Beranda Tazkiyah Hikmah Mengapa Islam Membolehkan Poligami dan Melarang Poliandri? Ini Hikmahnya

Mengapa Islam Membolehkan Poligami dan Melarang Poliandri? Ini Hikmahnya

38
Hikmah poligami
Hikmah poligami – ilustrasi © APPhoto/Mark Baker

Islam memperbolehkan poligami (lebih tepatnya, poligini). Yakni seorang laki-laki muslim beristri dua hingga empat. Sebaliknya, Islam melarang seorang muslimah memiliki suami lebih dari satu (poliandri). Mengapa demikian?

Syaikh Dr Yusuf Qardhawi menjelaskan bahwa Islam adalah agama terakhir, agama universal yang berlaku bagi seluruh tempat dan seluruh zaman. Islam memperhatikan kebutuhan seluruh lapisan masyarakat dan seluruh generasi. Islam juga memperhatikan kepentingan individu dan kepentingan masyarakat sekaligus, secara seimbang.

Ada diantara laki-laki yang keinginannya memiliki keturunan sangat besar, tetapi istrinya tidak dapat hamil karena mandul, sakit atau faktor lain.

Ada diantara laki-laki yang hasratnya besar terhadap istri, namun istrinya tidak mampu memenuhinya baik karena sakit, faktor bawaan, menopouse atau faktor lainnya.

Adakalanya jumlah wanita lebih banyak daripada laki-laki, khususnya setelah terjadi peperangan yang diikuti oleh para laki-laki dan pemuda lalu banyak diantara mereka yang terbunuh karenanya.

Dalam tiga kondisi di atas, tampaklah hikmah diperbolehkannya poligami. Sebagai solusi atas upaya regenerasi sebagaimana Rasulullah membanggakan banyaknya umat, sebagai solusi yang menjauhkan laki-laki dari zina dan sebagai solusi atas problematika yang dihadapi oleh kaum wanita.

Syaikh Qardhawi menambahkab, “Seringkali masalah poligami dieksploitasi oleh orang-orang Barat untuk menjelek-jelekkan umat Islam. Sementara mereka memperbolehkan kaum laki-laki bermain dengan wanita nakal dan wanita simpanan tanpa ikatan, kendati tidak dibenarkan undang-undang dan moral. Dengan demikian, manakah dari dua golongan itu yang lebih lurus jalan hidupnya?”

Adapun hikmah dilarangnya poliandri, Direktur Asosiasi Riset Ilmiah Universitas Al Azhar, Syaikh Ali Ahmad Al Jurjawi, menjelaskan bahwa jika wanita menikah dengan dua pria atau lebih, maka nasab/keturunannya akan kacau balau. Menjadi tidak jelas siapakah ayahnya. Dan dengan demikian juga tidak jelas hak warisnya.

Selain itu, kecemburuan laki-laki lebih besar daripada wanita. Laki-laki yang normal, ia tentu akan cemburu dan marah jika istrinya bercinta dengan laki-laki lain. Akan terjadi perang besar jika laki-laki lain memiliki istrinya.

Wallahu a’lam bish shawab. [Webmuslimah.com]

Maraji’:
Halal dan Haram dalam Islam karya Syaikh Dr Yusuf Qardhawi
Indahnya Syariat Islam; Mengungkap Rahasia dan Hikmah di Balik Perintah dan Larangan dalam Al Qur’an dan Sunnah karya Syaikh Ali Ahmad Al Jurjawi

Artikel sebelumnyaMenikah Harus Sekufu? Apa itu Kufu?
Artikel berikutnyaBeginilah Kegembiraan Iblis Ketika Suami Istri Bercerai

38 KOMENTAR

  1. Apa yg ditetapkan oleh Allah adalah yg terbaik utuk manusia.
    Allah tahu yg manusia tidak tahu.
    Namun sudut penilaianya harus dgn prisnsip kesetaraan.
    Yang utama dalam poligami , Seperti yg Nabi sampaikan adalah sejauh mana mereka bisa berlaku adil antara masing2 istri krn Nabi mengatakan sehebat apapun umat tidak akan bisa 100% adil.
    jadi poligami sifatnya darurat bukan dianjurkan. satu pasangan lebih baik krn menghindarkan dosa dari berlaku tidak adil.

    mungkin kalau pasanganya sakit atau hal lain hingga tdk mampu utk biologis masih dipahami.

    bukan krn hasrat pria lebih besar ( Bagaimana kalau hasrat istri lebih besar) atau pria lebih cemburu ( bagaimana kalau istri lebih cemburu) ini alasan yg egois bukan yg menjadi alasan Nabi.

    Intinya satu pasangan lebih baik menghindari dosa krn tdk berlaku adil. Poligami hanya ” terpaksa” utk menghindari dosa yg lebih besar.

    Sedang yg dilakukan nabi adalah dgn alasan utk membatasi dan kebaikan bukan hasrat krn pada masa nabi kebiasaan masyarakat pada zaman itu beristri banyak ytak terbatas dan bukan dgn alasan kebaikan hingga nabi memberi contoh. mungkin nabi istrinya paling sedikit pada masanya.

    Salam

    • kalau kita bicara poligami, sdh jelas acuannya hadist banyak jelas Antum juga sedikitnya sdh cukup paham, tapi saya jadi ragu sama antum karena sdh berani buat kesimpulan/menyederhanakan hadist(poligami) padahal jumhur ulama saja tdk berani karena poligami ayatnya ada (dari Allah) terus prateknya dan penjelasannya ada di hadist. ( kesimpulan antum:intinya satu pasangan lebih baik menghindari dosa karena tdk berlaku adil, poligami hanya “terpaksa” untuk menghidari dosa yg lebih besar.) semoga Allah mengampuni antum dari sisi kemanusiaan.

      • Kalau belum bisa menerima, jangan menentangnya pak. Lagian Poligami tidak diwajibkan dan tidak dipaksakan. Dan hanya orang-orang tertentu saja yang bisa melakukannya, yaitu orang-orang yang bertaqwa.
        Poligami itu salah 1 syariat Allah. Membenci poligami berarti membenci salah satu aturan Allah. Membenci aturan Allah berarti tidak ridha dengan Allah. Membenci aturan Allah berarti tidak ridha dengan Islam. Membenci aturan Allah berarti tidak ridha dengan Rasulullah. Padahal Syurga dimasuki orang ridha kepada Allah dan diridhai oleh Allah. Solusi bagi kita yang masih awam dalam menyikapi poligami adalah belajar lagi memperdalam Islam. Karena tak tahu makanya kita sinis dan menentang.

        • Maaf pengetahuan Anda masih belum cukup untuk menjelaskan Poligami dan masih terlihat jelas dampak dari doktrin – doktrin yang terperangkap pada jendela yang sempit. Anda tersinggung?kalau Anda tersinggung dan merasa bisa, saya punya beberapa pertanyaan :
          1. Semua perintah Allah tercantum pada Al Quran, tolong sebutkan Surah apa dan ayat berapa beserta artinya yang memperbolehkan Poligami?
          2. Tolong jelaskan sesuai dengan pandangan Anda, QS. Al Baqarah : 228)
          3. Anda menyebutkan yang melakukan Poligami adalah orang – orang yang bertaqwa. Saya ingin bertanya apakah benar?
          4. Apakah Anda melakukan Poligami?Kalau iya berapa dan tolong sebutkan alasannya?
          5. Tolong Anda jelaskan korelasi statement ” Surga dibawah telapak kaki Ibu ” dengan Poligami?

          Terima kasih,
          Salam.

        • Maaf pengetahuan Anda masih belum cukup untuk menjelaskan Poligami dan masih terlihat jelas dampak dari doktrin – doktrin yang terperangkap pada jendela yang sempit. Anda tersinggung?kalau Anda tersinggung dan merasa bisa, saya punya beberapa pertanyaan :
          1. Semua perintah Allah tercantum pada Al Quran, tolong sebutkan Surah apa dan ayat berapa beserta artinya yang memperbolehkan Poligami?
          2. Tolong jelaskan sesuai dengan pandangan Anda, QS. Al Baqarah : 228)
          3. Apakah Anda melakukan Poligami?Kalau iya berapa dan tolong sebutkan alasannya?
          4. Tolong Anda jelaskan korelasi statement ” Surga dibawah telapak kaki Ibu ” dengan Poligami?

          Terima kasih,
          Salam.

  2. وَلَهُنَّ مِثْلُ الَّذِي عَلَيْهِنَّ بِالْمَعْرُوفِ
    “Dan para wanita memiliki hak yang seimbang dengan kewajibannya menurut cara yang ma’ruf” (QS. Al Baqarah : 228)

  3. Kalau belum bisa menerima, jangan menentangnya pak. Lagian Poligami tidak diwajibkan dan tidak dipaksakan. Dan hanya orang-orang tertentu saja yang bisa melakukannya, yaitu orang-orang yang bertaqwa.

    Poligami itu salah 1 syariat Allah. Membenci poligami berarti membenci salah satu aturan Allah. Membenci aturan Allah berarti tidak ridha dengan Allah. Membenci aturan Allah berarti tidak ridha dengan Islam. Membenci aturan Allah berarti tidak ridha dengan Rasulullah. Padahal Syurga dimasuki orang ridha kepada Allah dan diridhai oleh Allah. Solusi bagi kita yang masih awam dalam menyikapi poligami adalah belajar lagi memperdalam Islam. Karena tak tahu makanya kita sinis dan menentang.

    • Betul 3x..
      jangan benci syariat karna ndak mampu melakukannya…

      Mampukan dirimu, baru berbuat..
      gitu kan ya…

  4. Intinya begini. salah satu alasan poligami diperbolehkan sementara poilandri tidak adalah untuk memperjelas status anak yang nanti dilahirkan. satu contoh jika satu orang suami punya 3 orang istri. maka jika salah satu istri punya anak maka sudah jelas bahwa anak itu merupakan anak dari suami. sementara untuk kasus poliandri jika satu orang istri punya 3 orang suami. jika sang istri hamil maka akan kesulitan untuk menentukan ayah dari sang anak.

    • Mas Rahmat, sampean dapat wangsit dari sopo? Sampai tau rahasia Allah kenapa poligami boleh trus poliandri tdk boleh, sampai beraninya ngomong intinya begini: salah satu alasan……………dst
      Pake test DNA ajah udah ketahuan sopo bapaknya
      Jadi sampean sama saya hidup jauh di zaman sahabat dan sdh banyak bahasan atau kajian ilmiah oleh syaikul islam maupun jawaban atas kritik/fitnah kaum orientalist.

      • Kalau belum bisa menerima, jangan menentangnya. Lagian Poligami tidak diwajibkan dan tidak dipaksakan. Dan hanya orang-orang tertentu saja yang bisa melakukannya, yaitu orang-orang yang bertaqwa.
        Poligami itu salah 1 syariat Allah. Membenci poligami berarti membenci salah satu aturan Allah. Membenci aturan Allah berarti tidak ridha dengan Allah. Membenci aturan Allah berarti tidak ridha dengan Islam. Membenci aturan Allah berarti tidak ridha dengan Rasulullah. Padahal Syurga dimasuki orang ridha kepada Allah dan diridhai oleh Allah. Solusi bagi kita yang masih awam dalam menyikapi poligami adalah belajar lagi memperdalam Islam. Karena tak tahu makanya kita sinis dan menentang.

  5. Tidak perlu diperdebatkan 🙂
    semua itu Rahasia Allah.swt
    Poligami bisa menjadi Halal atau Haram
    Tergantung Pada Manusianya yang melakukan Poligami tersebut……..
    “Berfikirlah” …
    Allahhuakbar

  6. Poligami mengendaikan penduduk bumi. Pertumbuhan penduduk di bawah kontrol wanita, artinya wanita satu-satunya yang diberi kemampuan melahirkan. Seorang wanita dengan serang suami berpeluang lebih punya anak dibanding dua wanita atau lebih dengan seorang suami. Dalam hal jumah anak seorang wanita dengan seorang suami berpulang punya anak lebih banyak dibanding dua atau lebih wanita dengan seorang suami. Data empiris , diantaranya keluarga Rasulullah Muhamad SAW ketika istri beliau hanya satu yaitu Kadijah RA., anaknya banyak dan setelah menikahi beberapa wanita tidak setiap istrinya melahirkan anak.

    Serang laki-laki akan mempunyai anak banyak kalau istrinya lebih dari satu, tetapi setiap istrinya besar kemungkinan tidak akan maksimal dalam jumlah anak yang dilahirkan. Seorang istri akan bisa maksimal dalam jumlah anak yang dilahirkan dengan seorang suami. Sepetak sawah yang dikerjakan satu orang laki-laki akan menghasilkan panen maksimal, dibanding banyak petak sawah dikerjakan satu orang laki-laki.

    Secara keseluruhan pertumbuhan pendudk bumi akan lebih rendah untuk sistem poligami dibanding sistem monogami.

  7. Bismillah Maaf kalau comment saya salah dan kurang berkenan seperti penuturan yang pernah saya dapatkan kenapa Rasulullah SAW dapat adil beristrikan banyak di karenakan setiap saat Rasulullah SAW tidur ataupun lainnya yang tidak bisa di sebutkan satu persatu bersama istrinya itu bukan hanya kepada satu istri tapi keberadaan Rasulullah SAW ada di semua rumah istrinya pada waktu bersamaan itulah salah satu keagungan Allah SWT yang di berikan kepada Rasulullah SAW.

    • Anda bilang : “keberadaan Rasulullah SAW ada di semua rumah istrinya pada waktu bersamaan”

      Bisa berada di banyak tempat dalam waktu bersamaan??? Anda hobi klenik apa kebanyakan nonton naruto?? Liat hadits ini mas, Nabi SAW bermalam pada 1 istri yg dpt jatah giliran:

      HADITS RIWAYAT BUKHARI-MUSLIM, dalam BULUGHUL MAROM, Kitab Nikah, Bab Pembagian Giliran :
      Dari Urwah Radliyallaahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam berkata: Wahai anak saudara perempuanku, Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam tidak mengistimewakan sebagian kami atas sebagian yang lain dalam pembagian giliran tinggalnya bersama kami. Pada siang hari beliau berkeliling pada kami semua dan menghampiri setiap istri tanpa menyentuhnya hingga beliau sampai pada istri yang menjadi gilirannya, lalu beliau bermalam padanya. Riwayat Ahmad dan Abu Dawud, dan lafadznya menurut Abu Dawud. Hadits shahih menurut Hakim.

    • Dari ‘Aisyah Radliyallaahu ‘anhu bahwa Saudah Binti Zam’ah pernah memberikan hari gilirannya kepada ‘Aisyah. Maka Nabi Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam memberi giliran kepada ‘Aisyah pada harinya dan pada hari Saudah. (Muttafaq Alaihi)

      Nabi memiliki sembilan istri, jika beliau menggilir mereka, beliau tak kembali ke istri pertamanya kecuali setelah hari ke sembilan, biasanya mereka berkumpul setiap malam di rumah istri yg sedang beliau datangi. (HR. Muslim 2656)

  8. tumbuhnya sebuah janin tidak bisa dengan ururnan, tetap satu sprma dan satu sel telur yang akan menjadi embrio. dengan poligami tetap dapat diketahui siapa bapak dan siapa ibu anak tersebut. berbeda dengan poliandri. tdk dpt diketahui siapa bapaknya..

  9. Saya juga setuju kalo penyebab dilarangnya poliandri adalah kacaunya nasab. Tapi seiring dengan kemajuan teknologi, bukankan sekarang bisa dicek lewat test DNA? pasti ada alasan lain kenapa poliandri dilarang, selain masalah nasab dan perang besar tersebut. Mohon dilengkapi penjelasannnya pak

  10. Bismillahirrohmannirrohiim
    Antum sudah menjalankan poligami belum.. Klo belum menjalankan dan berkomentar.. Layaknya bicara tanpa fakta.. Ane udah bro..dan komentar ane.. Maha Benar Allah dengan segala Ketentuan-Nya..

  11. Bagaimana bisa Seseorang berpoligami berbuat adil ? Jika ada 1 orang istri dan suami, mereka sudah sah menjadi 1 keluarga, dan suatu saat si Suami jatuh cinta pada perempuan lain dan lalu ia menikahinya bagaiamana bisa perilaku tsb di sebut adil ? dr stu sja sudah tidak adil

    • Kalau belum bisa menerima, jangan menentangnya. Lagian Poligami tidak diwajibkan dan tidak dipaksakan. Dan hanya orang-orang tertentu saja yang bisa melakukannya, yaitu orang-orang yang bertaqwa.
      Poligami itu salah 1 syariat Allah. Membenci poligami berarti membenci salah satu aturan Allah. Membenci aturan Allah berarti tidak ridha dengan Allah. Membenci aturan Allah berarti tidak ridha dengan Islam. Membenci aturan Allah berarti tidak ridha dengan Rasulullah. Padahal Syurga dimasuki orang ridha kepada Allah dan diridhai oleh Allah. Solusi bagi kita yang masih awam dalam menyikapi poligami adalah belajar lagi memperdalam Islam. Karena tak tahu makanya kita sinis dan menentang.

  12. kalo seorang suami jatuh cinta lagi sm perempuan lain itu namanya gak adil… dia pasti lbh cinta perempuan yg baru drpd istrinya yg lamaa…
    mana ada wanita yg mau dipoligami suaminya? klo pacarnya selingkuh aja langsung marah2, apalg kalo poligami dan punya istri lagi… wanita gak akan rela dipoligami…
    suaminya pun gak akan bs adil, apalagi klo istri pertama tdk bs memuaskan suaminya… dia akan lebih memihak pada istri yg lain…
    saya muslim, tp saya gak mau di madu, insyaallah saya akan menjaga suami saya agar tdk menyukai wanita lain…
    poligami akan menyakiti perasaan wanita. apa pendapat orang lain jika mengetahui suami anda beristri dua? tiga? empat? anda pasti sangat malu… apakah itu meninggikan derajat wanita??? TIDAK!!!

    • Kalau belum bisa menerima, jangan menentangnya pak. Lagian Poligami tidak diwajibkan dan tidak dipaksakan. Dan hanya orang-orang tertentu saja yang bisa melakukannya, yaitu orang-orang yang bertaqwa.
      Poligami itu salah 1 syariat Allah. Membenci poligami berarti membenci salah satu aturan Allah. Membenci aturan Allah berarti tidak ridha dengan Allah. Membenci aturan Allah berarti tidak ridha dengan Islam. Membenci aturan Allah berarti tidak ridha dengan Rasulullah. Padahal Syurga dimasuki orang ridha kepada Allah dan diridhai oleh Allah. Solusi bagi kita yang masih awam dalam menyikapi poligami adalah belajar lagi memperdalam Islam. Karena tak tahu makanya kita sinis dan menentang.

  13. perempuan yang TERPAKSA akan mau dimadu, mungkin karena dia terlalu sayang suaminya, atau takut dicerai, takut hdpx terlantar, tdk mau mnjadi janda, sehingga dia menyetujui suaminya berpoligami.
    tp perasaan cemburu dan iri itu pasti ada… hanya saja dia menyembunyikan nya dr suaminya…

    • Kalau belum bisa menerima, jangan menentangnya. Lagian Poligami tidak diwajibkan dan tidak dipaksakan. Dan hanya orang-orang tertentu saja yang bisa melakukannya, yaitu orang-orang yang bertaqwa.
      Poligami itu salah 1 syariat Allah. Membenci poligami berarti membenci salah satu aturan Allah. Membenci aturan Allah berarti tidak ridha dengan Allah. Membenci aturan Allah berarti tidak ridha dengan Islam. Membenci aturan Allah berarti tidak ridha dengan Rasulullah. Padahal Syurga dimasuki orang ridha kepada Allah dan diridhai oleh Allah. Solusi bagi kita yang masih awam dalam menyikapi poligami adalah belajar lagi memperdalam Islam. Karena tak tahu makanya kita sinis dan menentang.

  14. Kalau belum bisa menerima, jangan menentangnya. Lagian Poligami tidak diwajibkan dan tidak dipaksakan. Dan hanya orang-orang tertentu saja yang bisa melakukannya, yaitu orang-orang yang bertaqwa.
    Poligami itu salah 1 syariat Allah. Membenci poligami berarti membenci salah satu aturan Allah. Membenci aturan Allah berarti tidak ridha dengan Allah. Membenci aturan Allah berarti tidak ridha dengan Islam. Membenci aturan Allah berarti tidak ridha dengan Rasulullah. Padahal Syurga dimasuki orang ridha kepada Allah dan diridhai oleh Allah. Solusi bagi kita yang masih awam dalam menyikapi poligami adalah belajar lagi memperdalam Islam. Karena tak tahu makanya kita sinis dan menentang.

  15. Utk yg menentang dan anti poligami semoga dapat belajar lagi.
    Mengutip kalimat admin diatas ”Kalau belum bisa menerima, jangan menentangnya pak. Lagian Poligami tidak diwajibkan dan tidak dipaksakan. Dan hanya orang-orang tertentu saja yang bisa melakukannya, yaitu orang-orang yang bertaqwa.
    Poligami itu salah 1 syariat Allah. Membenci poligami berarti membenci salah satu aturan Allah. Membenci aturan Allah berarti tidak ridha dengan Allah. Membenci aturan Allah berarti tidak ridha dengan Islam. Membenci aturan Allah berarti tidak ridha dengan Rasulullah. Padahal Syurga dimasuki orang ridha kepada Allah dan diridhai oleh Allah. Solusi bagi kita yang masih awam dalam menyikapi poligami adalah belajar lagi memperdalam Islam. Karena tak tahu makanya kita sinis dan menentang”. Semoga kita diberikan ilmu yg bermanfaat.

  16. karena sesungguhnya poligami yg menurut ustad” itu lakukan untuk berlindung dari ZINA . . .terus dimana ujiannya kita hidup didunia ini ? diuji sama wanita saja tidak mampu melampauinya . . . kalo sudah punya istri satu dijaga sampai akhir hayat . . mata jangan jelalatan nurutin NAFSU. . alasanya ingin menyantuni , mengangkat derajat,trus akhirnya poligami, trus AGAMA dijadikan PELINDUNG . . manusia tidak selalu benar. . mungkin kita manusia salah tafsir untuk ayat” alqur’ an dan hadistnya . . .kebenaran hanya milik sang kholik . .allahu akbar

  17. Makanya gw pernah mikir buat pindah agama. Gw ga suka aja di sini perempuan kayak derajatnya di bawah laki2. Sering bgt menyebut ‘istri-istri’ seolah2 istri itu hewan peliharaan. Kalau Tuhan itu adil, harusnya ga begini. Kalau begini, Tuhan tidak adil. Saya mending mati daripada diduakan. Atau gausah lahir sekalian.

  18. Ada apa sih ribut sekali
    Dah gk usah main salah salahan yang penting kedua belah pihak setuju gk ada problem

BERIKAN TANGGAPAN

Please enter your comment!
Please enter your name here