Home Keluarga Rumah Tangga 5 Tanda Istri Tak Bahagia dalam Pernikahan

5 Tanda Istri Tak Bahagia dalam Pernikahan

85029
49
SHARE
tak bahagia
ilustrasi (Pinterest.com)

Menikah, memang bukan semata-mata untuk bahagia. Namun, salah satu indikator kesuksesan pernikahan adalah timbulnya saling mencintai antara suami istri yang kemudian menjadikan dua insan itu bahagia dalam berkeluarga.

Suami istri memiliki tugas dan tanggungjawab berbeda dalam pernikahan. Namun keduanya perlu saling melengkapi dan membahagiakan.

Sering terjadi, istri sangat sibuk dengan tugas domestik mulai dari memasak, mencuci, mengasuh anak dan seabrek aktifitas lainnya. Jika kemudian suami kurang perhatian dan egois, istri akan semakin terbebani dan hal itu bisa mengurangi bahkan menghilangkan kebahagiaan dalam pernikahan.

Berikut ini lima tanda istri tidak bahagia dalam pernikahan, semoga menjadi bahan renungan bagi para suami jika istri Anda mengalami lima tanda ini.

1. Lebih banyak diam

Umumnya wanita bicara 20.000 kata sehari sedangkan pria hanya bicara 7.000 kata sehari. Istri pada umumnya lebih banyak bicara daripada suami.

Namun, jika terjadi istri Anda lebih banyak diam atau berubah menjadi pendiam dan tidak tertarik untuk berkomunikasi, Anda perlu waspada jika ternyata dia tidak bahagia. Dekatilah ia, ajaklah bicara dari hati ke hati agar engkau tahu apa yang sebenarnya terjadi.

Sering kali wanita hanya perlu diajak bicara dan didengarkan, itu sudah membuatnya bahagia.

2. Mudah marah

Wanita yang merasa tidak bahagia, ia menjadi mudah marah. Ada hal-hal kecil bisa memicunya untuk marah. Anak rewel sedikit, membuatnya marah. Mencari barang tidak ketemu, ia marah. Suami pulang terlambat, ia juga marah.

Segera lakukan introspeksi jika istri sering marah. Apalagi jika perubahan itu baru saja terjadi. Barangkali ada hal yang membuatnya tidak bahagia dalam waktu dekat ini.

3. Merasa lelah

UCLA melakukan sebuah penelitian terkait korelasi kebahagiaan pernikahan dengan kortisol pada wanita. Kesimpulannya, wanita yang tidak bahagia, kadar kortisolnya tinggi. Hal ini membuat tubuhnya cepat lelah meskipun sudah mengonsumsi makanan bergizi, berolahraga dan cukup istirahat.

4. Menolak berhubungan

Tanda berikutnya dari ketidakbahagiaan seorang istri adalah enggan disentuh suami. Apalagi jika penyebab ketidakbahagiaan itu adalah suaminya. Nah, jika disentuh saja enggan, maka diajak berhubungan pun ia kerap menolak.

5. Tidak mudah percaya

Wanita yang tidak bahagia dalam pernikahannya sering kali bersifat posesif. Ia tidak mudah percaya dengan suaminya. Suami pulang terlambat, istri bingung dan mencari informasi macam-macam. Istri juga berusaha mencari tahu apa yang dilakukan dan terjadi dengan suaminya, hingga sampai pada upaya mengecek isi HP dan komunikasi suami.

Semoga lima hal ini tidak terjadi pada istri Anda. Namun jika benar-benar terjadi, itu justru kesempatan yang diberikan Allah agar Anda lebih bisa membahagiakan istri dengan melakukan introspeksi dan perbaikan-perbaikan diri serta hubungan pernikahan. [Webmuslimah]

49 KOMENTAR

  1. Sebagai web islam, tidak pantas seharusnya web ini membuat artikel2 provokatif. Tolong, jaga nama baik islam yg rahmatan lil alamin..

  2. Maaf sblmnya tp apakah cma suami yg hrs instropeksi diri,sang istri pun jg hrs instropeksi diri jg..artikel ini mlh jadi berkesan memprovokasi klo cma memberatkan sebelah pihak

  3. Sekarang ini banyak yg kebalik semenjak ada kata salah faham mengartikan emansifasi oleh kaum Hawa yg kariernya bagus sehingga suka lupa kodrat.

    • Hadeww ini lagi artikel bahas apa koment nya ngelantur ckckck cape deehhh, istirahat dlu gih sana, batangkali anda lelah

  4. Seperti yg sy duga .. penulis adl seorng wanita.. namun alangkah baikny jika di imbangi dng sumber dr ide anda ttg ciri istri yg tdk bahagia.. sumber bisa dr quran dan hadist..

    Jk tdk ada ya tulisan tsb hanya persepsi dr sisi penulis..
    Dan jk anda coba mngutip atau mngambil atau mnyimpulkan hasil penelitian , tlg d cantumkan sumberny jk dr jurnal kesehatan jurnal apa judulnya dan halaman brp
    Bknkah bgitu kaedah penulisan yg baik..

  5. terus kalau sudah tahu mau apa?
    seharusnya sebagai istri yg baik, dia akan jujur mengungkapkannya pada suaminya.. apa-apa yg bisa membuatnya tidak bahagia dan apa-apa yg bisa membuatnya dia bahagia.. sehingga suaminya tidak main tebak-tebakan.. itu yg benar.

    para istri seharusnya sadar, bahwa suaminya itu bukan dukun, bukan peramal, juga bukan pengamat yg harus mencari tahu apa yg dialami istrinya.. kecuali suaminya pengangguran yg kerjanya hanya dirumah dan mengamati istrinya.

    si istri yg harus aktif mengatakannya kalau dirinya kurang bahagia, jangan diam saja dan menunggu untuk diamati.. iya kalau diamati suami sendiri, kalau diamati laki-laki lain? pasti laki-laki tsb akan memanfaatkan situasi tidak bahagia itu..

    • bisa jadi msalahnya adalah si istri udh bicara kpd suami,dari baik2 sampe akhirnya ngambek tapi suami gak peka,cuek bebek gak peduli.suami kpn saja bisa asyik kluar rumah nongkrong dll dgn tmn. sedangkan istri bergelut dgn rmh tangga yg tiada henti yg membuat dia jenuh.nah sbg suami yg baik ajaklah sesekali istri pergi kmana gitu tuk melepas penat nya. bkn dgn asyik sndiri..

      *curcol 😉

  6. Sebagai mengingat..kebahagiaan itu bisa didapat jika niatnya karna allah ta’ala.
    Jika awalnya bukan krn allah maka akan terasa sengsara dan sllu meratap.yg tak lain masuk dlm kekufuran nikmat2 yg allah berikan.
    Saran sy tuk admin..kajilah dlu sebelum buat artikel ini..agar tdk ada yg salah dlm penerimaan si penerima yg membacanya.
    DALIL AQOL WAJIB WUJUDTE SI ALAM,KITA FAHAM ORA MANG2 ORA BINGUNG INGKANG DAMEL TENTUNE SING MAHA AGUNG..YAKIN JELAS KANG DAMEL ASMA NE ALLAH TEMURUNE AYAT MARING ROSULULLAH AYAT TE ALLAHULADZI FAQOLA SAMA WATI WAL ARDHO WAMA BAINA HUMA..JEBUL ALAM DALIL QIDAM SAMU HALE ILANG ALAM DALIL BAQO SAMU HALE DATE ALAM SIFATE LANG PENGGAWE NE MAKHLUK ALLAH IKU DALIL SULAYA NE.

    BERJALANLAH BERSAMA GUSTI ALLAH BUKAN BERSAMA CARA DIRI SENDIRI.

    WASSLMLLKM..SMGA BERMANFAAT.

  7. Dalil aqol wajib wujud muhal adam saterus saiki wujudte si alam,kita faham ora mang2 ora bingung ingkang damel tentune sing maha agung..yakin jelas kang damel asma ne allah temurun ne ayat maring rosulullah ayat te allahu ladzi faqola sama wati wal ardho wama baina huma..jebul alam dalil qidam samu hale ilang alam dalil baqo samuhale date alam sifat te lang penggawene makhluk allah iku dalil sulayane.

  8. Sebagai istri jgn hanya diam.bila ada mslh gmg lgsg ma suami.jujur paling penting menuju bahagia.klw baca artikel ini seolah sang suami aja yg salah.tlg instropeksi dlu se blm buat artikel.

  9. suami adalah qowam. itu sudah jelas tertulis dalam al Quran. permasalahan apapun itu bisa diselesaikan dengan sikap yang bijak. jika ada istri melakukan diantara 5 hal tersebut menurut saya itu perlu dipertanyakan. sudah jelas dalilnya kalau istri menolak untuk diajak berhubungan itu sudah dapat laknat dari Allah. kalau istri marah sama suami maka yang di dapat adalah murka Allah. solusinya ya kalau kita merasa ada sesuatu yang tidak nyaman adalah komunikasi, insyaAllah rumah tangga akan sakinah. karena sebenarnya bahagia itu sangat dekat. dekat sekali dengan kita. waallahua’lam 🙂

  10. Tulisan ini berdasarkan fakta krn bnyk istri2 yg mengalaminya n bnyk suami2 yg tak peduli bagaimana perasaan istri.
    Tdk smua hal bs diungkapkan o/ istri kpd suami, salah satunya krn faktor psikis atau misal diungkapkanpun kekecewaan & kesedihannya kpd suami, ga menyelesaikan masalah bahkan menambah masalah dg tjd pertengkaran krn ada type suami yg tdk mau mengakui kesalahan bahkan berani berantem & membalikkan fakta yg ujung2nya balik menyalahkan istri.
    Jd menurut sy tulisan ini bukan provokasi tp membantu suami2 tuk menyadari & mengerti bagaimana perasaan istrinya.

    • Saya setuju, krn sya sedang mengalami apa yang d tulis d artikel ini, krn saking sdh sering nya menyampaikan apa yang kita tdk suka suami lakukan tapi tdk d dengar, akhir nya wanita memilih diam krn mrsa lelah hati, keseharian jd hilang semangat untuk apapun, mudah lelah yang akhir nya malas makan dan sakit2an,, smga tdk terlarut lbh lama dlm ketidak bahagiaan ini, smga suami mau menyadari sgla kekeliruan yang sering dia lakukan

  11. Sebenarnya bahagia dan tidak bahagia itu tergantung bagaimana dua pihak menyikapi keadaan bukan pada sikap menyalahkan salah satu pihak saja. Jika keduanya pandai menyikapi keadaan dengan benar dan bijak maka selalu dipastikan akan bahagia. Tulisan di atas memang kurang bijak dan cenderung memprovokasi salah satu pihak. Bijaklah dalam membuat tulisan. Salam

    • saya setuju dengan Mbak AYU…
      karena saya sendiri sedang mengalami hal tersebut diatas kecuali yg nmr 4, semarah apapun sm suami istri tdk boleh menolak untuk berhubungan
      mereka2 yg protes, mngkin mereka2 suami yang bertanggung jawab dan sayang pada istrinya…

  12. Ya Allah, banyak bener bapak yg komen di sini tidak berpikir jernih.. Banyak para istri yang menahan kesedihan di hati, pak.. Kalaupun para istri itu mencurahkan isi hatinya, rasa lelahnya, apa pernah para bapak yg komen disini mau dan pernah mendengarkan secara tulus? Hanya segelintir yg betul2 membahagiakan istrinya.. Tidak usah berlindung dibalik dalil.. Cukup pakai hati dan logika, apa anda semua sudah memperhatikan istri anda? Tidak hanya dari fisik dan materi, lho..

    • Anda ngawur… Saya kutip kalimat anda “tdk usah berlindung du balik dalil” terus pake apa??? Berlindungvdi balik primbon???

      Maaf kak.. Tujuan pernikahan adalah menjalin kasih sayang, terus ada problem; “istri tdk bahagia karna suatu sebab”.. Tapi tetap tdk boleh berbuat seperti itu pd suami, Alloh jelas melarang seperti; menolak berhub. Marah pd suami… Pdhal rosul telah menyampaikan; kalau suami meminta hub. Maka istri wajib melayani, meski sedang memasak/ naik kuda sekalipun…

      Semestinya jg.. Kalau istri merasa mengganjil/ tdk suka..maka mestinya menyampaikan ke suami..

      Jangan bicara; gunakan perasaan drpd hadist rosul,.. Perasaan mu salah kak”… Maaf..

      • sbenarnya istri sdh berusaha untuk berbicara dengan suami, tp bagaimana jika suaminya sudah benar2 tidak mencintai istrinya lagi dan tidak mau mendengar keluh kesah sang istri??? suami mempertahankan pernikahan hanya demi anak…. tapi tidak pernah memikirkan bagaimana perasaan sang istri yang hanya dijadikan seperti baby siter untuk anak2nya…
        apakah saudara2 selaku suami pernah merasakan hal seperti ini???

      • saya heran dengan semua laki -laki disini pada salah tanggap semua. artikel ini kan bicara tentang tanda2 istri tidak bahagia. salah satunya jika istri menolak berhubungan intim artinya dia tidak bahagia. ini bukan masalah benar atau tidak benar, kebenaran itu milik Allah SWT semata. Memangnya kalimat mana dari artikel diatas yang menyatakan bahwa perbuatan di atas adalah benar?. tidak ada. Yg dibicarakan dalam artikel ini bahwa jika istri anda memiliki ciri2 diatas ya artinya dia tidak bahagia. kalau anda ingin istri bahagia ya perhatikanlah hal2 yg disampaikan penulis di atas. kalau nggak peduli ya terserah anda. toh yang punya istri kan anda, mau dia bahagia atau tidak kan urusan anda. apakah dia mudah marah mudah lelah atau menolak untuk diajak berhubungan intim kan anda juga yg merasakannya. kalau istri anda tidak mempunyai ciri di atas ya artinya dia bahagia. itu aja. gak usah menyalahkan penulis yang sudah mencoba mengungkap fakta. sekali lagi saya tegaskan tulisan diatas tidak membahas masalah kebenaran dari sikap istri atau tidak…tapi bicara fakta…titik…dasar laki2 goblok. dikasih tau malah ngeyel…

        • Bener laki2 yang komen disini pada ngawur, sya yakin raport nya wkt sekolah nilai nya kebanyakan merah nya kecuali mata pelajaran biologi,, krn terbukti artikel ttg apa, komen nya ttg apa, gak nyambung lo o*n

  13. tipe istri itu beda beda mas bro..ada yg klo marah memang menampakkn marah stelah itu biasa lg, ada yg klo marah ya dipendam smpai titik klimas kejenuhan. .. artikel ini mngingatkn pd pr suami yg bristri tipe k 2… pandai pandailah mncuri ht istrimu lg… soal mnolak hub saat jenuh/marah itu wajar, bagaimana pun melayani fg setengah hati sangat tidak mnyenangkn, tunggulah smpe istrimu ridho kmbl… jgn mntang 2
    ada dalil s’org istri tdk boleh mnolak ajakn suami.. eh suami seenaknya… kasihan istrimu diq mlakukn itu jstru unt cari perhatian dr suaminya..

    • Gimana bisa disentuh kalo lagi sebal dg suaminya? Apalagi harus melayani…. Kl saya mah gak bisa melayani jika tdk dg hati….

  14. anda tak bisa berharap kepada tanaman yg anda tanam di lahan gersang dan tak subur menjadi tanaman “wah” tanpa anda pupuk, tanpa anda beri perhatian. semua hal di dunia ini adalah refleksi dr diri anda sendiri.

    anda mau dpt mawar yg indah. ya tanam mawar beri pupuk khusus tanaman hias. janngan dikasih pupuk untuk padi.

    mau dpt istri bagus melayani baik, tanya diri sendiri sudah memberikan yg terbaikkah kepadanya?

    “pergaulilah istrimu dengan baik” itu juga ada di al quran bung, jgn semena mena bilang “istri tak mau melayani suami makan dilaknat oleh Allah” itu ada di al quran. disayang dulu tu istri nya, bantuin kerjaan rumah biar fit ngelayanin anda di ranjang dan ga kecapekan. bawa hadis cuma satu doang. yg bener aja.

    bacalah dan pahami. jgn membuat islam menjadi agama yg dipandang rendah dimata agama lain krn terlalu menuntut wanita. wanita itu dituntun pria yg di tuntut oleh wanita.

    dasar minor head.

  15. soal kebahagiaan “well dont put your ley of happiness in someone elses pocket”

    makanya klo mau bahagia taro kunci nya di Allah. jgn ke manusia. manusia mati bahagia lo mati dong.

    “otak masih banyak di rumah makan padang, beli gih!”

  16. soal kebahagiaan “well dont put your key of happiness in someone elses pocket”

    makanya klo mau bahagia taro kunci nya di Allah. jgn ke manusia. manusia mati bahagia lo mati dong.

    “otak masih banyak di rumah makan padang, beli gih!”

  17. padahal banyak banget dalil dan hadis yg memuliakan wanita khususnya istri. tapi knp komentarnya jd saling menyudutkan begini. artikelnya ga ada yg salah, isinya pas menurut saya. hanya kaum adam nya saja yg salah memahaminya..

    ada yg bilang wanita itu berfikir dengan perasaan dan laki2 berfikir dengan logikanya, nah dengan membaca artikel ini diharapkan untuk para suami bisa lebih memahami istrinya, sebab ga semua hal bisa diungkapkan dgn kata2.

    • lo nya aja kali yang otaknya sedengkul. gak paham dengan apa yang disampaikan penulis. pernah masuk sd gak sih lo masak artikel begini lo bilang sesat..hahahaha

  18. Sekedar saran agar mencantumkan identitas penulis agar isi dapat lebih dipertanggungjawabkan. Selain itu agar pembaca tahu kualifikasi penulis. Informasi pengelola web ini pun tidak tersedia.

  19. BetuL sekali,.
    Apa lg kalo gaji istri lbh besar dr suami, .bisa di injek” tuh suami.nya .
    Upss. .aku kan perempuan hehe
    tp wanita yg baik, ia tau harus bgaimana, .

  20. Namanya dunia,semuanya bisa saja terjadi…
    tergantung bagaimana manusianya menyikapi…
    untuk artikel ini,,kan judulnya bisa saja dibalik “5 tanda suami tak bahagia dalam pernikahan”
    bisa saja untuk suami istri yang kerja keduanya.. karna disisi Allah semua manusia itu sama.
    cuma saja Allah mempertemukan pasangan suami/isteri dengan perbedaan karakter keduanya,
    komunikasilah dgn berbahasa yang sopan dan santun dlm rumah tangga,bermasyarakat,
    maupun di medsos..
    jadi utk ini, terima kasih sebagai bahan masukan utk para suami,begitupun juga isteri.
    insya Allah bermanfaat.

  21. Judulnya sama pengantarnya gak pas , kalau isi nya aku setuju , tapi judul nya seharusnya ” SALAH SATU DIANTARA CIRI ISTRI YANG TIDAK PINTAR BERSYUKUR KEPADA SUAMI BERDASARKAN PENGALAMAN PARA ISTRI ”
    mungkin begitu kali ya ?

  22. Nama nya juga wanita, mau pria berbuat 1000 kebaikan pun, 1 kesalahan kecil aja bisa hilang itu semua kebaikan . . . *hadits nabi ttg manaj wanita

  23. Pria pinginnya menang karena merasa mereka pemimpin keluarga.. jadi wanita mestilah kalah & diam.. artikel ini ga ada yg salah ko,para prianya saja yg terlalu ambil hati & ambil pusing.. segala sesuatu ada penyebabnya.. jadi kalau wanita marah pun ada sebabnya.. seperti halnya pria saat marah pasti ada sebabnya..
    nabi saja mau mencuci pakaiannya,tapi dijaman sekarang mana ada suami mau cuci sendiri,yg ada nyuruh istri.. masak,ngurus rumah, ngurus anak,semua istri yg lakuin..

  24. Bener banget bapak2 yang komen di artikel ini benar2 tipikal laki2 yang beraninya sembunyi dibalik dalil. Paling taunya laki2 itu harus dilayani dari ujung kaki sampe ujung rambut. Dan kalo ga dilayani baik, perempuaanya dapat murka Allah.. Helloooo bapak2 situ ud benar2 melakukan kewajiban sebagai imam belum?????? membimbing istri dalam agama. Minimal mengaji bersama setelah sholat. Mengkaji bersama isi quran???? Saling mengingatkan dalam kebaikan??? Paling juga enggak. Uda nyukupin tempat tinggal pakaian dan makanan yg layak belum?????Mentok juga ngasih gaji separo itupun ga genep!! Uda gitu minta pelayanan macam2. Wess wess rusak.

  25. Ramai suami skg yg mengabaikn hal2 kluarga,nafka zahir batin tiada bimbang sama sekali…apakah lg jadi imam ..sadih sangat,ada jg yg memaksa isteri bersatubuh d waktu haid..perangai mcm org bujang langsung tdk mampu jadi pembimbing kluarga,tapi bila isteri dah hilang sabar lalu curang…akhirnya isteri yg salah..

  26. Hati-hatilah admin, karena tulisan ini kelak admin akan di mintai pertanggung jawabannya kelak di akhirat, dan yang akan jadi penghalang dirimu ke Surga akibat telah menjerumuskan seorang istri merasa benar untuk membangkang pada suaminya.
    Akibat tulisan ini banyak para istri merasa benar dengan apa yg dilakukannya, padahal dalam Al Quran dan Hadist banyak larangan yang tidak boleh di lakukan oleh seorang istri walaupun dia tidak suka selama itu untuk kebaikan.

BERIKAN TANGGAPAN

Please enter your comment!
Please enter your name here