Beranda Tazkiyah Fadhilah 8 Amal Bulan Dzulhijjah yang Pahalanya Melebihi Jihad fi Sabilillah

8 Amal Bulan Dzulhijjah yang Pahalanya Melebihi Jihad fi Sabilillah

0
amal bulan dzulhijjah

Setiap muslimah pasti ingin mendapatkan pahala berlimpah. Tidak kalah dari muslim laki-laki. Bulan Dzulhijjah adalah kesempatan emas untuk mengejar pahala, bahkan bisa melebihi jihad fi sabilillah.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

مَا مِنْ أَيَّامٍ الْعَمَلُ الصَّالِحُ فِيهِنَّ أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ مِنْ هَذِهِ الأَيَّامِ الْعَشْرِ. فَقَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ وَلاَ الْجِهَادُ فِى سَبِيلِ اللَّهِ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم-  وَلاَ الْجِهَادُ فِى سَبِيلِ اللَّهِ إِلاَّ رَجُلٌ خَرَجَ بِنَفْسِهِ وَمَالِهِ فَلَمْ يَرْجِعْ مِنْ ذَلِكَ بِشَىْءٍ

“Tidak ada hari yang amal shalih lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari yang sepuluh ini (10 hari pertama Dzulhijjah).” Para sahabat bertanya: “Apakah lebih baik daripada jihad fi sabiilillaah ?” Beliau bersabda, “Ya. Lebih baik daripada jihad fii sabiilillaah, kecuali seseorang yang keluar berjihad dengan harta dan jiwa raganya kemudian dia tidak pernah kembali lagi (mati syahid).” (HR. Tirmidzi dan Abu Daud; shahih)

Hadits ini berlaku baik untuk muslim laki-laki ataupun untuk para muslimah. 10 hari pertama bulan Dzulhijjah sangat istimewa, beramal shalih di dalamnya bisa melebihi jihad fi sabilillah.

Lalu amal apa yang perlu dilakukan di bulan Dzulhijjah khususnya 10 hari pertama, selain amalan wajib yang biasa dilakukan seperti sholat lima waktu? Berikut ini 8 amal di bulan Dzulhijjah bagi muslimah yang tidak sedang berhaji:

1. Dzikir

Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam menganjurkan untuk banyak berdzikir pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah.

مَا مِنْ أَيَّامٍ أَعْظَمَ عِنْدَ اللَّهِ وَلاَ أَحَبَّ إِلَيْهِ مِنَ الْعَمَلِ فِيهِنَّ مِنْ هَذِهِ الأَيَّامِ الْعَشْرِ فَأَكْثِرُوا فِيهِنَّ مِنَ التَّهْلِيلِ وَالتَّكْبِيرِ وَالتَّحْمِيدِ

“Tidak ada hari yang lebih agung di sisi Allah dan lebih dicintaiNya daripada 10 hari ini. Maka perbanyaklah tahlil, takbir, dan tahmid di hari-hari tersebut.” (HR. Ahmad; Shahih)

Dzikir ini bisa dilakukan di mana dan kapan saja. Bahkan para Sahabat Nabi sengaja melakukannya di tempat-tempat keramaian seperti pasar.

Imam Bukhari meriwayatkan, Ibnu Umar dan Abu Hurairah senantiasa keluar ke pasar-pasar pada 10 hari pertama Dzulhijjah. Mereka bertakbir, dan orang-orang pun ikut bertakbir karena mendengar takbir dari mereka.

2. Tilawah

Membaca Al Quran adalah dzikir yang paling utama. Karenanya memperbanyak membaca Al Quran pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah termasuk amal shalih yang pahalanya besar dan dicintai Allah.

القرآن أفضل الذكر

“Al Qur’an adalah sebaik-baik dzikir.” (HR. Ibnu Khuzaimah, Shahih)

3. Puasa

Memperbanyak puasa pada 9 hari pertama bulan Dzulhijjah termasuk cara mengoptimalkan waktu istimewa yang dicintai Allah ini.

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَصُومُ تِسْعَ ذِى الْحِجَّةِ وَيَوْمَ عَاشُورَاءَ وَثَلاَثَةَ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ أَوَّلَ اثْنَيْنِ مِنَ الشَّهْرِ وَالْخَمِيسَ

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berpuasa pada sembilan hari awal Dzulhijah, pada hari ‘Asyura’ (10 Muharram), berpuasa tiga hari setiap bulannya, awal bulan di hari Senin dan Kamis.” (HR. Abu Daud dan An Nasa’i; shahih)

4. Puasa Tarwiyah

Yakni puasa pada tanggal 8 Dzulhijjah. Jika pada tanggal 1 hingga 7 Dzulhijjah kesulitan puasa, sebaiknya tidak ketinggalan puasa pada tanggal 8 Dzulhijjah (Puasa Tarwiyah) dan tanggal 9 Dzulhijjah (Puasa Arafah).

5. Puasa Arafah

Inilah puasa yang sangat dianjurkan (sunnah muakkadah) dan menjadi salah satu amal utama pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah. Keutamaan puasa Arafah, ia bisa menghapus dosa setahun sebelumnya dan setahun berikutnya.

وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَرَفَةَ فَقَالَ يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ وَالْبَاقِيَةَ

Rasulullah ditanya tentang puasa Arafah, beliau bersabda: “Menghapuskan dosa satu tahun yang lalu dan satu tahun yang akan datang.” (HR. Muslim)

6. Sholat Idul Adha

Meskipun jumhur ulama berpendapat sholat idul adha bagi muslimah hukumnya sunnah, jangan sampai ketinggalan sholat ini. Rasulullah memerintahkan seluruh kaum muslimin termasuk wanita dan anak-anak untuk mengikuti sholat id.

Dari Ummu Athiyyah radhiyallahu ‘anha,

أَمَرَنَا رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ أَنْ نُخْرِجَ فِيْ عِيْدَيْنِ العَوَاطِقَ وَالْحُيَّضَ لِيَشْهَدْناَ الخَيْرَ وَدَعْوَةَ الْمُسْلِمِيْنَ وَتَعْتَزِلَ الْحُيَّضُ الْمُصَلِّى

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan kami keluar menghadiri shalat ‘id bersama budak-budak perempuan dan perempuan-perempuan yang sedang haid untuk menyaksikan kebaikan-kebaikan dan mendengarkan khuthbah. Namun beliau menyuruh perempuan yang sedang haid menjauhi tempat shalat.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Panduan sholat idul adha mulai dari tata cara, niat hingga sunnah-sunnahnya bisa dibaca di artikel Sholat Idul Adha.

7. Berqurban

Ini juga amal khusus pada bulan Dzulhijjah. Yakni berqurban pada idul adha atau hari tasyrik.

عَنْ عَائِشَةَ أَنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ « مَا عَمِلَ ابْنُ آدَمَ يَوْمَ النَّحْرِ عَمَلاً أَحَبَّ إِلَى اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ مِنْ هِرَاقَةِ دَمٍ وَإِنَّهُ لَيَأْتِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ بِقُرُونِهَا وَأَظْلاَفِهَا وَأَشْعَارِهَا وَإِنَّ الدَّمَ لَيَقَعُ مِنَ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ بِمَكَانٍ قَبْلَ أَنْ يَقَعَ عَلَى الأَرْضِ فَطِيبُوا بِهَا نَفْسًا »

Dari ‘Aisyah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidaklah pada hari nahr (idul adha) manusia beramal suatu amalan yang lebih dicintai oleh Allah daripada mengalirkan darah dari hewan qurban. Ia akan datang pada hari kiamat dengan tanduk, kuku, rambut hewan qurban tersebut. Dan sungguh, darah tersebut akan sampai kepada (ridha) Allah sebelum tetesan darah tersebut jatuh ke bumi, maka bersihkanlah jiwa kalian dengan berkurban.” (HR. Ibnu Majah, dan Tirmidzi)

8. Qiyamul lail

Yakni menghidupkan malam karena 10 malam pertama bulan Dzulhijjah adalah waktu istimewa yang Allah bersumpah dengannya.

وَالْفَجْرِ وَلَيَالٍ عَشْرٍ

“Demi fajar, dan malam yang sepuluh” (Qs. Al Fajr: 1-2)

Menghidupkan malam di sini adalah dengan memperbanyak ibadah malam khususnya sholat tahajud, sholat witir, dzikir, doa, istighfar serta ibadah lainnya.

Demikian 8 amal bulan Dzulhijjah bagi muslimah pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah. Semoga  diridhai Allah dan diberiNya pahalanya melebihi jihad fi sabilillah. [WebMuslimah]

BERIKAN TANGGAPAN

Please enter your comment!
Please enter your name here