Home Konsultasi Suami Selingkuh, Istri Harus Bagaimana

Suami Selingkuh, Istri Harus Bagaimana

65541
18
SHARE
suami selingkuh istri harus bagaimana
istri sedih - ilustrasi © pinterest.com

Assalammu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. 17 tahun saya menikah. Sudah satu tahun suami saya selingkuh dan sering berzina. Tapi saya selalu berdoa dan memaafkanya dengan harapan suami akan bertobat. Ternyata sampai sekarang tidak berubah malah semakin menjadi-jadi. Suami seperti orang kaya, dua bulan tidak pulang, kami ditelantarkan, dengan ditinggal hutang-hutangnya. Sekarang saya dan anak-anak berniat pulang ke orang tua dan meninggalkan rumah. Bagaimana pandangan Islam dengan sikap saya? Apakah tindakan saya meninggalkan rumah, sebagai istri dosa? Karena biaya hidup daerah saya tinggi. Saya sudah berusaha melamar pekerjaan. Dia berubah sejak punya semua. Anak kami mau masuk SMK pun, dia menghindar.
(Anna Pitaloka)

JAWABAN

وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي خَلَقَ الْمَوْتَ وَالْحَيَاةَ لِيَبْلُوَكُمْ أَيُّكُمْ أَحْسَنُ عَمَلًا
اللَّهُمَّ صَلِّي وَ سَلِّمْ وَ بَارِكْ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ وَ عَلَى آلِهِ وَ أَصْحَابِهِ وَ مَنْ تَبِعَ هُدًى

Saudariku Anna Pitaloka, semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmatNya pada diri Anda dan memberikan solusi terbaik untuk Anda.

17 tahun pernikahan bukanlah masa yang singkat. Bertahan selama 17 tahun dalam keluarga yang harmonis adalah nikmat tersendiri dari Allah Subhanahu wa Ta’ala. Jika suami kemudian berubah dalam setahun terakhir, mungkin ada sesuatu yang menjadi pemicunya. Jika Anda dapat menemukan pemicu itu lalu dengannya Allah mengembalikan suami ke jalan yang benar, tentu ini adalah hal terbaik bagi Anda.

Seorang suami memiliki kewajiban untuk memberikan nafkah kepada istrinya, baik nafkah lahir maupun nafkah batin. Nafkah lahir adalah nafkah materi, yaitu makanan, pakaian dan kebutuhan pokok lainnya. Sedangkan nafkah batin, salah satunya adalah hubungan suami istri.

Dalam kondisi normal, seorang istri hendaknya tidak meninggalkan rumah kecuali dengan seizin suaminya. Bahkan, seorang istri yang telah ditalak (dicerai) suaminya saja wajib tetap tinggal di rumah selama masa iddah dan suaminya juga haram mengusirnya dari rumah tersebut.

Akan tetapi apa yang Anda alami, suami tidak memberikan nafkah kepada Anda dan anak-anak, justru meninggalkan hutang padahal ia punya banyak uang dan Anda juga tidak memiliki penghasilan, maka diperbolehkan bagi Anda untuk pulang ke rumah orangtua. Sebab Anda melakukannya karena terpaksa, dan itu lebih baik daripada membiarkan anak-anak kelaparan dan menjadi sakit karenanya.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

إِنَّ اللهَ تَـجَاوَزَ لِـيْ عَنْ أُمَّتِيْ الْـخَطَأَ وَالنِّسْيَانَ وَمَا اسْتُكْرِهُوْا عَلَيْهِ

”Sesungguhnya Allah Azza wa Jalla memaafkan umatku dari kesalahan (yang tidak disengaja), (kesalahan karena) lupa, serta kesalahan yang terpaksa dilakukan” (HR. Ibnu Majah; shahih)

Agar lebih baik dan semoga bisa menyentuh suami, tinggalkanlah pesan sebelum pulang ke rumah orangtua. Jika suami tidak bisa dihubungi dengan telepon (seluler), tulislah sebuah surat untuknya. Katakan bahwa Anda sangat mengharapkannya untuk kembali ke jalan yang benar. Dan ini juga kesempatan bagi Anda untuk menasehati suami, bahwa zina merupakan dosa besar. Jika tidak bertaubat dan tidak diampuni Allah, zina memasukkan pelakunya ke neraka yang paling hebat panasnya dan paling busuk baunya. Sampai-sampai penghuni neraka lainnya tersiksa dengan baunya para pezina.

Tulislah di surat itu bahwa Anda merindukan saat-saat seperti dulu, ketika keluarga harmonis. Anda menginginkan kembalinya masa-masa indah bersama keluarga dan anak-anak tercinta. Dan demi mereka, Anda kini memutuskan untuk pulang ke orang tua. Agar anak-anak tidak sakit, agar anak-anak tetap bisa sekolah dan tidak kehilangan masa depan karena sang ayah telah menghentikan nafkah. Tunaikan shalat tahajud sebelum menulis surat, dan berdoalah. Semoga tulisan itu membuat hatinya terketuk, dan ia bertaubat kepada Allah Azza wa Jalla. Berdoalah dan teruslah berdoa.

Pada kasus di mana terkumpul dua kesalahan suami, berzina dan tidak menafkahi, sebenarnya Islam memberikan hak kepada istri untuk meminta cerai. Bahkan, di zaman Rasulullah, ada istri yang meminta dicerai bukan karena kesalahan fatal suami, tetapi karena ia khawatir tidak bisa hidup bersamanya dengan saling menunaikan tanggung jawab sebagai suami istri. Sebab, sang suami pendek dan jelek, tidak sesuai dengan perkiraannya semula. Dan Rasulullah kemudian memfasilitasi aduan itu.

جَاءَتِ امْرَأَةُ ثَابِتِ بْنِ قَيْسِ بْنِ شَمَّاسٍ إِلَى النَّبِىِّ – صلى الله عليه وسلم – فَقَالَتْ يَا رَسُولَ اللَّهِ مَا أَنْقِمُ عَلَى ثَابِتٍ فِى دِينٍ وَلاَ خُلُقٍ ، إِلاَّ أَنِّى أَخَافُ الْكُفْرَ . فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – فَتَرُدِّينَ عَلَيْهِ حَدِيقَتَهُ . فَقَالَتْ نَعَمْ . فَرَدَّتْ عَلَيْهِ ، وَأَمَرَهُ فَفَارَقَهَا

Istri Tsabit bin Qais bin Syammas datang kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam dan berkata, “Wahai Rasulullah, aku tidak mencela Tsabit dalam hal agama dan akhlaknya, tetapi aku takut kekufuran.” Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda kepadanya, “Apakah kamu sanggup mengembalikan kebun (mahar)nya?” Ia menjawab, “Ya.” Ia lalu mengembalikan kebunnya kepada Tsabit dan Nabi pun memerintahkan Tsabit menceraikannya. Dia pun menceraikannya.” (HR. Bukhari)

Meskipun demikian, insya Allah jika suami bertaubat dan kembali menjadi keluarga harmonis merupakan langkah yang lebih baik bagi Anda, suami dan anak-anak tercinta. Kami mendoakan semoga berakhir dengan hal terbaik di sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala. Wallahu a’lam bish shawab. [Tim Redaksi Webmuslimah.com]

18 KOMENTAR

  1. semoga mbak Anna Pitaloka dan anak2, Allah kumpulkan bersama hambaNYA yang sabar di jannahNYA. dan semoga suami mbak kembali kejalan yang benar dan berkumpul bersama keluarga tercinta. amiin yRa.

  2. Assalamu’alaikum mba Anna, nasib kita sama mba, meskipun berbeda waktu dan kejadiannya. Sangat sakit mengetahui suami berselingkuh apalagi dengan alasan yang sepertinya tidak masuk akal sehat. Saya juga ingin berkonsultasi di wadah ini untuk masalah yang tengah saya hadapi sekarang ini, tapi saya belum tau caranya, mohon kiranya mba Anna atau Tim redaksi dapat memberikan info caranya saya dapat berkonsultasi, terima kasih. Semoga mba Anna diberikan ketabahan yang lebih besar lagi, amin. Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

  3. Assalamualaikum.wr.wb.hal yg sama terjadi kpd saya.suamiku 1bln ini tanpa kabar dan tanpa pesan anak anak ditelantarkan meskipun harta kita berlimpah tapi sepenuhnya bukan dr keringat suami ada campuran tangan org tua.memang lelaki merasa selalu hebat dan bnr apa yg ia lakukan tapi semua itu bln tentu hebat dimata allah saya digoda suami berselingkuh tidaklah sebenar 4thn lamanya.tapi saya yakin dibalik kesabaran pasti akan berbuah manis

  4. Suami sy jg berselingkuh slama 4thn lmnya…sy mengetahuinya ketika dia sdg menelpon ssorang dgn sembunyi2.sy rebut hpnya…namun syg no trsebut sdh dihapus olehnya dgn cpt.1mgg kemudian km bertengkar hebat…ia mencoba bnh diri dgn mmotong urat nadinya…ia mmbuktikn bhwa ia tdk berselingkuh…namun allah berkehendak lain.ia selamat….aq bersyukur..smnjk itu km memulai lg hubungan kn dr awal,namun itu hnya berlbgsung 1thn,aq sering diteror dgn ratusa x panggiln tk trjwb.sms2 yg mejyebutkn semua ajtivitas suami,enth drmn ia tau…seperti dukun sj,mulanya sy tak mau percaya tp bbrp bln kmudian sy mbdptkn kiriman MMS foto brg2 suami,ykni domoet,ktp,sim,dn semua kartu2 isi domoetnya.sejk saat itu hati sy amat sakit diselingkuhi utk kdua xnyadn sy mengetahui org itu siaps,sy menemukan fotonya,bersama anaknya dan sy yakin itu adalah selingkuhannya…sy mengenaknya,rumahnya tk jauh dr rmh km,akhirnya sy menyelidiki dn mndptkn saksi,tp mereka ttp tdk mengaku,lagi2 suami mengancam akan bnhdiri….akhirnya sy memaafknya.dn trnyata hubungn mereka msh berlnjt hingga kini,,,,,sy meminta cerai berulang x…tp dia mlh mengancam akn menghancurkan sy dgn caramemarahi sy ditmpt kerja sy,membuat onar disn,sy percy dia sanggup melakuknnya krna memng dahulu prnh ia lakukn,dn untungnya tmpt kerja sy msh sepi sy plg dgn sepeda mtr sy dgn mengebut,akhamdulillh sy slmt smpai rmh ortu sy…sy mbceritakan semuanya.skrg sy hidup dlm ketakutan tnpa berani mengajukan perceraian ke PA,,,adakah yg bs mmbantu? Ortu suami hnya diam,ortu sy hg hnya diam….aq brthn hnya demi ansk2

  5. Berzina bukan melulu berhub badan yg bukan muhrimnya. Jenisnya bayak bisa zina mata,telinga mut hati otak dll. Dlm kasus diatasjika aku mengalami hal yg sama mungkin aku akan melakukan tindakan yg sama. N aku akan lbh bersyukur karena hanya dijodohkan sbts itu. Karena wanita yg baik akan berjodoh dg yg baik jg sampe matii memisahkan……aku yakin suami bu Anna sdh mendptkan jodohnya sesama penzina (astqfirullohaladzim)…..mg2 kita sell di beri ingat.

  6. Ya allah trnyata bnyak skli yg mgalami kejadian ini..begitu pila saya..suami saya selingkuh saya tau dr hpnnya dia menyimpan fto berdua dgn selingkuhanya..krna hp nya selalu terkunci tp saya nekat membukanya..dia bilang hanya sebatas teman..tp saya gak percaya…sakittt bgt hati ini..smoga bunda2 di sni di bri kesabaran yg lebih lg..dan semoga suami2 qt kembali ke jalan yg bnar,..aminn

  7. trnyata aku tk sendiri, bnyk yg merasakan pengkhianatan suami.
    untuk saat ini hanya bs bersabar dan berdoa smga suami ku kmbali ke jalan yg Alloh ridhoi,, aamiin.
    suami ku sdh mengakui kesalahan nya dan dia brjanji untuk meninggal kan selingkuhan nya itu. smga Alloh memudah kan usaha suami ku untuk bertaubat. aamiin…

  8. Semoga kita semua bisa di berikan kesabaran,,suami sy jg demikian hanya saja dia tdk pernah berusaha untuk minta maaf n memperbaiki semuanya. Hanya sj sikapnya ke sy semakin baik walaupun tiap malam masih pergi menemui selingkuhannya itu,sy memilih berthan karena sy yakin Allah akan membukakan pintu hatinya suatu saat nanti..sy juga masih sangat sayang pada suami sy krn dia pada dasarnya org yg sangat baik,hanya sj skrg mungkin Allah sedang menguji rumah tangga kami..

  9. Assalammualikum.. saya juga mengalaminya. Awalnya saya tidak pernah curiga hingga suatu malam saya melihat suami saya hendak menelpon seseorang tp entah siapa dan melihat isi bbmnya yg berkata2 “kaka” dan “adek”. Semula saya tanya siapa ini yg disebut adek, ia hanya bilang teman biasa saja. Sampai akhirnya saya menemukan bukti2 mereka sering pulang bersama dan hang out bareng dengannya dan teman2nya. Sikapnya mulai berubah kasar dan selalu marah2. Sering mengucapkan kata pisah.. saya hanya bisa pasrah dan memohon doa yg terbaik dari ALLAH. Alhamdulillah sekarang suami saya sudah kembali kepada saya lagi terdengar kabar mereka bertengkar entah karena apa. Tapi saya masih suka takut mereka akan kembali lagi berhubung mereka satu kantor 😂

  10. Sangat sama dengan jalan hidup keluarga saya, bedanya saya sbg anak yg di telantarkan ayah, berawal dr jarang pulang hingga akhirnya tdk pulang sama sekali, saat itu saya masih duduk di kls 1 SMA, sbg anak sulung dgn 1 adik laki-laki yg masih skolah dasar, ibu kamu tdk bekerja, hutang peninggalan ayah ttp selalu melakukan penagihan ke rmh, sampai akhirnya 4 tahun setelah di telantarkan, ayah kami kembali ke rmh meski sudah dlm keadaan wafat, istri mudanya hanya mengabarkan ke kami bahwa ayah kami tlah meninggal krena sakit,
    Sbg seorg anak saya pun merasakan sakit hati yg teramat dalam saat di tlantarkan, apalagi sorg istri, tp kami semua sdh memaafkan ayah kami, memaafkan kesalahannya, mungkin ini memang ujian yg harus kami alami, sampai saat ini kami sudah melewati masa sulit itu dan mulai terbiasa tnpa sosok kepala keluarga yg seharusnya seorg laki laki.

    Semoga kita selalu kuat, slalu tabah atas ujian di dunia, aamiin

  11. Assalamualaikum,bun…
    Nasib yg sm jg baru sy alami bun,memang sgt sakit rasanya sy yg sdh berumahtgga selama 19th skrg dihianati…padahal ank kami sdh 5 dan ank sy yg ke 5 blm ada 1th..tp bln kmrn suami sy mengatakan pgn nikah lg..betapa kaget dan sakitnya ht sy krn slm ini sy dgn dia baik2 sj mlah bs dibilang pasangan yg sgt romantis walopun kami mjalani hub LDR tp km ttp saling percaya n setia..sampai akhirnya dia brtemu dgn janda yg lbh tua dr sy,yg ktnya dia org baik,agamanya baik dan sdh mapan scra finansial.tp sy blm bs jwb apa2 krn perasaan dan pikiran sy sgt2 galau..tp mgkn sblmnya memang mrk sdh berselingkuh dan melakukan zina,krn sy sdh lht dihp siami bnyk chat sm janda ini smpe foto2 yg tdk pantas.sbg istri sy sgt marah dan kecewa tp sy msh memikirkan ank2 sy,jd sy msh meredam amarah ini.sy blg sm suami wkt sy diperkenalkan dgn janda ini pilh sy dgn ank2 atw ibu ini,dia blg ga bs milih pgn smua dirangkul brg2..klo spt itu sy hrs bagaimana…sy sdh pasrah lillahita’ala apa yg akn terjadi didepan sana..smoga suami2 kt akan diberikan hidayah agar kembali pd jln yg diridhoiNya..aamiin ya robbal’alamin

  12. Suami ku suka chatiing sama perempuan lain terutama saat kami sedang bertengkar pasti dia langsung lari ke mantan pacar nya. Padahal mantan pacarnya tau kalo suami saya sudah menikah dan memiliki anak. Lalu saya tegur suami saya dan dia berhenti chating dgn mantan nya tp hanya bertahan seminggu saja sekarang dia mulai lg chating dgn mantannya. Kadang ia pun tidak pulang ke rumah dan pergi k org tuanya. Sungguh sakit hati saya saat membaca isi chating itu yg berisi sayang2an. Saya takut akan berujung fatal nantinya.

  13. Biarlah allah yg mnjawab jeritan hati kita sbgai istri… Sy sndiri sulit n tdk mmpu lg untuk brkata ktika tw suami mengirimkan foto kelaminnya sndiri n prmpuan lain…. Aq psrh padamu Rabb ku… :'(

  14. papa saya kemarin malam bercanda bersama mama dan saya..
    lalu ketika saya hendak bangun tiba tiba mama saya marah marah pada papa saya… entah mengapa..
    ternyata mama saya bicara pada saya dengan hati yg sangat sakit ia bicara n menunjukan bahwa dihp papa saya terdapat chat di sms dengan kata (yang)
    saya terkejut… dan kasihan melihat mama saya yg disakiti untul ke dua kalinya…
    wkt yg pertama ketika mama saya mengandung saya…. demi anak anaknya mama zaya memaafkan dan memberi kesempatan untul ke 2x nya…
    dan ternyata papa saya melakukan hal itu lagi… awalnya papa saya beralasan katanya teman kerja ada kasus yg harus diselesaikan sama pabrik..
    tetapi mama saya tidak percaya karna sudah punya bukti…
    lalu pas papa saya beli jangkrik buat burung.. mama saya baca chatnya mulai dari atas dan saya melihatnya juga…
    papa saya panggil iti cewr (yang) dan iru cewe panggil (pak)..
    saya marah sekali..
    selama ini saya dan papa saya senang gembira tetapi pada hari ini setelah saya tau yg sebenarnya saya langsung tak senang dan sakit hati karna papa saya selingkuh…
    setelah papa datang papa seperti orang yg sangat bingung.. memang akhir akhir ini papa saya selalu rapat satgas di berbagai tempat sampai tak pulang 2-3 hari… tp mama zaya mengambil pikiran positif… tp setelah tau yg sebenarnya sangat sangat memalukan padahal papa dan mama saya telah menikah 25 tahun..
    dan mempunyai anak 3.. mas saya yg pertama umur 24th mau menikah.. yg kedua umur 21th masih kerja.. dan yg terakhir saya umur 13th… saya jadi kasihan oleh mama saya karna mama saya sudah susah payah kerja sampai sakit sakit tetapi begini balasan papa saya…

    kalau memang takdir saya untuk tak mempunyai ayah zaya tak masalah yang penting saya masih mempunyai seorang ibu…
    Kasih sayang ayah tak sebanding dengan Kasih sayang seorang ibu yg rela mati demi melahirkan anaknya…
    saya sudah berjanji pada diri saya bahwa saya akan membahagiakan mama saya dan mencapai cita-cita saya dan giat belajar…
    meski saya mau un saya tak mau mendapat nilai jelek saya mau masuk smp negri… agar mama saya bahagia…

    ya TUHAN tolong bantu mama saya untuk menghadapi semua ini dan beri kekuatan pada saya, mas saya”,dan mama saya yg terutama.. amin ya TUHAN

BERIKAN TANGGAPAN

Please enter your comment!
Please enter your name here