Home Best view Cari Istri yang Penuh Berkah? Ini 3 Tandanya

Cari Istri yang Penuh Berkah? Ini 3 Tandanya

127996
12
SHARE
ilustrasi (ikahwin.my)

Anda seorang laki-laki yang shalih yang mencari istri yang penuh keberkahan? Rasulullah memberikan tiga tandanya dalam salah satu hadits hasan yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad.

Istimewanya lagi, tiga tanda ini bisa dilihat sebelum menikah. Sehingga jika Anda mendapatkan wanita shalihah yang juga memenuhi tiga kriteria ini, berbahagialah. Insya Allah istri Anda adalah istri yang penuh berkah.

1. Mudah mengkhitbahnya

Ciri pertama adalah mudah meminangnya. Rasulullah shallallahu ‘alahi wasallam bersabda:

إِنَّ مِنْ يُمْنِ الْمَرْأَةِ تَيْسِيرَ خِطْبَتِهَا

“Sesungguhnya di antara tanda keberkahan istri adalah mudah meminangnya.” (HR. Ahmad; hasan)

Jika Anda adalah seorang pemuda yang shalih, lalu datang ke rumah calon mertua untuk meng-khitbah putrinya yang shalihah lalu mereka dan juga wanita itu mudah menerima Anda karena tahu Anda baik agamanya, berbahagialah. Anda tidak salah memilih calon istri. Insya Allah calon istri Anda adalah wanita yang penuh barakah.

Kemudahan meng-khitbah juga menunjukkan bahwa bukan hanya calon istri Anda yang shalihah, namun keluarganya juga keluarga yang shalih. Ayahnya benar-benar memahami nasehat Rasulullah untuk para orang tua dan wali:

إِذَا خَطَبَ إِلَيْكُمْ مَنْ تَرْضَوْنَ دِينَهُ وَخُلُقَهُ فَزَوِّجُوهُ إِلاَّ تَفْعَلُوا تَكُنْ فِتْنَةٌ فِى الأَرْضِ وَفَسَادٌ عَرِيضٌ

“Jika seseorang yang agama dan akhlaknya kalian ridhai datang meminang putri kalian, maka nikahkanlah dengannya. Jika kalian tidak melakukannya, maka akan menjadi musibah di bumi dan kerusakan yang nyata” (HR. Tirmidzi; hasan)

Sementara itu, jika ada wanita yang dipinang, ia menyulitkan dengan berbagai syarat yang sebenarnya tak perlu lagi berat, bisa jadi itu adalah tanda calon istri yang tidak membawa keberkahan. Meskipun telah mengenal agama dan akhlak calon menantunya dengan baik, sang calon mertua memintanya menyediakan berbagai fasilitas duniawi yang memberatkan. “Kamu harus punya rumah beserta istrinya dulu, harus punya mobil, dan juga asuransi jiwa. Jadi jika sewaktu-waktu ada apa-apa denganmu, anakku nanti masa depannya tetap terjamin,” misalnya.

Ketika mendengarkan hadits tentang keberkahan istri, Urwah mengatakan: “Wanita yang celaka adalah wanita yang mempersulit diri…”

Ciri Kedua:

Mudah Maharnya

12 KOMENTAR

  1. ”Sesungguhnya, diantara tanda keberkahan istri adalah mudah meminangnya dan mudah ringan maharnya serta mudah rahim.” (HR. Ahmad; hasan)

    ”Dunia ini adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan adalah wanita shalihah”. (HR. Muslim)

  2. Bagaimana jika orang tua yang memberikan syarat2 tertentu? Sehingga lelakinya urung meminang wanita tsb. Sedangkan wanitanya sendiri tidak memberikan syarat yang memberatkan.

  3. Lalu bagaimna dg wanita yg brmasalah rahimnya..misalnya mmpunyai pnyakit apa itu brrti wanita yg tdk berkah bila dinikahi?apa wnita seperti itu tdk berhak dinikahi… krna RASULLULLAH Memerintahkan mnikahi wanita yg pnyanyang lg subur n bnyak anknya ???

  4. Lantas bagaimana cara wanita tau kalau lelaki yang mengkhitbahnya itu benar” shalih???
    Sedangkan pihak wanita tidak tau sama sekali bagaimana kepribadian lelaki yang hendak mengkhitbahnya…
    jawaban untuk para ikhwan sangat jelas…
    Nikahi wanita yang mudah untuk di khitbah, murah maharnya dan subur Rahim nya…
    tolong beri jawaban untuk para akhwat kriteria yang bagaimana untuk menerima calom imamnya…
    syukron…

  5. Sukron, mohon izin ada beberapa materi yg kami copi utk bahan mengisi majlis taklim pada pengajian ibu2 di masjid kami.
    Dari saya yang fakir ilmu : Ishaq sy arroisi ketua masjid Muhammad bin Abdullah Al ‘Ubaisi desa Gunung Raja Kec. Lubai Kab. Muara Enim. Semoga bermanfaat bagi jemaah kami.

  6. 🇮🇷🇮🇩🇬🇾🇮🇪🇮🇪🇮🇸🇮🇹🇮🇲🇮🇳🇮🇳🇭🇳🇮🇲🇮🇱🇯🇪🇯🇪🇯🇲🇯🇲🇮🇴🇮🇶🇭🇹🇭🇷🇮🇳🇮🇳🇯🇲🇯🇲🇮🇴🇮🇴🇮🇴🇯🇪🇯🇪🇮🇲🇮🇲🇮🇲🇮🇲🇮🇹🇮🇸🇮🇪🇮🇪🇭🇰🇭🇳🇮🇴🇮🇴🇮🇴🇮🇴🇭🇷🇮🇷🇬🇼🇭🇹🇮🇶🇭🇹🇭🇹🇭🇷🇭🇷🌂🌂🌽🌽🌾🌿☀☀☀🚉🚸🚸🛅⛵🚳🚳🚳🚲🚀📃💾💾💾📎📅📅📅📅😱😟😟😱😳😳😳😳😍😍🇮🇳🇮🇲🇮🇲🇮🇱🇮🇪🇮🇱🇮🇲🇮🇴🇮🇴💿💾💽📍📌📎🚣⛵🛅🛅⛵🚲🚳✈🌂🌽🌼🍀🍂☀☀☀

BERIKAN TANGGAPAN

Please enter your comment!
Please enter your name here