Beranda Ilmu Islam Al Qur'an Isi Kandungan Surat Al Kautsar dan Terjemahan

Isi Kandungan Surat Al Kautsar dan Terjemahan

0
isi kandungan surat al kautsar

Surat Al Kautsar (الكوثر) merupakan surat ke-108 dalam Al Quran. Ia merupakan surat Makkiyah. Apa saja isi kandungan surat Al Kautsar, berikut ini penjelasannya.

Terjemahan Surat Al Kautsar

إِنَّا أَعْطَيْنَاكَ الْكَوْثَرَ . فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ . إِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الْأَبْتَرُ

(Innaa a’thoinaa kal kautsar. Fasholli lirobbika wanhar. Inna syaani,aka huwal abtar)

Artinya:
Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berkorbanlah. Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu dialah yang terputus.

Baca juga: Isi Kandungan Surat An Nisa ayat 59

Nama-nama Surat Al Kautsar

Surat terpendek dalam Al Quran ini dinamakan surat Al Kautsar yang merupakan nama sungai di surga dan dapat pula diartikan nikmat yang banyak, diambil dari ayat pertama dari surat ini. Surat ini juga dinamakan Surat An Nahr, diambil dari ayat kedua.

Mayoritas ulama berpendapat Surat Al Kautsar adalah surat makkiyah. Diturunkan di Makkah berkaitan dengan cemoohan orang-orang kafir Quraisy, terutama Ash bin Wail yang menyebut Rasulullah abtar.

Namun ada pula ulama yang berpendapat Surat Al Kautsar adalah surat madaniyah. Diturunkan setelah Rasulullah hijrah dengan berdalil pada asbabun nuzul yang lain, yang diriwayatkan dari Anas bin Malik. Sementara Anas bin Malik masuk Islam setelah Rasulullah hijrah. Juga karena dalam surat ini ada kata inhar sementara qurban baru disyariatkan setelah hijrah. Namun alasan ini ditolak dengan penjelasan istilah inhar bukan semata untuk qurban tapi juga untuk penyembelihan sebelum disyariatkannya qurban.

Baca juga: Isi Kandungan Surat Al Kafirun

Isi Kandungan Surat Al Kautsar

Berikut ini isi kandungan surat Al Kautsar yang kami sarikan dari sejumlah tafsir. Yakni Tafsir Al Qur’anil ‘Adhim karya Ibnu Katsir, Tafsir Al Munir karya Syaikh Wahbah Az Zuhaili, Tafsir Fi Zilalil Quran karya Sayyid Qutb dan Tafsir Al Azhar karya Buya Hamka.

1. Surat Al Kaustar menunjukkan bahwa Allah memberikan nikmat yang banyak kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Nikmat yang banyak itu di antaranya adalah keturunan yang banyak dan telaga al kautsar di surga kelak.

2. Surat Al Kautsar memberikan arahan kepada Rasulullah untuk mensyukuri nikmat yang banyak itu dengan shalat dan qurban. Yakni shalat yang ikhlas karena Allah dan qurban yang dipersembahkan kepada-Nya semata.

3. Surat ini juga memberitakan bahwa orang-orang yang membenci Rasulullah, merekalah orang-orang yang abtar, yakni terputus dari kebajikan dan rahmat Allah. Juga terputus dari sejarah dikenal sebagai orang baik, bahkan di antaranya benar-benar terputus keturunannya.

4. Surat ini merupakan mukjizat bukti kebenaran Al Quran. Sebab di kemudian hari terbukti keturunan Rasulullah sangat banyak, hingga saat ini. Meskipun putra-putra beliau meninggal di masa kecil, Fatimah telah melahirkan Hasan dan Husein, dari Husein kemudian Ali Zainal Abidin satu-satunya yang selamat saat pembantaian di Karbala dan dari beliaulah keturunan Rasulullah berkembang demikian banyak hingga hari ini.

5. Mukjizat lain bukti kebenaran Al Quran dalam surat Al Kautsar, orang-orang yang membenci Rasulullah akhirnya benar-benar abtar. Ash bin Wail yang mengatakan Rasulullah abtar, akhirnya dia sendiri yang abtar karena semua anaknya mati. Demikian pula tokoh kafir Quraisy lain, seperti Walid bin Mughirah, meskipun punya banyak anak namun misi dan pandangannya terputus karena tidak ada yang meneruskan.

Demikian isi kandungan Surat Al Kautsar. Semoga bermanfaat dan membuat kita semakin cinta Rasulullah dan semakin kokoh mengerjakan shalat dan berqurban. Wallahu a’lam bish shawab. [Muchlisin BK/WebMuslimah]

*Untuk tafsir lengkap, keutamaan dan asbabun nuzul, bisa dibaca di artikel Tafsir Surat Al Kautsar

BERIKAN TANGGAPAN

Please enter your comment!
Please enter your name here