untuk tafsir lengkap, bisa dibaca di artikel Surat Al Isra ayat 32

BERIKAN TANGGAPAN

Please enter your comment!
Please enter your name here