Beranda Suplemen Kesehatan Kunci Hidup Sehat dari Baginda Nabi

Kunci Hidup Sehat dari Baginda Nabi

1
ilustrasi manajemen perut (buletinsehat.com)

Hidup sehat sangatlah menyenangkan. Karena sehat itu mahal. Kita tidak akan sanggup mengkalkulasi nikmat sehat yang Allah berikan kepada kita. Kita hanya mampu mensyukuri apa yang sudah Allah berikan atas nikmat yang tiada tara. Oleh karena itu jagalah kesehatan kita.

Dengan memperhatikan isi perut, kita akan bisa menjalani hidup sehat tanpa penyakit. Karena semua penyakit itu bersumber dari perut. Di dalam perut ada yang namanya lambung yang menampung semua makanan yang masuk melalui mulut kita.

Ketika lambung itu penuh dengan makana maka kita akan kesulitan untuk bernafas. Karena sirkulasi pernafasan terganggu. Peredaran darah yang teroksidasi tidak bisa mengalir ke jantung dengan sempurna. Sekat rongga dada juga tidak bisa menutup sesuai kebutuhan karena penuhnya lambung. Itulah yang mengakibatkan kita susah untuk bernafas karena paru-paru tidak mampu berkembang secara sempurna.

Kondisi seperti ini bisa kita atasi tanpa harus pergi ke dokter yang membutuhkan biaya mahal. Ada cara yang ekonomis dan praktis yakni dengan memenejemeni perut kita dengan baik. Sehingga kita bisa bernafas dengan tenang dan lega. Peredaran darah kejantung pun jadi lancar jaya.

Sebagaimana hadits yang diriwayatkan At-Tirmidzi dari al-Miqdam bin ma’di karib yang mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Perbuatan manusia yang paling jelek dalam memenuhi bejana adalah memenuhi perut. Karena manusia hannya cukup memakan beberapa suap untuk menguatkan tulangnya. Jika tidak memberatkan, sebaiknya sepertiga untuk makan, sepertiga untuk air (minum) dan sepertiga lagi untuk udara (nafas)”.

Dapat kita ambil kesimpulan dalam memahami hadits tersebut bahwa kita harus bisa mengatur pencernaan kita. Berapa makanan yang harus masuk ke dalam lambung kita, dan juga berapa air yang bisa ditampung lambung kita agar tersisa ruang untuk udara (nafas).

Menurut ilmu kedokteran modern, Salah satu bahaya karena kelebihan makanan adalah obesitas (kegemukan). Ini terjadi karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan. Khususnya makanan yang kaya lemak yang susah terurai. Dan terkadang obesitas disertai dengan gangguan penyakit lainnya. Diantaranya adalah;

  • Gangguan pembulu jantung/ penyakit jantung
  • Penyakit pembulu darah koroner
  • Penyakit penyumbatan pembulu jantung
  • Peningkatan tekanan darah
  • Penyakit gula (diabetes)
  • Pembengkakan betis
  • Penyembuhan luka yang lama
  • Dan radang persendihan tungkai

Ini semua terjadi karena kita tidak memenejemeni perut kita dengan baik. Dan pada intinya penyakit yang kita derita adalah karena ulah kita sendiri. Rawat dan jagalah nikmat yang diberikan Allah pada kita. [Umahatun Fauziyah/Webmuslimah]

1 KOMENTAR

  1. Perbuatan manusia yang paling jelek dalam memenuhi bejana adalah memenuhi perut.
    Karena manusia hannya cukup memakan beberapa suap untuk menguatkan tulangnya.
    Jika tidak memberatkan, sebaiknya sepertiga untuk makan, sepertiga untuk air (minum) dan sepertiga lagi untuk udara (nafas).

BERIKAN TANGGAPAN

Please enter your comment!
Please enter your name here