Beranda Keluarga Rumah Tangga 5 Ciri Istri Hebat

5 Ciri Istri Hebat

0
ilustrasi istri hebat (Alvin photography)

Setiap muslimah yang telah menikah sesungguhnya bisa menjadi istri yang hebat. Bagaimanakah sosok istri yang hebat? Berikut ini 5 cirinya disertai contoh-contoh dari shahabiyah. Anda yang belum menikah pun perlu membacanya sebagai bekal berumah tangga.

1. Tak mudah panik saat menghadapi masalah

Ciri pertama istri yang hebat adalah tidak mudah panik saat menghadapi masalah. Ummu Sulaim menjadi contoh yang sangat baik dalam hal ini.

Saat Abu Thalhah pergi, putra mereka yang bernama Abu Umair meninggal dunia setelah beberapa hari sakit. Istri yang biasa-biasa saja, mungkin ia akan sangat terpukul dan panik. Seperti dialami wanita yang pernah meraung-raung di pemakaman Baqi’ dan dinasehati sabar oleh Rasulullah, namun beliau malah dimarahi.

Ummu Sulaim tidak seperti itu. Ia tidak panik. Bahkan saat Abu Thalhah pulang, ia tidak langsung memberitahukan kabar duka itu kepada suaminya. Ia juga tidak menampakkan tanda-tanda kesedihan. Disambutnya sang suami dengan wajah berseri, disiapkan keperluannya, dipersilahkan menghilangkan keletihan dan kepenatannya. Bahkan Ummu Sulaim malam itu tampil menawan dan melayani Abu Thalhah dengan penuh cinta di peraduan.

Selesai bercinta, ketika suasana santai Ummu Sulaim berkata kepada Abu Thalhah. “Seandainya ada seseorang yang meminjamkan sesuatu lalu beberapa waktu kemudian ia mengambil pinjaman itu, apakah engkau akan menolaknya?”
“Tidak”
“Kalau begitu bersabarlah, anak kita telah meninggal dunia”
“Mengapa kau tidak memberitahuku saat aku tiba?” Abu Thalhah sempat marah. Lalu pagi harinya mengadukan kepada Rasulullah. Namun Rasulullah justru memuji Ummu Sulaim dan mendoakan keberkahan atas apa yang mereka lakukan semalam. Kelak, Abu Thalhah dan Ummu Sulaim dikaruniai sembilan anak dan seluruhnya hafal Al Qur’an.

Banyak wanita yang cepat panik saat menghadapi masalah. Listrik mati, panik dan ketakutan. LPG habis, panik takut tidak bisa memasak. Suami terlambat pulang kerja, panik dan marah-marah. Anak jatuh, panik.

Istri yang hebat adalah istri yang tidak mudah panik saat menghadapi masalah. Kesabaran menjadi pondasi ketenangannya dan dengan ketenangan ia bisa berpikir lebih jernih serta mengambil tindakan terbaik atas segala masalah yang dihadapinya. Istri yang tidak mudah panik pada akhirnya akan membuat suami semakin cinta dan keluarga semakin bahagia.

Kedua: Memotivasi Suami

BERIKAN TANGGAPAN

Please enter your comment!
Please enter your name here