Beranda Ilmu Islam Al Qur'an Isi Kandungan Surat Al Humazah dan Terjemahan

Isi Kandungan Surat Al Humazah dan Terjemahan

isi kandungan surat al humazah

Surat Al Humazah (الهمزة) adalah surat ke-104 dalam Al Quran. Ia merupakan surat Makkiyah. Apa saja isi kandungan surat Al Humazah, berikut ini penjelasannya.

Terjemahan Surat Al Humazah

وَيْلٌ لِكُلِّ هُمَزَةٍ لُمَزَةٍ . الَّذِي جَمَعَ مَالًا وَعَدَّدَهُ . يَحْسَبُ أَنَّ مَالَهُ أَخْلَدَهُ . كَلَّا لَيُنْبَذَنَّ فِي الْحُطَمَةِ . وَمَا أَدْرَاكَ مَا الْحُطَمَةُ . نَارُ اللَّهِ الْمُوقَدَةُ . الَّتِي تَطَّلِعُ عَلَى الْأَفْئِدَةِ . إِنَّهَا عَلَيْهِمْ مُؤْصَدَةٌ . فِي عَمَدٍ مُمَدَّدَةٍ

(Wailul likulli humazatil lumazah. Alladzii jama’a maalaaw wa’addadah. Yahsabu anna maalahuu akhladah. Kallaa layumbadzanna fil huthomah. Wamaa adrooka mal huthomah. Naarulloohil muuqodah. Allatii taththoli’u ‘alal af’idah. Innahaa ‘alaihim mu’shodah. Fii ‘amadim mumaddadah)

Artinya:
Kecelakaanlah bagi setiap pengumpat lagi pencela, yang mengumpulkan harta dan menghitung-hitung, dia mengira bahwa hartanya itu dapat mengekalkannya, sekali-kali tidak! Sesungguhnya dia benar-benar akan dilemparkan ke dalam Huthamah. Dan tahukah kamu apa Huthamah itu? (yaitu) api (yang disediakan) Allah yang dinyalakan, yang (membakar) sampai ke hati. Sesungguhnya api itu ditutup rapat atas mereka, (sedang mereka itu) diikat pada tiang-tiang yang panjang. (QS. Al Humazah: 1-9)

Baca juga: Isi Kandungan Surat Al Fil

Nama-nama Surat Al Humazah

Surat ini dinamakan surat Al Humazah yang berarti pengumpat. Diambil dari ayat pertama dalam surat ini. Dinamakan pula surat Wail li kulli humazah. Juga diambilkan dari ayat pertama.

Nama lainnya adalah Surat Al Huthamah, yang disebutkan pada ayat 4 dan 5. Artinya adalah neraka yang menghancurkan.

Surat Al Humazah, menurut Muqatil, turun mengenai Walid bin Mughirah. Dia selalu menggunjing Rasulullah ketika tidak berada di hadapan beliau dan mencela ketika berada di hadapan beliau.

Menurut pendapat lain, ada lebih banyak humazah dan lumazah, bukan hanya Walid bin Mughirah.

“Surat ini turun mengenai Akhnas bin Syariq, Ash bin Wail, Jaamil bin Mu’ammar, Walid bin Mughirah atau Umayyah bin Khalaf. Itu beberapa pendapat yang ada. Mungkin juga surat ini turun mengenai mereka semua. Dengan demikian, secara umum surat ini ditujukan kepada semua orang yang memiliki sifat-sifat ini,” terang Abu Hayyan.

Ibnu Katsir menafsirkan, humazah mencela dengan ucapan. Sedangkan lumazah mengejek dengan perbuatan.

Syaikh Wahbah Az Zuhaili dalam Tafsir Al Munir dijelaskan, humazah adalah menggunjing dan mencela kehormatan manusia. Sedangkan lumazah artinya menghina, biasanya dengan isyarat alis, mata dan tangan.

Baca juga: Ayat Kursi

Isi Kandungan Surat Al Humazah

Berikut ini isi kandungan surat Al Humazah yang kami sarikan dari sejumlah tafsir. Yakni Tafsir Al Qur’anil ‘Adhim karya Ibnu Katsir, Tafsir Al Munir karya Syaikh Wahbah Az Zuhaili, Tafsir Fi Zilalil Quran karya Sayyid Qutb dan Tafsir Al Azhar karya Buya Hamka.

1. Surat Al Humazah berisi ancaman kepada para pengumpat dan pencela bahwa mereka pasti akan celaka.

2. Pengumpat dan pencela yang nantinya mendapatkan kecelakaan itu adalah orang-orang yang mengumpulkan harta dan setiap saat menghitung-hitungnya karena begitu cintanya kepada dunia. Bahkan karena cintanya pada harta ia merasa lebih baik dari orang lain sehingga suka mencaci dan mencela.

3. Orang yang telah tertipu dengan harta dan begitu mencintai dunia, merasa bahwa ia akan kekal selamanya dengan hartanya itu. Ia merasa selamanya akan berkuasa dengan hartanya. Ia pun tidak menyiapkan bekal menghadapi kematian.

4. Allah menyiapkan siksa pedih untuk para pengumpat dan pencela yang begitu mencintai dunia dan merasa dengan hartanya akan kekal selamanya.

5. Siksa kepada mereka berupa neraka jahannam yang apinya sangat menghancurkan. Membakar seluruh badannya hingga hatinya yang menjadi tempat kemusyrikan dan segala kedurhakaan.

6. Dengan Surat Al Humazah ini, Allah mengingatkan hamba-Nya agar tidak terjangkiti penyakit moral yang hina dina seperti suka mengumpat dan mencela, suka mencaci dan memaki.

Demikian isi kandungan Surat Al Humazah. Semoga bermanfaat dan menjadikan kita semakin kokoh di atas iman dan akhlak mulia. Wallahu a’lam bish shawab. [Muchlisin BK/WebMuslimah]

*Untuk tafsir lengkap, keutamaan dan asbabun nuzul, bisa dibaca di artikel Surat Al Humazah

BERIKAN TANGGAPAN

Please enter your comment!
Please enter your name here