Home Keluarga Rumah Tangga 14 Profil Suami Teladan, Yuk Berusaha Mencapainya!

14 Profil Suami Teladan, Yuk Berusaha Mencapainya!

1387
2
SHARE
suami teladan
ilustrasi (aboutislam.net)

Amatullah binti Abdul Muthallib dalam kitab Rifqan bil Qawarir mendeskripsikan profil suami teladan. Ada 14 poin yang seharusnya dilakukan oleh suami agar menjadi suami teladan.

Untuk para muslimah, 14 poin ini bisa memandu memilih calon suami. Namun jika sudah menikah, para muslimah hendaknya membantu suaminya mencapai 14 poin ini.

1. Suami teladan itu istimewa karena jujur dan terus terang sejak kali pertama berjumpa. Tak ada kebohonan sejak masa khitbah.

2. Bertaqwa kepada Allah, saat sendiri maupun bersama banyak orang. Setiap berbicara kepada istrinya, pembicaraannya menenteramkan. Ia pun memberikan nafkah yang baik kepada istrinya.

3. Suami teladan itu menjadikan agama dan akhlak sebagai standar pilihan, lebih mengutamakannya daripada kecantikan dan penampilan luar.

4. Tidak membebani istri dengan pekerjaan yang melelahkan. Permintaannya pun logis dan tidak berat membantu istrinya.

5. Ia mampu menyelesaikan pertikaian dan memiliki hikmah dalam menghadapinya serta tidak mencari-cari masalah yang terpendam.

6. Ia memperhatikan kebersihan dan penampilan dirinya, tidak hanya menuntut istri untuk melakukannya.

7. Pandai memanfaatkan waktu sehingga seimbang untuk pekerjaan, keluarga, istri dan anak-anaknya. Ia juga turut mendidik anak-anaknya.

8. Tidak banyak bepergian tanpa mengajak keluarga kecuali ada sebab-sebab tertentu yang mengharuskannya. Jika bepergian untuk waktu yang lama, ia mengajak istri dan anak.

9. Suami teladan mengijinkan dan memfasilitasi istri untuk mengikuti taklim dan menghadiri majelis ilmu.

10. Percaya pada akhlak dan kesucian istrinya. Bahwa istri senantiasa menjaga kehormatan dirinya dan kepercayaan dari suami. Ia juga tidak berburuk sangka kepada istrinya hanya karena sebab-sebab yang remeh.

11. Menjaga rahasia keluarga sehingga tidak membua aib kepada siapa pun.

12. Menghindari mencela, menjelekkan, menghardik, apalagi memukul istrinya.

13. Memberikan nafkah kepada istrinya secara pertengahan; tidak kurang tidak pula berlebihan.

14. Berbicara dengan lembut kepada istrinya dan memilih kata-kata yang baik. Sebab setiap kata akan berpengaruh dalam jiwa. Ia juga pandai mendengarkan istrinya dan menghargai pendapatnya.

Demikian 14 poin suami teladan, semoga setiap suami muslim bisa memilikinya dan setiap istri muslimah membantu suami masing-masing untuk mencapainya. [WebMuslimah]

SHARE
Artikel sebelumnya5 Kata dari Suami yang Paling Diharapkan oleh Istri
Artikel berikutnya6 Hal yang Harus Dilakukan Muslimah Setelah Aktifitas Khusus bersama Suami

2 KOMENTAR

BERIKAN TANGGAPAN

Please enter your comment!
Please enter your name here