Home Lifestyle 5 Ibadah yang Berefek Menambah Kecantikan Muslimah

5 Ibadah yang Berefek Menambah Kecantikan Muslimah

72137
2
SHARE
Muslimah berdoa usai shalat - (Pinterest.com)

Tujuan penciptaan manusia adalah untuk beribadah kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Sebagaimana firman-Nya:

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

“Dan tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia melainkan untuk beribadah kepadaKu” (QS. Adz Dzariyat: 56)

Ibadah merupakan bentuk ketundukan dan ketaatan kepada Allah yang telah menciptakan manusia dan alam semesta. Tujuan ibadah harus semata-mata ikhlas kepadaNya, bukan dalam rangka untuk kepentingan duniawi dan lainnya. Meskipun, di abad modern diketahui ternyata banyak ibadah yang memiliki manfaat untuk jiwa, pikiran dan fisik manusia. Bahkan ada sejumlah ibadah yang di antara manfaatnya adalah menambah kecantikan wanita muslimah.

Apa saja ibadah itu? Berikut ini di antaranya, 5 ibadah yang berefek menambah kecantikan muslimah:

1. Wudhu

Wudhu merupakan ibadah untuk mensucikan diri dari hadats kecil. Ketika seorang muslimah hendak menunaikan shalat, salah satu syarat sahnya adalah suci dari hadats kecil. Jika ia berhadats kecil, ia wajib berwudhu terlebih dahulu.

Wudhu sehari semalam minimal lima kali membuat wajah lebih bersih dari kotoran, debu, dan bekas kosmetik.

“Air dapat menghilangkan zat najis dan baunya yang tidak enak, yang mengganggu setiap orang,” tulis Syaikh Ali Ahmad Al Jurjawi ketika menjelaskan hikmah dan rahasia wudhu dalam buku Indahnya Syariat Islam, “Bau ini jika bercampur dengan udara lalu masuk ke tubuh akan merusak kesehatan. Karena dapat masuk dengan sangat mudah ke lubang terkecil seperti pori-pori..”

Dalam buku Rahasia Sunnah Nabi, Syaikh Abdel Deem Kaheel mengutip hasil studi Julia Serge dari National Intitute for Human Genome Research yang menemukan banyak jenis bakteri hidup di kulit. Di lengan saja, terdapat 44 jenis bakteri.

Profesor Leopold Werner von Ehrenfels, psikiater sekaligus neurology asal Austria menemukan hal menakjubkan dalam wudhu. Ternyata wudhu mampu merangsang pusat syaraf dalam tubuh manusia dikarenakan keselarasan air wudhu dan titik-titik syaraf.

DR. Sagiran, M.Kes, Sp.B dalam buku Mukjizat Gerakan Shalat menuliskan: “Membasuh wajah, kedua tangan hingga kedua siku dan seluruh anggota wudhu secara umum memiliki manfaat yang sangat besar dalam menghilangkan keringat dan kuman-kuman dari permukaan kulit. Air wudhu juga berfungsi membersihkan kulit dari kandungan minyak yang tertahan di kelenjar kulit.”

Tak heran jika wanita yang rajin berwudhu, wajahnya lebih bersih dan memancarkan aura kecantikan yang khas. Jika Anda tak percaya, coba bandingkan orang yang sama-sama berasal dari suku yang terkenal warna kulitnya agak gelap. Ternyata wanita muslimah –yang tentu saja biasa berwudhu- wajahnya lebih mudah dikenali dengan pancaran kecantikan yang lebih ‘bersinar’ meskipun sama-sama tidak putih.

ibadah kedua

Shalat tahajud

1
2
3
4
5
SHARE
Artikel sebelumnya5 Perbuatan Wanita yang Dicatat Zina Meskipun Tidak Berzina
Artikel berikutnyaMengapa Tak Boleh Ceritakan Aib kepada Suami?

2 KOMENTAR

BERIKAN TANGGAPAN

Please enter your comment!
Please enter your name here