Beranda Ilmu Islam Al Qur'an Isi Kandungan Surat Al Fil dan Terjemahan

Isi Kandungan Surat Al Fil dan Terjemahan

isi kandungan surat al fil

Surat Al Fil (الفيل) adalah surat ke-105 dalam Al Quran. Ia merupakan surat Makkiyah. Apa saja isi kandungan surat Al Fil, berikut ini penjelasannya.

Terjemahan Surat Al Fil

أَلَمْ تَرَ كَيْفَ فَعَلَ رَبُّكَ بِأَصْحَابِ الْفِيلِ . أَلَمْ يَجْعَلْ كَيْدَهُمْ فِي تَضْلِيلٍ . وَأَرْسَلَ عَلَيْهِمْ طَيْرًا أَبَابِيلَ . تَرْمِيهِمْ بِحِجَارَةٍ مِنْ سِجِّيلٍ . فَجَعَلَهُمْ كَعَصْفٍ مَأْكُولٍ

(Alam taro kaifa fa’ala robbuka bi-ashhaabil fiil. Alam yaj’al kaidahum fii tadlliil. Wa arsala ‘alaihin thoiron abaabiil. Tarmiihim bihijaarotim min sijjiil. Faja’alahum ka’ashfim ma’kuul)

Artinya:
Apakah kamu tidak memperhatikan bagaimana Tuhanmu telah bertindak terhadap tentara bergajah? Bukankah Dia telah menjadikan tipu daya mereka (untuk menghancurkan Ka’bah) itu sia-sia? dan Dia mengirimkan kapada mereka burung yang berbondong-bondong, yang melempari mereka dengan batu (berasal) dari tanah yang terbakar, lalu Dia menjadikan mereka seperti daun-daun yang dimakan (ulat). (QS. Al Fil: 1-5)

Nama-nama Surat Al Fil

Surat ini dinamakan surat Al Fil yang berarti gajah, diambil dari ayat pertamanya. Surat ini mengisahkan tentang pasukan gajah pimpinan Abrahah yang akan menghancurkan ka’bah.

Surat ini juga dinamakan juga Surat Alam Tara. Yang artinya apakah kamu tidak memperhatikan. Yakni diambil dari awal ayat pertama.

Surat Al Fil diturunkan sesudah surat Al Kafirun, sebelum Surat Al Falaq. Namun dalam urutan mushaf, ia merupakan surat ke-105 sebelum Surat Quraisy. Karena sama-sama berisi nikmat Allah kepada orang-orang Quraisy, sebagian kecil ulama berpendapat dua surat ini sesungguhnya satu kesatuan.

Surat Al Fil mengisahkan pasukan bergajah yang dipimpin Abrahah, penguasa Yaman. Mereka hendak menghancurkan Ka’bah dengan kekuatan besar. Jumlah pasukannya banyak, dan diikuti oleh pasukan berkendara gajah. Termasuk Abrahah sendiri juga naik gajah. Bahkan gajah Abrahah adalah gajah terbesar.

Pasukan Abrahah sama sekali bukan tandingan orang-orang Arab. Bahkan orang-orang Makkah tidak berani melawan. Mereka menyelamatkan diri ke atas bukit demi menghindari serbuan pasukan bergajah.

Namun sebelum memasuki Makkah, Abrahah dan pasukannya dihancurkan Allah dengan mengutus burung-burung yang datang berbondong-bondong. Mereka membawa batu panas dan melemparkannya ke pasukan Abrahah. Siapa yang terkena batu itu, ia binasa laksana daun dimakan ulat. Abrahah tidak langsung mati, tapi ia menderita luka-luka hingga kemudian tewas dalam perjalanan pulang ke Yaman dalam kondisi hina.

Baca juga: Isi Kandungan Surat Quraisy

Isi Kandungan Surat Al Fil

Berikut ini isi kandungan surat Al Fil yang kami sarikan dari sejumlah tafsir. Yakni Tafsir Al Qur’anil ‘Adhim karya Ibnu Katsir, Tafsir Al Munir karya Syaikh Wahbah Az Zuhaili, Tafsir Fi Zilalil Quran karya Sayyid Qutb dan Tafsir Al Azhar karya Buya Hamka.

1. Surat Fil mengisahkan kehancuran Abrahah dan pasukan bergajah yang hendak menyerbu Makkah.

2. Surat ini mengajak Rasulullah dan umatnya, termasuk orang-orang Quraisy, untuk memperhatikan tanda kekuasaan Allah khususnya dari sejarah.

3. Surat Al Fil mengingatkan nikmat Allah kepada orang-orang Quraisy. Allah telah menyelamatkan mereka dari pasukan Abrahah tersebab perlindungan-Nya kepada Ka’bah yang ada di tengah-tengah suku Quraisy.

4. Allah Maha Kuasa, segala kekuasaan tunduk pada kekuasaan-Nya. Maka siapa yang dilindungi-Nya, tidak ada yang mampu mencelakainya. Sebaliknya, siapa yang dihancurkan Allah, tidak ada yang mampu melindunginya.

5. Sangat mudah bagi Allah untuk menolong siapa yang dikehendaki-Nya. Dan sangat mudah bagi Allah menghancurkan siapa yang ingin dihancurkan-Nya. Juga sangat mudah bagi Allah menghadirkan cara dan jalan kehancuran musuh-musuh-Nya.

Demikian isi kandungan Surat Al Fil. Semoga bermanfaat dan menambah keimanan kita kepada Allah yang Mahakuasa. Wallahu a’lam bish shawab. [Muchlisin BK/WebMuslimah]

*Untuk tafsir lengkap, keutamaan dan asbabun nuzul, bisa dibaca di artikel Surat Al Fil

BERIKAN TANGGAPAN

Please enter your comment!
Please enter your name here