Home Keluarga Rumah Tangga Suami Bikin Puisi Poligami, Jawaban Istri Membuatnya Tertegun

Suami Bikin Puisi Poligami, Jawaban Istri Membuatnya Tertegun

134355
73
SHARE
puisi poligami
Puisi poligami (webmuslimah.com)

Islam memperbolehkan seorang muslim untuk melakukan poligami. Matsna wa tsulatsa wa ruba’. Maksimal empat.

Namun, tidak semua istri siap jika suaminya poligami. Pun dengan para suami, terkadang juga tidak menyiapkan diri dan keluarganya dengan baik sehingga poligami yang idealnya menjadi solusi justru berbalik menjadi masalah. Keluarga pecah. Suami istri cerai dan anak-anak kehilangan ayah. Bahkan, bisa mencederai dakwah ketika pelakunya adalah aktifis dakwah.

Ketika seorang suami ingin poligami, tak cukup baginya hanya mengkomunikasikan sekali kepada istrinya. Apalagi jika komunikasi itu tidak tegas. Misalnya melalui puisi.

Istriku,
jika engkau adalah bumi, maka aku adalah matahari
matahari tak pernah lelah menyinari bumi
hingga pepohonan tumbuh
rumput menghijau
dan siang selalu terang

Istriku,
matahari senantiasa menyinari bumi
hingga bumi pun kadang silau
lalu aku pun ingat satu hal
matahari diciptakan bukan hanya untuk menyinari bumi
maka biarkanlah aku menyinari planet-planet lainnya
berbagi cerah dan kehangatan
dan semoga ridha-Nya Allah curahkan

Yang menjadi persoalan, sering kali suami tidak menyiapkan diri dengan baik dan bahkan tidak siap menghadapi jawaban istri.

Ketika puisi dijawab dengan puisi. Jawaban dari istri ini bisa membuat suami tertegun.

Suamiku,
jika engkau adalah matahari, sang surya penebar cahaya
aku rela kau berikan sinarmu kepada planet-planet lain yang Allah ciptakan
karena mereka juga seperti aku, butuh penyinaran
dan meskipun berbagi, sinarmu untukku takkan berkurang

Akan tetapi
Jika dirimu hanya sebatang lilin yang berkekuatan 5 watt
jangan bermimpi menyinari planet lain
karna kamar kita yang kecil pun belum sanggup kau terangi

bercerminlah pada kaca di sudut kamar kita, di tengah remang-remang pencahayaanmu

yang telah aku mengerti untuk tetap menguak mata
coba liat siapa dirimu…
matahari atau lilin

jika kau merasa matahari aku takkan menghalangimu
semoga Allah melindungimu
namun jika kau adalah lilin
aku mendoakanmu
semoga suatu saat suamiku tercinta
akan menjadi sebuah matahari

73 KOMENTAR

    • Poligami adalah sunnah… tapi mempertahankan rmh tangga adalah wajib… jd jgn dahulukan sunnah untk yg wajib#think smart

    • konteks poligami itu harus dilihat dari multi aspek, dan ranah ini sudah jelas tercantum di quran tanpa embel2, di quran disebutkan boleh menikahi yng kau “sukai” tdk dgn spesifikasi harus tua, janda, sakit dll..

      ilustrasi :
      seorang suami meminta ijin berpoligami, namun karena tdk diijinkan..karen kehkhilafan sbg manusia, akhirnya jajan dan terkena penyakit menular berbahaya, yg ujung2 nya sang istri pun terkena…islam mengutamakan kebaikan, apalagi firman Allah taala di dalam quran mengenai poligami, sy jujur sedih melihat banyak wanita menentang poligami, itu sbg cerminan menolak salah satu esensi isi quranul karim

      • Memang poligami tidak dilarang, juga tidak disebutkan spesifikasinya. Silahkan saja kalau berniat berpoligami, tp hormati jg hak istri untuk menolak poligami, bukan karena mengingkari mengenai keabsahan poligami tp istri juga berhak bahagia.

        Kalau mau “jajan” diluar, dg alasan karena istri menolak poligami, adalah mengada ada. Bukankah sudah diperintahkan kpd laki” agar menundukkan pandangan untuk menjaga syahwatnya. Selain itu ia msh mempunyai istri untuk menyalurkan syahwatnya, seandainya tak memungkinkan maka dianjurkan untuk berpuasa. So, “jajan” bukan solusi, tp polusi….

      • Saya jg sedih melihat byknya kaum lelaki hidung belang yg memanfaatkan sunnah rasul ini dgn menyakiti byk hati wanita dgn alasan satu yaitu mengikuti sunah. Padahal niatnua hanya mencari pelampiasan nafsu bejatnya saja. Seandainya kalian para pria tdk bs menafkahi, melakukan kdrt bahkan mengalami impotensi serta gangguan seksual lainnya? Apakah kalian rela dipoliandri oleh istri kalian ?

    • tanggapan sunah yg lain aja belum dilakukan bs diibaratkan, jangan dulu sholat tahajud, karena sholat dhuha pun belum dilakukan….wadduh, sunnah itu pengertian nya tdk wajib dan boleh diikuti/dilaksanakan scr parsial ( tdk wajib sunah A dl baru sunnah B)

      • Dari puisi di atas harusnya bisa disimpulkan antara makna ‘matahari’ dan ‘lilin’. Ingat, yg wajib itu adil .. Kalau anda sudah ‘mampu’ adil= menjadi matahari, dan alasan utamanya adalah dakwah, silahkan saja melakukan sunnah tsb. Dari makna puisi di atas pun bisa mengingatkan seorang suami, bisa jadi meski hanya memiliki istri seorang saja, ia belum mampu adil.

      • Wah ketahuan nih bro niat mau poligami y ? Sekalian aja nikahi 4 org sekaligus. Pilih yg cantik ma muda ya. Siapin uang lo jg diri lo sblum jadi korban kdrt dan kemiskinan mndadak. Siapin jg leher lo sapa tahu mertua lo siap2 asah pedang karena buat nangis anak org. U know what i mean

  1. Knp ga ada poliandri ya? Klo ada biar ngrasa para suami yg sok ganteng sok ada duit dikit dah pengen kawin, alasan ini itu lah padahal murni 100% nafsu. Tu cewe jg knp sch milih suami orang kaya ga ada cowo lain, pastinya bukan cewe baik2 yg tega mo rebut kebahagiaan rumah tangga cewe lain. & siapa sch yg pertama kali bikin poligami ini? Siapa? Sini biar saya “#/&^#$@!!!@”

    • Syarat & ketentuan berlaku…

      Perbandingan jumlah wanita & Pria dibumi. Tahukah anda?
      Jumlah wanita lebih banyak dari pria, jika tidak ada poligami, jika 1 Pria hanya diwajibkan menikahi 1 wanita, bagaimana nasib wanita yg lainya? Kemana mereka harus menyalurkan syahwat? Dengan melacurkah? Dengan LGBT kah yg belakangan makin marak??? Poligami jawabnya..

      Sekali lagi, syarat & ketentuan berlaku, ,
      Sayapun tak berani utk poligami karena tak memiliki syarat yg berlaku…

      Poliandri sudah jelas tidak diperbolehkan, karena akan sangat tidak jelas nanti status bayi yg dilahirkan dr ayah yg mana…

      • Mangnya kamu mau nentang Tuhan….dalAm islam poligami dibolehkan…asal mampu baik dari segi finansial maupun mental….dan juga harus mampu berlaku adil….

        • justru si suami y itu suruh ngaca di cermin sudut kamar olh Istriy,krna suami y blm mampuh melindungi klg kecil y mkya telaah isi dri puisi keduabrlah pihak byr gk gagal paham hahaha

      • anda kurang membaca ya ? di indonesia jumlah laki” lebih dominan dari pada wanita. . coba search google aja. . sensus penduduk yang 2016 . .coba banyakan mana, laki ato wanita ? satu lagi kenapa harus melacurkan diri ? ini adalah ujian hidup . .apakah harus dipoligami kalo untuk menyalurkan syahwat . .itu ujian bro . .ujian kita hidup didunia kita wajib jalani dijalan yang benar tidak mengedepankan NAFSU . .allahu akbar

      • Maaf ya pak ali knp ketika ada org yg blum menikh yg anda pikirkn cm syahwatnya, klo pak ali blg sp yg akn menafkahi mreka kelak klo sudah tua, siapa yg merawat ketika mreka skt, mgkn sy bs apresiasi kt2 bpk. Jgn cm selangkangan pakbyg dipikirin karna nabi poligami tujuannya bukan untuk membantu melampiaskan syahwat perempuan yg dinikahinya

        • kenapa nikah karena syahwat jadi seperti tercela?… padahal Qur’an jelas-jelas menerangkan bahwa mendatangi isteri itu sama sekali bukan perbuatan tercela…

      • Maaf sebelumnya dan tolong koreksi saya apabila saya salah. Berdasarkan data PBB yang terakhir saya baca jumlah pria di dunia MASIH lebih banya daripada jumlah wanita di dunia. Kalau boleh tahu, Anda dapat darimana info ini??

    • Semua kembali ke Alquran dan Hadist aja. Ngak usah dibawa bingung. Hanya Allah yang maha tau segalanya, jangan mencoba merasionalisasikan agama,karena ada bagian2 yang tidak dapat kita pahami. Kalau anda muslim anda harus percaya atas semua ketetapanNya. Jika tidak anda sudah melawan sang pencipta

    • Ukhti jangan pake emosi.. Karena pake emosi, jelas banyak yg bisa mematahkan pendapat ukhti, krna itu memang salah. Kalo mau didengar, bukan dibantah, cobalah berkata dengan ilmu. Tentunya ukhti gak anggep diri ukhti yg paling benar, kan?

    • Kalo kata mamah dede kenapa teko 1 cangkirnya banyak karena teko yg bisa menuangkan air ke gelas. Sama halnya kenapa ga ada poliandri karena kalo anaknya mbak sri bapaknya banyak dan anaknya perempuan yg mau menikahkan siapa? Padahal bapaknya wajib menikahkan anak perempuannya saat masih hidup

    • Poligami itu adalah sunnah rasul, ada hadist yg menjelaskan ttg hal tsb, jadi mbk sri devi klo mau berbicara berpikir dulu, pihak ke 2 belum tentu tidak baik

    • Poliandri gak bisa dan haram nanti status anaknya anak siapa soalnya sperma sudah bercampur dengan sperma yg lain maka itu tidak dibolehkan

  2. Untuk suami tanyakan diri sendiri dalam hati niatnya benar kah murni karena Allah atau karena keinginan syahwat dalam diri..Tidak ada yang salah dalam poligami, tapi niat dari dalam diri yang perlu diperbaiki dulu..

    • Kenapa rata2 di Indonesia kalo poligami kebanyakan si madu lebih muda dan lebih cantik? Padahal istri pertama juga msh bisa melayani suami dan mengurus rumah tangga dengan baik. Setuju sd anda liat NIAT nya. Sy tidak menentang poligami tapi lihatlah poligami yg dicontohkan rasul , rata2 istrinya janda dan punya anak byk dan beliau jg menikahinya utk tujuan dakwah.Jauh beda dengan poligami masakini…

  3. Poligami mmang dperbolehkan..
    Jika ada izin dr istri..
    Tp sblm poligami suami hrus mmikirkan matang2..
    Pertama adil..
    Kedua apa c’suami sanggup mnafkahi istri2 dan anak2nya kelak..
    Ketiga apakah suami sanggup menanggung dosa istri2nya dan anak2ny jika suami ga sanggup untuk mndidik mnjdi istri dan anak yg soleh..
    Keempat mampukah suami mmbuat para istrinya damai.. tanpa adanya cekcok..
    Kelima sakit hatikah istri jika suami bermadu kasih dgn istri lain.. jika istri sakit hati suami sdh brbuat dosa..
    Mampukahh..

  4. tepat sekali puisi balasannya… jgn jdkan sunnah alasan utk melakukan perbuatan yg sesungguhnya mulia. tp kl skrg ini saya malah mikirnya jd krg mulia. sebelumnya berkacalah, sadar dirilah, liatlah kemampuan diri saat akan berbagi.

  5. Saya istri pertama pernah ingin berdamai , tetapi madu saya yang gak mau. Malah menyakiti hati saya. Jadi saya gak mau ambil tau ttg madu saya…

  6. Poligami itu sah,dan boleh,tp banyak pria kurang pintar yg melihatnya sebagai jalan dan kesempatan untuk memiliki istri lagi,dengan kriteria tidak sesuai yg di lakukan rosul dan berdalih sunah rosul,sunah yg mana,rosul ga pilih wanita cantik atau atau beralaskan nafsu,tp menolong.cintailah istri dan sayangilah dia,perjuangkan dan jaga sebag
    aimana dulu anda berjanji menjaganya.jgn karna merasa bosan dengan seenaknya poligami anak orang.terkecuali istri anda tidak menjalankan kewajiban dengan baik dan semestinya,benar2 lalai..
    Tolong hargailah perempuan,mereka pun punya hati yg harus di hargai dan kita jaga sebagai lelaki.

  7. pertanyaan untuk kaum hawa,;bagaimana jika dari pernikahan pertama tidak mendapatkan keturunan,.??aku yakin tidak ada seorangpun di dunia ini yang “bahagia” tanpa adanya anak(keturunan biologisnya).sedangkan si suami tahu bahawa dia sehat secara lahir,Batinnya insya Alloh.
    untuk kaum adam,.;Berbahagialah kalian bersama “istri dan anak-anakmu”

    • Prtma, dr segi medis, blm mmiliki kturunan itu bkn hny sllu dr is3, tp bs jg dr suami. Bgmn mngetahuinya? Dg cara k RS ber2, check smuanya ber2 mlai dr kualitas sel tlur, sperma, kndisi alat reproduksi, dsb. Iparq gtu, ada tmnq dlu jg gtu. Satu krn sperma tnyt lemah, satunya kurang tw knp krn tmn g enk tny, pkoknya akhrnya si suami hrs oprasi dst. Jd priksakan dlu, n mmg hrs ber2 g bs sndr2 aplgi cm asumsi sndr, krn ipar n tmn sy itu scr fsik tggi gagah bsar n sgt sehat.

      Kedua, dr segi agama, mmiliki keturunan jg krn takdir n ujian Allah. Kalaulah mmg yg sulit itu dr istri, bs tny dlu sm dkter, apa msih bs diobati n diusahakn. Kec bnr2 buntu smpe misal mmg istri g bs ngasilin sel tlur (krn sel tlur itu normalnya sdh dproduksi berjuta2 bnyknya bhkn sjk istri msih byi dlm kndungan, bgtu jg klenjar susu dsb, krn Allah bkn hny mmbntuk fsik tp jg fitrah sjk msih dlm kndungan, & itu jg brlaku utk laki2) mgkn klo istri ridlo suami ridlo, bs sj berpoligami.
      Wallahu a’lam

  8. Laki2 itu tidak bersykur punya istri pintar, tidak banyak menuntut, mendorong untuk maju eh malah maunya aneh2, atau krn emang laki2 itu suka dengan tantangan. tapi tdk tau tantangan dlm meningkatkan iman untuk mengikuti perintah Alah dan sunah Rasul dalam rangka membawa keluarga pada akhrerat yg dijanjikan Allah

  9. Bwt p.4li…bener laki2 lbh sdkt dibanding wanita.namun…tdkkah anda tau,bhwa utk saat ini bnyk skali laki2 atau wanita yg blm jg pnya pasangn,knapa hrs menyukai laki2 yg sdh bersuami kalo saat ini msh bnyk laki2 yg msh melajang.knapa hrs kasian jk wanita tdk kbagian laki?utk alasan anda saat ini msh blm brlaku pak.krn wanita msh bnyk kesempatan memilih.seandainya saat ini smw sdh brpasangan dan ada bnyk wanita yg tdk pnya pasangan…anda boleh ambil 10 wanita yg tdk pnya pasangan..tp realitanya saat ini tdk demikian,krn msh bnyk jg pria single

  10. kata Rasulullah siapa yg tidak menyukai sunnahku, bukan ummatku..
    ok
    1. Ukuran rumah Nabi Muhammad SAW dengan panjang tidak lebih dari 5 meter, lebar hanya 3 meter, dan tinggi atap sekitar 2.5 meter.
    2. istri Nabi pertama usianya lebih tua
    3. istri kedua Sawda Bint Zam’a sudah 65 tahun, tua, miskin dan tidak ada yang mengurusinya. Inilah sebabnya kenapa Nabi SAW menikahinya.
    dan masih banyak lagi

    mari kita istiqomah “ARE YOU READY”
    kata Rasulullah siapa yg tidak menyukai sunnahku, bukan ummatku..

    • berarti kalau suami mau poligami lebih baik dengan janda tua yg hidup miskin dan yg tidak ada mengurusinya.. yah klo ini setuju saya.. karna niatnya lebih indah bukan karna nafsu semata tapi karna niat menolong saya juga akan insah allah membantu merawatnya.. tapi suami jaman sekarang bilangnya mau mengikuti sunnah rasul tapi apa!! dia berpoligami sama yg lebih muda dan bukan golongan org susah/miskin.. yg ada hanya nafsu syahwat sedangkan bukan itu yg dimaksud dgn poligami kan?

  11. Saya sangat setuju suami saya berpoligami..
    syaratnya cuma 1, yg mau d jadiin istri lagi harus perempuan berusia 60 tahun k atas 😝

  12. Tenang sodara sodari…tenang…malah podo ribut !!!
    VerDomSe !!!
    Ilmu pada cetek..malah pada ribut !!!

  13. Poligami…
    Alquran menganjurkan..
    Rosulullah mencontohkan..
    Mampu lakukan..
    Tidak mampu diam..
    Janganlah kamu mengolok2 yang
    Allah anjurkan dan rosulullah contohkan..
    Banyak Perbaiki diri..buatlah rumahmu sebagai surgamu.. Baiti jannati..

  14. Sebenarnya Males naggapinnya,,,, habis sih kebanyakan yang naggapin negatif, bahkan ada yang berani nantangin siapa yang membawa syariat ini nauzubillahiminzalik, dari caranya berpendapat aja sudah menunjukkan kedangkalan ilmu agama, barang siapa yang tidak ingin berpoligami (bagi laki-laki) atau tidak ingin dipoligami (bagi perempuan) jangan sampai anda membeci hukum Allah, karna membenci hukum Allah berarti membenci Allah… apakah anda sudah siap keluar dari kolong langit ciptaanNya??., semua syariat dalam Alquran pasti mendatangkan kemaslahatan. kalau anda sulit menerima dengan akal dan perasaan,, anda harus belajar menerima dengan keimanan kepadaNya.

    Catatan :
    Kalau orang sudah menggunakan Hukum “Pokoknya” maka apapun dalih yang anda sampaikan pasti akan ada penolakan

    • Betul pak yusuf, @ mb sri devi belajar lagi agamanya, poligami itu perintah Allah..anda mau nantang Allah?? Semoga mb sri devi dpt hidayah dari Allah.. Setuju dg @ Sunanti sangat bijaksana comenntya

  15. sejujurnya rasul berpoligami itu untuk menolong dan mengangkat derajat para wanita serba menyebarkan islam.
    hanya itu.
    namun kebanyakan para ulama yg gak bener mengambil kesempatan ini.
    padahal intinya seorang perempuan itu tidak ada yang namanya ikhlas
    yang ada hanyalah pengorbanan.

  16. Poligami itu asyik dan uji nyali. Apalagi klo sembunyi2.mendebarkan. Memacu adrenalin. Takut ketahuan. Takut kekurangan.takut kehilangan. Takut.. Dan adanya hanya ketakutan.

  17. Poligami mdh di ucap…btuh keiklasan yg luar biasa baik istri2 nya maupun suami.yg prnh sy rsakn sy istri ke 2.sy mrsa berdosa krna istri pertma mrsa trsakiti dng usia yg brbeda 27 thn lbh tua dri sy.Dng prtimbangan yg brat sy branikan untk mundur baik2 alhdllah ALLOH ksh jln buat sy wlpun tk mudah.alhdllh skng sya sdh brkluga lg tmpa menyakiti wanita laen.buat pra laki2 sunah untk poligami dng catatan hrus bsa benar2 bsa brbgi lhr n btin jng smpe ada yg trsakiti.beribu2 maaf sy tk sanggup untk di duakan.

    • Bner bgt sist…apalagi sesama kaum hawa harus bisa menimang rasa

      Salut atas kbranian mengambil keputusan nya!!!

  18. Poligami sah saja asalkan bisa adil.tapi apakah manusia bisa berlaku adil?? Saya kira tidak..Mungkin adil secara harta bisa..Tapi secara cinta dan rasa..? Tidak akan bisa adil.lagipula poligami zaman skrg bukan seperti zaman Rasulullah.. Kebanyakan istri2 rosul adalah para janda-janda yg sudah tua..Kalau zaman skrg…??

    • Kalau manusia ga bisa adil, logikanya mengapa dianjurkan di Al Quran? Kenapa? Karena manusia bisa berlaku adil. Sudah pernah lihat dan tanya sama org yg poligami lalu istrinya diperlakukan adil? Sdh belum? Lagian kalau cemburu itu bkn tanda tidak adil, itu tanda cinta.

      • Kalau bgt silahkan yanuar cari wanita2 yg bs dipoligami. Dan rasakan sendiru setelahnya. Kalo bs nikahi 4 org langsung ya bang

  19. Bagaimana klw pengalaman saya yg mempunyai suami ingin berpoligami,, setelah saya izinkan dgn ikhlas tp malah saya diceraikan..
    Dan malah skr yg mau sama saya rata2 suami orang semua..
    Bolehkah klw saya memilih menjadi janda seumur hidup drpd menikah dgn suami orang?
    Minta tolong kasih saya pendapatnya..
    Terimakasih..
    Assalamu’alaikum wr.wb.

    • mintalah petunjuk pada Allah SWT mbak
      lakukan puasa sunnah
      sholat Tahajud
      sholat Hajat
      sholat Istikharah utk mminta petunjuk dr Allah SWT
      InshaAllah Allah akan memberikan jawaban yg terbaik utk mba

    • Ikan di laut msih byk mbk. Jangan putus asa. Kalo ingin dimadu sbg istri kedua saran saya minta kejelasan status dan minta calon suami mbk ijin ma istri pertama. Atau klo perlu ngmng dgn istrinya. Ingt mbk jaga perasaan. Jgn sampai mbk bahagia diatas penderitaan dan kesakitan org lain. Jika itu terjadi mbk akan mnyesel seumur hidup. Karena dapat karmanya. Apalgi dibaca dr crita mbk. Org yg sengaja mau cari wanita lain meski udh punya istri itu biasanya bukan org setia alias playboy. Jangan sampai ntr mbk nikah terus dicampakkan setelah suaminya ketemu cewek lain. Saran sih mbk mnding cari pria yg msh sndiri. Atau liat dari agamanya. Org yg baik bs diketaui kok

  20. sama sekali bukan jawaban istri yang bijak, istri yang bijak adalah yang membesarkan hati suaminya, bukan menghina dan mengecilkannya, puisi jawaban istri mendasarkan pada hawan, rasa, bukan pada syariat, bila tidak suka sunah Rasulullah, bohong cintanya kepada R

    • Suami jg bohong ingin membahagiakan istri dan memilih menyakiti istrinya dgn mencari wanita lain. Suami yg baik yg btul2 sayang pda istrinya dia akn melakukan sgla cara utk membuat istrinya bahagia. Tdk peduli secantik apapun wanita di sekelilingnya. Dia tidak akan menoleh dan tetap bersama istrinya yg setia. Cb pikir baik2 seandainya suami impotensi dan jatuh miskin trus apa yg akan dilakukan istri? Istri yg jahat akan meninggalkan suami dgn segala kekurangannya dan mncari pria yg tampan jg perkasan semntra istri yg baik dia akan bertahan dan tetap mengayomi suaminya tidak pduli apapun yg trjadi. Ingat kesetiaan wanita dilihat jika pria tidak memiliki apa2. Tapi kesetiaan pria dilihat jika dia berharta.
      Sungguh pecundang pria yg mengorbankan istrinya yg tetap setia dikala suka dan duka dgn memilih wanita baru yg cantik dan muda yg tiba2 dtg karena tertarik karena harta benda anda. Bgt anda tdk memiliki apa2 anda akan segera dibuang. Tidak semua wanita seperti itu tpi percayalah wanita muda dan cantik yang mau menikah dgn mnggoda suami org lain. Tdk lbh dari skdr bitch. Dan anda yg tergoda lbh baik sgera brtobat

  21. Menikah lg itu sunah namun mempertahankan pernikahan itu wajib, maka jangan dahulukan yg sunah jika yg wajib tdk di laksanakan

    Kebnyakan laki2 jaman skrg ngikutin nafsu doang, punya istri 1 aja masih serba kekurangan sampe2 istri ikut kerja, nah ini laki nya malah mau poligami
    Hellowww anda butuh aqua spt nya

  22. Coba baca baik2 ya di alquran tertulis. Sekali2 kamu tidak akan sanggup berbuat adil meskipun kamu menginginkannya karena itu nikahilah 1 org saja. Ingat nabi hanya menikah dgn 1 org istri saja yaitu khadijah. Setelah wafat bliau tidak mnikah lg ada seorang yg dinikahi yaitu saudah yg brumur jauh lbh tua dari beliau karena tidak ada yg mngurus. Selanjutnya pernikahan dgn aisyah itu krena diperintah langsung oleh Allah. Demikian pula dgn wanita2 setelahnya. Itu semua murni atas perintah Allah. Coba bayangkan seandainya tidak diperintah. Insya Allah Rasulullah tdk akan menikah lg. Kenapa karena dy bgt menghargai istrinya. Poligami dibolehkan tapi monogami sangat dianjurkan. Bukankah tujuan menikah adalah untuk kebahagiaan? Kenapa malah ingin mncari yg lain smntara di rumah sdh ada istri yg mencintai? Poligami boleh dgn syarat dan ketentuan tapi tidak semua wanita bisa dipoligami. Camkan itu

  23. Poligami itu memang SUNAH rasul, tapi sebelum yang sunah itu di jalankan, hendaknya jalani dulu yang wajib. Sholat wajib aja suka bolong, Ilmu agama juga gak memadai.

BERIKAN TANGGAPAN

Please enter your comment!
Please enter your name here