Beranda Best view Cari Istri yang Penuh Berkah? Ini 3 Tandanya

Cari Istri yang Penuh Berkah? Ini 3 Tandanya

12

3. Mudah Rahimnya

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

إِنَّ مِنْ يُمْنِ الْمَرْأَةِ تَيْسِيرَ خِطْبَتِهَا وَتَيْسِيرَ صَدَاقِهَا وَتَيْسِيرَ رَحِمِهَا

“Sesungguhnya di antara tanda keberkahan istri adalah mudah meminangnya dan mudah/ringan maharnya serta mudah rahimnya” (HR. Ahmad; hasan)

Maksud mudah rahimnya adalah bisa memiliki banyak anak. Ini sedikit berbeda dengan dua tanda sebelumnya yang bisa diketahui secara pasti sebelum akad nikah. Mudah rahimnya, secara pasti, baru bisa diketahui setelah menikah dan sekian tahun berumah tangga. Namun, ia bisa diprediksi dari keluarganya. Jika ia memiliki beberapa saudara kandung, ibunya juga memiliki banyak saudara kandung, ayahnya juga memiliki banyak saudara kandung, paman dan bibinya juga punya banyak anak, insya Allah ia termasuk dalam tanda ini.

Dan berbeda pula pensikapan tanda ini dengan dua tanda sebelumnya. Soal menerima khitbah dan mahar adalah soal pilihan, soal sikap calon istri atau orang tuanya. Namun jika ada wanita yang tidak bisa memiliki banyak anak, itu bukan karena pilihannya. Kecuali kalau memang seseorang itu menggunakan alat kontrasepsi permanen. Jadi perlu bijak menyikapi hal ini. Dan karenanya tidak ada pernyataan Urwah tentang wanita celaka akibat tanda ini. Tidak.

Meskipun demikian, muslimah yang melahirkan banyak anak memang merupakan salah satu keberkahan tersendiri. Sebab Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menganjurkan umatnya untuk memperbanyak keturunan. Beliau bersabda:

تَزَوَّجُوا الْوَدُوْدَ الْوَلُوْدَ، فَإِنِّي مُكَاثِرٌ بِكُمُ اْلأَنْبِيَاءَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ.

“Nikahilah wanita yang subur dan penyayang. Karena aku akan berbangga dengan banyaknya ummatku di hadapan para Nabi pada hari Kiamat.” (HR. Ahmad; shahih lighairihi)

Wallahu a’lam bish shawab. [Webmuslimah.com]

12 KOMENTAR

  1. ”Sesungguhnya, diantara tanda keberkahan istri adalah mudah meminangnya dan mudah ringan maharnya serta mudah rahim.” (HR. Ahmad; hasan)

    ”Dunia ini adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan adalah wanita shalihah”. (HR. Muslim)

  2. Bagaimana jika orang tua yang memberikan syarat2 tertentu? Sehingga lelakinya urung meminang wanita tsb. Sedangkan wanitanya sendiri tidak memberikan syarat yang memberatkan.

  3. Lalu bagaimna dg wanita yg brmasalah rahimnya..misalnya mmpunyai pnyakit apa itu brrti wanita yg tdk berkah bila dinikahi?apa wnita seperti itu tdk berhak dinikahi… krna RASULLULLAH Memerintahkan mnikahi wanita yg pnyanyang lg subur n bnyak anknya ???

  4. Lantas bagaimana cara wanita tau kalau lelaki yang mengkhitbahnya itu benar” shalih???
    Sedangkan pihak wanita tidak tau sama sekali bagaimana kepribadian lelaki yang hendak mengkhitbahnya…
    jawaban untuk para ikhwan sangat jelas…
    Nikahi wanita yang mudah untuk di khitbah, murah maharnya dan subur Rahim nya…
    tolong beri jawaban untuk para akhwat kriteria yang bagaimana untuk menerima calom imamnya…
    syukron…

  5. Sukron, mohon izin ada beberapa materi yg kami copi utk bahan mengisi majlis taklim pada pengajian ibu2 di masjid kami.
    Dari saya yang fakir ilmu : Ishaq sy arroisi ketua masjid Muhammad bin Abdullah Al ‘Ubaisi desa Gunung Raja Kec. Lubai Kab. Muara Enim. Semoga bermanfaat bagi jemaah kami.

  6. 🇮🇷🇮🇩🇬🇾🇮🇪🇮🇪🇮🇸🇮🇹🇮🇲🇮🇳🇮🇳🇭🇳🇮🇲🇮🇱🇯🇪🇯🇪🇯🇲🇯🇲🇮🇴🇮🇶🇭🇹🇭🇷🇮🇳🇮🇳🇯🇲🇯🇲🇮🇴🇮🇴🇮🇴🇯🇪🇯🇪🇮🇲🇮🇲🇮🇲🇮🇲🇮🇹🇮🇸🇮🇪🇮🇪🇭🇰🇭🇳🇮🇴🇮🇴🇮🇴🇮🇴🇭🇷🇮🇷🇬🇼🇭🇹🇮🇶🇭🇹🇭🇹🇭🇷🇭🇷🌂🌂🌽🌽🌾🌿☀☀☀🚉🚸🚸🛅⛵🚳🚳🚳🚲🚀📃💾💾💾📎📅📅📅📅😱😟😟😱😳😳😳😳😍😍🇮🇳🇮🇲🇮🇲🇮🇱🇮🇪🇮🇱🇮🇲🇮🇴🇮🇴💿💾💽📍📌📎🚣⛵🛅🛅⛵🚲🚳✈🌂🌽🌼🍀🍂☀☀☀

BERIKAN TANGGAPAN

Please enter your comment!
Please enter your name here