Beranda Ilmu Islam Al Qur'an Isi Kandungan Surat Ar Rahman Ayat 33 dan Terjemahan

Isi Kandungan Surat Ar Rahman Ayat 33 dan Terjemahan

0
isi kandungan surat ar rahman ayat 33

Surat Ar Rahman (الرحمن) adalah surat ke-55 dalam Al Quran. Apa saja isi kandungan surat Ar Rahman ayat 33, berikut ini penjelasannya.

Terjemahan Surat Ar Rahman Ayat 33

يَا مَعْشَرَ الْجِنِّ وَالْإِنْسِ إِنِ اسْتَطَعْتُمْ أَنْ تَنْفُذُوا مِنْ أَقْطَارِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ فَانْفُذُوا لَا تَنْفُذُونَ إِلَّا بِسُلْطَانٍ

Hai jama’ah jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya kecuali dengan kekuatan. (QS. Ar Rahman: 33)

Baca juga: Isi Kandungan Surat Al Maun

Intisari Tafsir Surat Ar Rahman Ayat 33

Surat Ar Rahman ayat 33 adalah ayat yang mengingatkan bahwa manusia tak bisa lari dari kekuasaan Allah dan pertanggungjawaban kepada-Nya. Ayat ini juga memotivasi untuk menuntut ilmu dan mengembangkan teknologi.

Dengan ayat ini, Allah menyeru jin dan manusia. Jin disebutkan lebih dulu daripada manusia karena jin memiliki kemampuan lebih besar dalam mengarungi angkasa. Sebagaimana disebutkan dalam Surat Al Jin ayat 9, bahwa mereka sejak dulu telah sanggup mengarungi angkasa untuk mencuri berita langit. Namun kemudian Allah melempari mereka dengan panah api.

Ada tiga pendapat mengenai ayat ini. Pertama, berkaitan dengan ketidakmampuan manusia lari dari takdir Allah dan lari dari kekuasaan-Nya. Sebagaimana dijelaskan Ibnu Katsir dalam tafsirnya.

Kedua, berkaitan dengan keadaan pada hari kiamat nanti, terutama di yaumul mahsyar. Manusia tidak akan mampu meloloskan diri di saat itu. Ibnu Katsir juga menjelaskan hal ini. Demikian pula Syaikh Wahbah Az Zuhaili dalam Tafsir Al Munir.

Ketiga, berkaitan dengan kemampuan manusia menjelajah ruang angkasa. Bahwa Allah Subhanahu wa Ta’ala mempersilakan jika manusia hendak melintasi langit dan bumi.

“Di antara Rahman-Nya Allah kepada manusia dan jin adalah kebebasan yang diberikan kepada kita untuk melintasi alam ini dengan sepenuh tenaga yang ada pada kita, dengan segenap akal dan budi kita, karena mendalamnya pengetahuan,” tulis Buya Hamka dalam Tafsir Al Azhar. “Namun di akhir ayat, Allah mengingatkan bahwa kekuatanmu itu tetap terbatas.”

Baca juga: Ayat Kursi

Isi Kandungan Surat Ar Rahman Ayat 33

Berikut ini isi kandungan Surat Ar Rahman ayat 33 yang kami sarikan dari sejumlah tafsir. Yakni Tafsir Al Qur’anil ‘Adhim karya Ibnu Katsir, Tafsir Al Munir karya Syaikh Wahbah Az Zuhaili, Tafsir Fi Zilalil Quran karya Sayyid Qutb dan Tafsir Al Azhar karya Buya Hamka.

1. Surat Ar Rahman ayat 33 ini merupakan seruan Allah kepada jin dan manusia. Mereka diingatkan dengan nikmat-Nya, di antaranya Allah mempersilakan jika mereka sanggup menembus langit.

2. Di dunia ini, jin dan manusia tidak bisa lari dari takdir Allah dan tidak bisa lari dari kekuasaan-Nya. Ke manapun jin dan manusia pergi, kekuasaan Allah selalu meliputinya.

3. Di akhirat nanti, jin dan manusia tidak bisa lari dari pertanggungjawaban atas amal-amal di dunia. Jika mereka bisa lari, Allah mempersilakan untuk melintasi langit dan bumi, namun mereka tak bisa melarikan diri.

4. Manusia bisa menjelajah ruang angkasa dengan sulthan (kekuatan ilmu pengetahuan dan tenologi), namun kekuatan manusia itu terbatas.

5. Ayat ini memotivasi manusia untuk mengembangkan ilmu dan teknologi agar bisa menjelajah ruang angkasa dan seterusnya.

6. Kekuatan itu milik Allah. Manusia tidak memiliki kekuatan kecuali dari Allah dan dengan izin-Nya.

Demikian isi kandungan Surat Ar Rahman ayat 33. Semoga bermanfaat, meningkatkan semangat kita untuk menuntut ilmu dan mengembangkan teknologi serta menyiapkan bekal untuk hari pertanggungjawaban nanti. Wallahu a’lam bish shawab. [Muchlisin BK/WebMuslimah]

*Untuk tafsir lengkap, bisa dibaca di artikel Surat Ar Rahman ayat 33

BERIKAN TANGGAPAN

Please enter your comment!
Please enter your name here