Beranda Keluarga Rumah Tangga Wahai Muslimah, Waspadai 5F yang Bisa Merusak Keluarga

Wahai Muslimah, Waspadai 5F yang Bisa Merusak Keluarga

1

3. Food

Food atau makanan juga bisa merusak rumah tangga dan keluarga. Kok bisa? Ya, meskipun tidak bisa dilihat seketika, makanan yang haram dan buruk akan membawa dampak pada kualitas ruhiyah, fikriyah dan jasadiyah. Apa itu? Ruh, akal dan juga kesehatan tubuh. Juga maliyah alias finansial.

Jika seseorang makan sesuatu yang haram, makanan itu akan berpengaruh pada jiwanya. Ia menjadi malas beribadah dan hatinya berpenyakit. Ini dari sisi ruhiyah yang memang sulit dilihat secara langsung tetapi para ulama sudah membuktikannya melalui serangkaian pengamatan.

Makanan yang haram, karena membuat jiwa seseorang terkotori, akhirnya berpengaruh pada pola pikirnya. Ia pun menentang kebenaran, menolak syariat dan seterusnya.

Dari aspek kesehatan, makanan yang haram pasti akan berpengaruh pada kesehatan. Cepat atau lambat. Misalnya daging babi yang banyak mengandung cacing pita dan berbagai ancaman penyakit lainnya. Binatang yang tidak disembelih, darahnya membeku dalam daging dan ketika dimakan masuk dalam tubuh menjadi penyakit. Bahkan makanan yang halal namun tidak baik pun bisa berakibat buruk bagi kesehatan. Karenanya Islam memiliki dua standar untuk makanan yaitu halalan thayyiba; halal lagi baik.

Makanan-makanan instan, cepat saji, tergolong dalam kategori kurang baik atau tidak baik. Seorang muslimah perlu melindungi suami dan anak-anaknya dari makanan tersebut.

1
2
3
4
5
Artikel sebelumnyaCari Istri yang Penuh Berkah? Ini 3 Tandanya
Artikel berikutnyaYa Rabbi… Aku Mencintai Laki-Laki yang Telah Beristri

1 KOMENTAR

BERIKAN TANGGAPAN

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini